Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kesehatan Masyarakat

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Sudah tahu belum?

Banyak orang meminumnya, tetapi jarang mengetahui manfaat kopi bagi kesehatan. Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Berkat tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat, kopi memiliki dampak positif terhadap kesehatan.

Ada banyak studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah dari beberapa penyakit serius.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dapat Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas

Kopi dapat membantu orang merasa kurang lelah menjadi lebih berenergi. Karena kandungannya terdapat stimulan yang disebut kafein sebagi zat psikoaktif yang paling sering dikonsumsi di dunia.

Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah Anda. Lalu, menuju ke otak Anda. Banyak studi menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan fungsi mental.

Hal tersebut terjadi karena kafein memblokir penghambatan neurotransmitter di otak Anda, yang menyebabkan efek stimulan. Sehingga, meningkatkan energi dan berbagai aspek fungsi otak.

Kopi Membantu Membakar Lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak dan menjadi salah satu zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 11%.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada seseorang yang obesitas.

Meningkatkan Kerja Fisik Secara Drastis

Kafein merangsang sistem saraf Anda dan memecah sel-sel lemak dalam tubuh. Tetapi juga meningkatkan kadar epinefrin yang membuat memacu adrenalin dalam darah Anda. Sehingga, manfaat kopi bagi kesehatan dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

Kafein memecah lemak tubuh, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar. Dampaknya, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik sebesar rata-rata 11-12%. Oleh karena itu, tidak heran setelah meminum secangkir kopi membuat badan menjadi lebih segar.

Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat kopi bagi kesehatan dapat mengurangi risiko diabetes. Penyakit diabetes ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Studi membuktikan bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit diabetes. Setiap orang yang meminum segelas kopi setiap hari akan mengalami penurunan 7% risiko diabetes.

Melindungi Peminum Kopi Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neuro degeneratif dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi tersebut mempengaruhi orang yang berusia di atas 65 tahun. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

Anda disarankan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga, dan ditambah dengan minum kopi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah hingga 65% dari penyakit Alzheimer.

Mengurangi Depresi dan Membuat Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Sebuah penelitian di Harvard yang pada tahun 2011 menunjukkan perempuan yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko lebih rendah 20% mengalami depresi.

Penelitian lain pada 208.424 orang ditemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari kemungkinan lebih kecil 53% risiko kematian karena bunuh diri.

Menurunkan Risiko Jenis Kanker Tertentu

Kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di tubuh Anda. Kopi melindungi kanker hati.

Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah.

Membantu Hidup Lebih Panjang Umur

Oleh karena peminum kopi cenderung memiliki sedikit risiko penyakit, maka masuk akal bahwa kopi dapat membantu hidup lebih lama. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Peminum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20% pada pria dan 26% penurunan risiko kematian pada wanita.

Baca juga :

Aplikasi Al-Quran Android Terbaik yang Sebaiknya Kamu Download di Handphone

Menemukan Arti Cinta Sesungguhnya, Apakah Kamu Rasakan dalam Hubunganmu?

Mau Lebih Sehat, Tidak Ada Salahnya Lebih Sering Minum Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia dan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Minum kopi setiap hari membuat peminumnya lebih berenergi, membakar lemak dan meningkatkan kinerja fisik.

Manfaat lainnya, kopi menurunkan risiko beberapa kondisi, seperti diabetes, kanker dan Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Bahkan, kopi bahkan dapat meningkatkan umur panjang. Jika Anda menikmati rasa kopi dengan kandungan kafein. Jangan ragu untuk menuangkan secangkir atau lebih banyak lagi sepanjang hari.’

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close