Kabar Sukabumi

Sandiaga Uno ke Sukabumi Datangi Kampung Egrang Cibiru yang Ditumbuhi Pohon Bambu yang Rimbun

Sandiaga Uno ke Sukabumi dalam rangka kunjungan kerja sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bukan rahasia lagi, Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, di Kecamatan Cicantayan sudah dikenal sebagai kampung egrang. Permainan tradisional egrang di Cibiru sudah menjadi bagian keterampilan sehari-hari anak-anak di sana.

Hutan bambu yang rimbun dan melimpah menjadi bagian budaya masyarakat, bahan sumber penghidupan. Ada usaha pengrajin bambu bernama Kriya Cibiru Sukabumi yang didirikan oleh Pibsa. Seorang tokoh pemuda di Kamping Cibiru, Cicantayan. Jadi, tidak hanya menjadi permainan tradisional, bambu juga bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat.

Kunjungan kerja Menteri Parekraf juga bertemu dengan Asosiasi Dunia Bambu Sukabumi (DBS)  di Kampung Cibiru, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi (5/09/2021). Beliau ingin melihat kegiatan dan potensi kreatifitas kerajinan Bambu yang dimiliki oleh para Pengrajin Bambu asal Sukabumi.

Kunjungan Menteri Parekraf Sandiaga Uno Apresiasi Kerajinan dari Asosiasi Dunia Bambu Sukabumi (DBS)

Sandiaga Uno juga memberi apresiasi kepada Asosiasi Dunia Bambu Sukabumi (DBS) yang mampu mengembangkan kerajinan berbasis Konversi Alam. Selain itu, bisa membuat produk bambu secara kreatif yang telah bekerjasama dengan dunia Usaha seperti PT Telkom dan PT Pos.

“Kami sangat terkesan melihat suasana Desa Cibiru Kampung egrang dengan suasana hutan bambu yang asri. Ada aspek yang ingin dikembangkan yaitu Desa Wisata dan pariwisata berkelanjutan dan  terlihat ada yang berkualitas di kampung ini,” kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Selain itu, Menteri Parakraf menyatakan keberadaan hutan bambu bisa menjadi sumber kehidupan termasuk sumberdaya air yang melimpah. Beliau sudah berkali-kali datang ke destinasi berbasis bambu di dalam negeri seperti hutan maupun luar negeri seperti ke Jepang. Sehingga, beliau sangat bangga bisa melihat Kampung egrang Cibiru yang dipenuhi hutan bambu yang rimbun.

Masyarakat Kampung Cibiru Cicantayan menyuguhkan keterampilan menganyam, hasil kerajinan, seni alat musik, dan alat atraksi egrang berbasis bambu yang dimainkan oleh anak-anak kepada Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Beliau berharap UMKM bambu di hutan bambu Cibiru bisa berkembang dan menjadi strategi kebangkitan Parekraf. Apalagi terdapat ekonomi keliner, musik dan kerajinan berbasis bambu yang bisa terus dikembangkan.

Oleh karena itu, Sandiaga Uno menambahkan kalau UMKM berbasis bambu membutuhkan pemasaran dan pelatihan pendampingan. Hal itu bisa dikembangkan jika masyarakat bisa bekerja sama dengan perusahaan seperti PT Telkom dan PT Pos. Sehingga, menjadi kebangkinan ekonomi masyarakat lokal ke depan.

Sandiaga Uno ke Sukabumi Datangi Kampung Egrang Cibiru sangat menikmati suasana hutan bambu yang asri. Seolah Kampung Cibiru Cicantayan mempunyai daya magis dan membuat perasaan bagi orang yang datang ke daerah tersebut, karena cuaca yang terasa sejuk di dalam rimbunnya hutan bambu.

Artikel menarik lainnya: Pelaku Pelecehan Saiful Jamil Muncul di Televisi Tetapi KPI Diam Saja? Enggak juga Kok ini Buktinya  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *