Kabar Sukabumi

Target Vaksinasi Sukabumi 70 Persen, Pemerintah Daerah Lakukan Langkah ini

Target Vaksinasi Sukabumi 70 persen  harus dicapai sampai akhir tahun 2021. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten melakukan berbagai upaya agar memenuhi pencapaian angka tersebut. Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan tujuan pencapaian target tersebut demi terciptanya herd immunity hingga bulan Desember.

Pernyataan tersebut dikeluarkan pada rapat koordinasi (rakor) lintas sektor mengenai program pencegahan dan pengendalian covid 19 di Kabupaten Sukabumi. Acara tersebut dilakukan di Hotel Pangrango, Kamis 25 November 2021.

Rakor itu juga diadakan untuk penguatan dan sinkronisasi perangkat daerah untuk mempercepat capaian target. Sehingga, bisa melakukan konsolidasi untuk mengetahui persoalan yang ada dilapangan. Lalu, dilakukan sinkronisasi data, pergerakan, dan pengawasan. Bupati menyatakan jangan sampai target capaian vaksinasi 70 persen tidak bisa dipenuhi.

Upaya Mencapai Target Vaksinasi Sukabumi 70 Persen

Ada beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten untuk mencapai target vaksinasi Sukabumi 70 persen, antara lain:

  1. Mobilisasi masyarakat yang diutamakan bagi daerah yang jauh. Pemerintah daerah nanti akan menyiapkan kendaraan dan dikumpulkan disatu titik untuk divaksin. Lalu, warga akan antar jemput memakai kendaraan yang disediakan.
  2. Melakukan kegiatan dokter masuk kampung yang semakin digalakkan. Tujuannya untuk menjangkau daerah-daerah yang memiliki akses terbatas. Para dokter yang masuk kampung akan melakukan penyisiran bagi warga yang belum tervaksin.
  3. Direncanakan dibuka puskesmas selama 24 jam. Lalu, dilakukan kerjasama dengan klinik yang buka 24 jam. Tujuannya sebagai langkah antisipasi, jika pencapain vaksinasi masih kurang. Hal itu dilakukan juga karena diduga ada warga yang dapat divaksin  pada malam hari, karena masih bekerja pada siang hari.

Jumlah vaksin sudah cukup banyak dan diperkirakan bisa mempercepat capaian. Jumlahnya mendekati 200 ribu. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid, target vaksinasi juga akan dipenuhi dengan melaksanakan bulan vaksinasi. Jadi, pada satu bulan digenjot angka vaksinasi pada sejumlah daerah.

Pemerintah Kabupaten Sukabumi pernah melakukan pekan vaksinasi dan strategi tersebut akan diubah dengan melaksanakan bulan vaksinasi. Harapannya, 70 persen vaksinasi Sukabumi dapat dicapai sesuai rencana.

Menurut Pemerintah Kabupaten Sukabumi upaya penanggulangan covid 19 telah cukup baik. Namun, jumlah vaksinasi belum menyentuh target, sehingga kegiatan yang difokuskan adalah pemberian vaksin. Jika ditinjau dari penanganan covid 19, Kabupaten Sukabumi telah mencapai level 1. Jadi, penjangkauan warga Sukabumi terus dilakukan agar upaya vaksinasi bisa dilakukan secara maksimal.

Artikel menarik lainnya: Heboh Kabar Mau Diserang Gangster All Star Sukabumi, Polres Lakukan Patroli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *