Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh, Ayo Ikuti Gerakan Indahnya ya…

manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh

Sudah tahu belum manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh? Senam irama juga dikenal senam ritmik merupakan senam yang  mengikuti irama musik. Gerakan senam irama akan menghasilkan olah tubuh yang indah sesuai irama atau musik yang mengiringinya.

Untuk melakukan senam ini, Anda bisa menggunakan alat atau tanpa menggunakan apapun. Alat yang umumnya dipakai dalam senam irama antara lain; pita, gada, bola, topi dan tongkat.

Asyiknya senam irama adalah dalam gerakan yang selalu berkesinambungan dengan gerakan lainnya. Tentu saja harus terus mengikuti irama musik yang sedang dinyalakan. Gerakan utama dari senam irama dengan ayunan dari kaki dan tangan yang sangat lembut dan lihai.

Setiap gerakan irama dilakukan dengan luwes, lentur, fleksibilitas dan seimbang. Sehingga, tidak heran ketika melihat atlet senam irama tubuhnya sangat lentur dan mudah meliuk-liukan tubuh. Nah, senam ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga diminati oleh banyak orang, terutama kaum perempuan.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan, Belum?

Dari Membakar Lemak Hingga Baik Mental Merupakan Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh

Membakar lemak dan kalori

Senam irama mempunya gerakan pemanasan dan pendinginan. TUjuannya agar setiap gerakanmenjadi lebih luwes dan dapat mengatur keseimbangan tubuh. Sehingga, lebih indah dan lentur. Atlet senam irama juga dituntut mempunyai gerakan yang lincah dengan terus mengikuti irama musik yang mengirinya. Karena gerakannya tersebut, senam irama dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Gerakannya hampir tidak terputus terus mengait satu gerakan ke gerakan lainnya.

Setelah itu, Berat Badan pun Akan Turun

Siapa yang enggak mau berat badannya turun? Oleh karena itu, lakukan senam irama. Berat badan yang turun dipengaruhi oleh gerakan nan lincah dan kondisi tubuh atletnya tetap terjaga dan seimbang. Sehingga, tubuh menjadi lebih ideal tidak kurus dan tidak pula menjadi gemuk.

Bentuk Tubuh pun Menjadi Lebih Baik

Orang  yang biasa ikut senam irama akan memiliki bentuk tubuh yang ideal. karena otot-otot tubuhnya menjadi kencang, terutama pada bagian perut, paha, lengan dan pinggul. Kondisi tubuh dengan bentuk yang proporsional mempengaruhi penampilan senam irama.

Selain itu, Senam Irama Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Gerakan senam irama yang mengikuti irama musik yang mengirinya. Ketika irama musik pelan maka gerakan mengandalkan keluwesan dan keseimbangan tubuh. Begitu pula, irama musik yang ecept membuat gerakan menjadi lincah. Ternyata oh ternyata, ritme dari gerakan tubuh yang mengikuti irama musik bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jantung memompa darah lebih cepat saat gerakan lincah dan sebaliknya.

Baca juga: Menanti 20 Tahun Perbaikan Jalan Kabupaten Daerah Cicantayan Sukabumi Rusak Parah

Mental pun Lebih Sehat dengan Melakukan Senam Irama

Hal yang tidak kalah pentingnya, mental pun menjadi lebih sehat. Orang yang mengikuti senam irama terbiasa menghayati irama musik agar gerakannya luwes dan menimbulkan efek relaksasi. Sehingga, membuat mental menjadi lebih sehat karena menikmati setiap gerakan senam irama.

Demikianlah manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh dan sangat baik saat dilakukan dengan cara yang benar. Jangan lupa melakukan pemanasan yang membuat tubuh lebih siap untuk melakukan gerakan demi gerakannya.

Setelah pemanasan dilakukan, gerakan inti dengan irama musik lebih nyaman dilakukan baik dengan ritme lembut maupun lincah. Gerakan seperti melipat badan, melompat, memutar badan dll tentu saja membutuhkan persiapan agar tubuh lebih lentur dan membuat koordinasi otot-otot tubuh lebih baik.

Selanjutnya adalah gerakan pendinginan sebagai bagian akhir dari senam irama. Pendinginan menjadi penting, agar untuk mencegah ketegangan otot dan membuat nafas lebih lancar, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

 

One thought on “Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh, Ayo Ikuti Gerakan Indahnya ya…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.