Kabar Sukabumi

Pemerintah Desa Cicantayan Legalkan Pelaku IKM Menggandeng DPESDM

Pemerintah Desa Cicantayan Legalkan Pelaku IKM Menggandeng DPESDM pada Selasa, 23 November 2021. Hal itu membuat warga yang bergerak pada usaha industri kecil menengah (IKM) merasa sumringah. Karena usahanya mulai terdaftar dan mendapat nomor induk usaha dari kementerian perindustrian.

Izin tersebut berupa penerbitan NIB yang dilaksanakan di aula Desa Cicantayan dengan dibimbing langsung oleh pihak DPESDM kabupaten Sukabumi. Perwakilan DPESDM adalah staf diantaranya bernama Dilla, Irfan, dan Bayu. Kegiatan acara tersebut disambut baik oleh pemerintah desa dan pemerintah kecamatan. Sekmat dan Kasi Pemberdayaan, dan Kasi Sosial Budaya turut menghadiri kegiatan tersebut.

30 Pelaku IKM Desa Cicantayan Mendapatkan NIB dari Usaha Masing-Masing

Setidaknya 30 orang pelaku IKM yang hadir dengan berbagai jenis usaha. Adapun Industri Kecil Menengah yang didaftarkan NIB antara lain: keripik singkong, tepung mokaf,aneka kue,bata merah dan lain lain.

Pihak DPESDM dalam arahannya menyatakan bahwa setiap pelaku IKM setelah mendapatkan NIB bisa meningkatkan produksinya. Selain itu diharapkan pelaku IKM kuliner bisa menempuh legalitas yang lainnya, mulai PIRT, sertifikat HAKI juga sertifikat Halal.

Semua legalitas tersebut bisa didapatkan dengan difasilitasi oleh pihak DPESDM sesuai bidangnya. Para pelaku IKM juga merasa senang usahanya sudah terdaftar di kementerian dan mereka berharap usaha kedepan dapat lebih maju. Adapula harapan IKM bisa memperoleh bantuan pemerintah untuk meningkatkan usahanya terutama kendala yang dialami mereka dalam pengadaan alat produksi.

Tahukah kamu, NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah identitas pelaku usaha. Penerbitnya Adalah Lembaga OSS (dalam hal ini adalah BKPM) caranya dengan pelaku usaha mendaftar melalui OSS (Online Single Submission). Penerbitan NIB sesuai dengan aturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 mengenai Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik.

NIB harus diisi dengan data secara lengkap oleh pelaku usaha. Selanjutnya, akan diberikan tiga belas digit angka acak dan disertai dengan tanda tangan elektronik. NIB tersebut sebagai bentuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan.

Adapun fungsi utama NIB adalah sebagai tanda pengenal pelaku usaha, baik perseorangan maupun non perseorangan. Bagi pelaku usaha yang memiliki NIB bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional. Selain itu, NIB juga gunanya sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan.

Artikel menarik lainnya:  Perhatikan, Ini Hal yang Tidak Ditanggung Asuransi Mobil All Risk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *