Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
KesehatanKesehatan Masyarakat

Manfaat air: Apakah Anda tahu sebaiknya berapa banyak air yang diminum setiap hari?

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Apakah Anda bosan dengan pembahasan berapa banyak air yang diminum setiap hari, dan apa manfaat dari air minum sebenarnya? Jangan bosan, karena sesungguhnya baik bagi tubuh anda.

Kita semua tahu manfaat nyata dari air minum, tetapi dengan laporan baru dari Loughborough University menunjukkan bahwa dehidrasi saat beraktivitas, seperti mengemudi dapat menyebabkan kesalahan dua kali lebih banyak di belakang kemudi. Risiko kecelakaan menjadi dua kali lebih banyak. Tidak minum cukup air bisa menjadi besar masalah.

Namun, penelitian terbaru lainnya mengatakan bahwa terlalu banyak air dapat dapat mengakibatkan keringat berlebih, insomnia dan bahkan kematian. Sehingga kita perlu mengetahui berapa banyak air yang  hari.

Baca juga : Sosok Inspirasi Reviansyah Sopir Ojek Online Menjadi Sarjana

Berapa Banyak Air yang Diminum Setiap Hari?

Di Eropa, otoritas keamanan makanannya telah memberi rekomendasi kepada perempuan harus minum air sekitar 1,6 liter. Sedangkan laki-laki harus minum sekitar 2,0 liter per hari. Jadi, perhitungannya sekitar delapan gelas dengan isi 200 ml untuk seorang wanita, dan 10 gelas berisi 200 ml untuk pria.

Namun, ukuran minum air tersebut sebetulnya tidak belaku pada setiap orang, karena ukuran tubuh, suhu dan seberapa aktif Anda semua membuat perbedaan konsumsi air pada setiap individu. Nah, yang harus diperhatikan adalah berapa banyak air  yang harus dminum dengan melihat kebutuhkan tubuh. Misalnya, saat berolah raga, seseorang harus meinum berapa banyak air pada hari itu ketika cuaca sedang panas-panasnya. Jasi intinya, sebetulnya air yang diminum seseorang sesuai kebutuhan tubuhnya.

Namun, aturan umumnya harus meminum 2 liter air setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh air sebanyak 20 persen dari berbagai makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Berapa Banyak Air yang Dikonsumsi Orang Lain Pada Umumnya?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan kepada  30.000 orang. Hanya ada kurang dari 1 persen meminum delapan gelas air murni setiap hari. Kantar Worldpanel yang melakukan penelitian tersebut menemukan bahwa:

  • 6 orang dari 10 orang hanya minum 1 gelas air keran atau air kemasan 1 hari.
  • 2 orang dari10 orang minum 2 gelas,
  • Sementara hanya 1 orang dari 10 orang yang mengatakan mereka minum 3 gelas per hari.

Hasil penelitian tersebut membuktikan tidak banyak orang yang minum air hingga 2 liter per hari. Padahal, air sangat penting bagi tubuh dan idealnya sebaiknya diminum sesuai jumlah yang disarankan.

Manfaat Minum Air Bagi Tubuh Anda

Berikut ini, kami tuliskan manfaat minum banyak air. Anda  mungkin baru tahu  betapa bagusnya konsumsi air untuk tubuh anda Anda.

Air membantu menurunkan berat badan

Kabar baiknya bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, air ternyata secara alami mengurangi nafsu makan Anda. Siapa pun yang ingin diet, cobalah untuk mengonsumsi air yang cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa meminum 500 ml air sebelum setiap makanan harian, maka akan sedikit kalori yang dikonsumsi. Sehingga dapat memicu penurunan berat badan.

Air adalah pemecah kerut alami

Menurut sebuah penelitiani, hampir 1 dari 5 wanita yang minum 1,5 liter air per hari mengalami pengurangan kerutan setelah 6 minggu tanpa membuat perubahan lain pada diet mereka. Selain penghilang keriput, air membuat mata berbinar, membersihkan kulit dari bintik-bintik. Selain itu, Anda terlihat bersinar dan sehat.

Air menghentikan sakit kepala dan pusing

Kalau lagi pusing, jangan langsung meminum obat. Sakit kepala bisa menjadi gejala dehidrasi, sehingga minum air sakitnya hilang. Bahkan sakit kepala dan pusing yang disebabkan oleh kelelahan dapat disembuhkanoleh air minum. Karena kelelahan juga merupakan tanda dehidrasi. Sehingga, Anda perlu meminum air untuk meredam rasa sakit.

Air membersihkan kulit Anda

Kebanyakan orang tahu bahwa minum lebih banyak air bisa baik untuk kulit yang seat dan juga dapat membantu mengurangi gejala jerawat. Jika kulit Anda kering, air akan memberi kelembapan pada kulit. Air bisa mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan  membersihkan kulit dari kotoran serta bakteri.

Membuat Anda berolahraga lebih baik

Untuk mengganti cairan yang hilang ketika Anda berkeringat, air yang diminum setiap hari adalah jawabannya. Namun tubuh Anda bekerja lebih baik dan lebih keras dalalm berolahraga ketika selama latihan Anda minum air.

Meningkatkan konsentrasi

Karena otak Anda terbuat dari sekitar 85% air. Jika Anda mengalami dehidras dapat memengaruhi konsentrasi Anda. Bahkan memori jangka pendek Anda pun terganggu. Kurangnya air menyebabkan tingkat energi otak Anda menurun.

Meningkatkan energi Anda

Tidak cukup minum air membuat otak Anda melambat ternyata memiliki efek yang sama pada tubuh Anda. Misalnya, otot Anda sekitar 75% air, tulang Anda sekitar 22% dan darah Anda sekitar 83% juga mengandung air.

Jika Anda mengalami dehidrasi, semua bagian tubuh ini tidak berfungsi dengan baik. Itu artinya Anda kekurangan energi dan merasa lelah atau malas.

Baca juga : Langkah Cepat dan Tindakan Presiden Terhadap Korban Gempa Palu Sulawesi Tengah

Bagaimana Kalau tidak meminum cukup air?

Cobalah hitung berapa air yang diminum setiap hari untuk melihat apakah itu mendekati jumlah minimum konsumsi air yang disarankan. Periksa air kencing Anda, jika warnanya putih bersih maka Anda minum dengan jumlah yang sehat.

Jika warnanya kuning gelap, Anda mungkin mengalami dehidrasi atau tidak cukup minum. Maka, sebaiknya segeralah minum air sesuai kebutuhan tubuh Anda, jangan sampai terjadi dehidrasi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close