Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kesehatan Masyarakat

Air Kotor Mengganggu Kesehatan

Air kotor mengganggu kesehatan. Siapa sih orang yang bisa hidup tanpa air? Tidak ada orang bisa hidup kalau tiada air bersih di rumahnya. Hidup akan lebih sehat dengan adanya ketersediaan air yang cukup.

Kondisi air kotor mengganggu kesehatan dilihat dari kandungan kuman, cacing, dan binatang lainnya yang dapat merusak kesehatan. Air tidak bersih juga bisa memiliki kandungan bahan kimia lahan pertanian, industri, dan pertambangan.

Air tidak bersih bisa menjadi sumber pengakit ruam kulit, kanker, dan gangguan pengakit lainnya. Setiap orang akan kebingungan kalau kekurangan air, karena tidak bisa menyediakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Kekurangan air pula yang mengakibatkan infeksi mata dan kulit. Tidak membersihkan tangan setelah buang air, bisa mengakibatkan penyakit diare.

Kekeringan Menyebabkan Orang Menggunakan Air Kotor Mengganggu Kesehatan

Tidak adanya air terjadi karena kekeringan yang berkepaniangan, disamping air bersih juga tidak murah kalau harus dibeli setiap hari. Banyak orang yang tidak mendapat air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kelangkaannya membuat orang menggunakan air tidak bersih. Bahkan mengurangi jatah mandi setiap hari. Kondisi tersebut membuat munculnya infeksi seperti kudisan dan trakhoma.

Ada penyakit lainnya yang muncul karena kekurangan air bersih, yaitu menimbulkan infeksi kandung kemih dan ginjal, terutama pada wanita. Kekurangan air juga berakibat berbahaya, anak-anak tidak cukup air membuat dehidrasi dan kematian.

Air Langka Menjadi Beban Bagi Perempuan

Perempuan memiliki beban yang lebih berat kalau kekurangan air. Kalau air langka, perempuan harus mencari dan membawa air dengan berjalan jauh. Perempuan harus mengangkat beban yang sangat berat.

Karena mengangkat beban berat, perempuan bisa menderita sakit pada Ieher, punggung, dan panggul. Selain itu, perempuan harus mencari air dengan memakan banyak waktu. Tenaga perempuan lebih banyak terkuras untuk mengangkat air bersih.

Padahal, perempuan memiliki banyak pekerjaan rumah tangga lainnya. Waktu menjadi lebih banyak dihabiskan untuk mencari air bersih. Pada banyak kebiasaan masyarakat di Indonesia, perempuan menanggung beban yang besar demi ketersediaan air bersih di rumah masing-masing.

Penyebab Air Tidak Bersih

Air tidak bersih mengandung kuman, cacing, dan bahan kimia beracun. Kuman dan cacing yang terdapat dalam air bisa menyebabkan penyakit serius dan gangguan kesehatan lainnya. Adapun penyabab air menjadi tidak bersih, antara lain karena:

    • Kotoran manusia dan bidatang dibuang sembarangan.
    • Sumber air tidak dijaga kebersihannya.
    • Tidak ada cukup air untuk mandi.

Air tidak bersih menimbulkan diare, dan bisa menyebar dengan cepat. Ada banyak kasus kematian karena diare. Selain itu, kekurangan air bersih mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi menjadi sumber penyakit diare. Tahukah anda, diare menjadi penyebab kematian anak-anak di seluruh dunia?

Air bersih yang minim membuat kuman tidak dicuci. Kuman dan cacing bisa berpindah dari satu orang kepada orang lainnya. Jika jarang membersihkan kotoran dan tidak cuci tangan membuat sekeluarga bisa menderita diare. Sehingga ada baiknya filter air kotor jadi bersih.

Baca juga :

Komunitas Bagi Buku Sukabumi Mendukung Sarana Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat Pelosok

Risiko Sopir Ojek Online Agar Kamu Tahu

Indonesia Akan Mengalami Kesulitan Air Bersih

Tahukah Anda, 1 dari 10 orang penduduk dunia tida bisa menggunakan air bersih? Padahal ketiadaan air merupakan sumber dari penyakit. Begitu banyak dari negera di dunia yang kesulitan sekali mengakses air bersih.

Apalagi ketika musim kemarau tiba, banyak daerah, seperti Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sebagian daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur akan kesulitan memperoleh air bersih.

Dari data Oxfam memperkirakan, ada setidaknya 321 jiwa penduduk Indonesia mengalami kesulitan penyediaan air bersih tahun 2025. Hal tersebut terjadi karena, tidak terjaminnya pemenuhan air bersih untuk warga secara berkelanjutan pada masa depan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close