Kabar Sukabumi

Truk di Cijati Cicantayan Sukabumi Timpa Rumah Warga Sampai Ambruk

Truk di Cijati Cicantayan yang sedang melaju mengalami As Roda patah. Sehingga tidak bisa melaju dengan baik karena mengalami mati mesin. Sementara di belakangnya terdapat banyak kendaraan sepeda motor. Sopir truk pun memilih banting setir ke arah kanan jalan. Kalau tidak menghindar, ditakutkan terjadi banyak korban jiwa pengendara motor.

Dampaknya pagar rumah warga yang tepat berada di pinggir jalan tersebut ambruk tidak kuat menahan beban bawaan truk. Saat itu, truk sedang membawa pakan ayam menuju PT Rejeki Farm yang ada di daerah Cijati, Cicantayan Kabupaten Sukabumi. Adapun muatan pakan ayam sekitar 8-10 ton.

Kejadiannya terjadi pada hari Rabu, sekitar pukul 07.00 WIB. Rumah yang tertimpa truk milik Haji Hamid dengan kondisi pagar rumah rusak parah. Sementara sopir dan kernet teruk pakan ayam bisa selamat dan tidak ada korban jiwa dari pemilik rumah.

Truk di Cajati Cicantayan Timpa Rumah Warga, Apa Kira-kira yang menyebabkan Terjadinya Patah As Roda?

Kajadian patah As roda truk seperti yang terjadi di daerah Cijati Cicantayan Sukabumi sangat berbahaya. Karena truk bisa menyebabkan kecelakaan dan membuat kendaraan tertabrak dari bagian belakang. Apalagi kalau muatan truk sangat banyak atau melewati batas muatan. Akibatnya bisa fatal buktinya pagar rumah warga ambruk tertimpa beban barang yang dibawa truk.

Mengutip dari trenotomotif.com, Patah As truk seperti yang terjadi di Cijati Cicantayan bisa terjadi karena beberapa faktor. Kenapa As roda mobil atau truk bisa patah? Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Patah As pada kendaraan mobil penumpang, patah As karena bearing aus yang membuatnya tidak berfungsi. Roda bisa terus berputar, namun bukan bertumpu pada bearing melainkan pada as roda. Akibatnya as roda terus tergerus dan akhirnya menjadi rusak. Cara memperbaikinya harus diganti baru, dan tidak bisa ditambal dengan las. Bearing roda harus diganti seperangkat hingga as roda.
  2. Truk angkutan biasanya mengalami patah as karena mengangkut beban berat. Sebagian besar masalah terjadi pada bagian selongsong As roda. Ketika Barang melebihi muatan maksimal, mengakibatkan rumah gardan bengkok. Distribusi berat kendaraan truk menjadi terdorong ke belakang saat kendaraan melaju. Kemudian, As roda bagian belakang menjadi patah.

Demikian informasi mengenai patah As roda truk di daerah Cijati, Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Truk menunggu dievakuasi dari rumah warga dan muatan dialihkan ke kendaraan lain untuk dibawa ke lokasi peternakan ayam.

Artikel menarik lainnya: Doa Turun Hujan Mudah Dihapal Yang Menjadi Berkah dan Kebaikan dari Allah SWT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *