Alasan Kenapa Kita Perlu Minum Air Setiap Hari

minum air setiap hari

Tahukah Anda alasan minum air setiap hari begitu bagi tubuh manusia? Air sangat penting untuk bagi kelangsungan hidup kita. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui 10 alasan utama kenapa kita perlu minum air setiap hari.

Air adalah substansi kehidupan Maka Kita Perlu Minum Air Setiap Hari

Hidup tidak akan ada tanpa air. Setiap organisme di bumi membutuhkan air untuk bertahan hidup. Kita Harus terus memasukkan air ke tubuh kita agar tetap terhidrasi. Air dapat menyembuhkan banyak masalah dalam tubuh seperti sakit kepala dan kelelahan. Kita bisa pergi berminggu-minggu tanpa makanan, tetapi tidak bisa hidup beberapa hari tanpa air!

Baca juga: Apakah Anda tahu sebaiknya berapa banyak air yang diminum setiap hari?

Tubuh terdiri dari 60% air

Air membentuk hampir sebagian besar konstruksi tubuh kita. Persentase air terbesar ada di otak dan aliran darah kita. Sehingga, air bisa dikatakan sebagai bahan bakar bagi tubuh kita dan tanpanya kita tidak bisa bertahan. Minum air setiap hari, maka Anda akan merasa lebih baik dan lebih berenergi.

Sumber air kami berasal dari makanan dan minuman lainnya

Tubuh Anda dapat memecah kandungan makanan menjadi air. Namun, lebih sulit bagi tubuh untuk mengolah air dari makanan daripada hanya minum air itu sendiri. Namun Minuman ringan alias soft drink dan alkohol justru dapat merugikan tubuh.

Air Memiliki Peran vital untuk fungsi tubuh

Air memainkan peran penting dalam fungsi tubuh kita. Kekurangan air dapat menjadi pemicu kelelahan nomor satu di siang hari. Penurunan 2% kadar air dalam tubuh, dapat menyebabkan kehilangan memori jangka pendek, kesulitan dengan matematika dasar, dan kesulitan fokus saat membaca atau melakukan pekerjaan.

Air mengangkut dan menghidupkan nutrisi

Air dibutuhkan untuk banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk pencernaan yang tepat, penyerapan nutrisi dan reaksi kimia. Karbohidrat dan protein yang digunakan tubuh kita sebagai makanan diangkut ke dalam aliran darah dengan air.

Air sangat penting untuk sirkulasi tubuh

Air sangat penting untuk sirkulasi tubuh yang tepat. Tingkat oksigen dalam aliran darah lebih besar ketika tubuh mengandung air dengan baik. Semakin banyak oksigen yang harus digunakan tubuh, semakin banyak lemak yang dibakar untuk energi. Tanpa adanya oksigen, tubuh tidak dapat memanfaatkan lemak yang disimpan untuk energi secara efisien, yang mengarah pada peningkatan berat badan.

Minum air dapat menghilangkan racun dari tubuh kita

Ketika Anda mengkonsumsi lebih banyak air akan membantu menghilangkan racun yang tidak perlu dari tubuh. Saluran pencernaan adalah organ penting dalam tubuh yang mendapat manfaat dari air. Air menekan nafsu makan secara alami dan membantu tubuh membakar lemak yang tersimpan.

Air mengatur sistem pendingin kita

Air mengatur sistem pendingin tubuh. Saat Anda menjadi panas, Anda berkeringat. Untuk berkeringat, tubuh Anda harus memiliki cukup air yang disimpan. Misalnya, jika Anda minum 12 ons air, tubuh Anda akan menyerap 8 ons air dalam waktu 15 menit. Jika Anda minum minuman olahraga bergula, lebih sulit bagi tubuh untuk menyerap air karena larutan dalam gula dan sirup mengandung fruktosa tinggi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Dehidrasi dapat terjadi di musim dingin

Dehidrasi tidak terjadi pada musim panas saja atau ketika Anda berolahraga di gym. Dehidrasi dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Kekeringan yang terjadi selama musim dingin dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi lebih cepat daripada saat panas di luar. Saat Anda mengalami dehidrasi, maka cenderung makan lebih banyak dan merasa lelah.

Indikasi yang baik dari tingkat hidrasi tubuh Anda adalah dengan melihat urin Anda. Jika berwarna kuning gelap, maka Anda mengalami dehidrasi. Jika warnanya putih bersih, maka Anda cukup meminum air. Rata-rata kita membutuhkan sekitar delapan gelas air per hari. Ini akan bervariasi berdasarkan berat, gaya hidup, dan tempat tinggal Anda.

2 thoughts on “Alasan Kenapa Kita Perlu Minum Air Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.