Keren! Motor Penarik Kursi roda “Bestral Motor” Diciptakan Di Sukabumi

Motor Penarik Kursi Roda

Hebat nian sosok yang satu ini, dia berhasil membuat motor penarik kursi roda yang bisa membuat orang yang tidak berjalan berpergian lebih cepat ke berbagai tempat.

Sosok keren ini bernama Iman Suwandi. Iman Suwandi merupakan warga Kampung Inggris, RT 03, Rw 07 Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Dia adalah orang yang berperan dibalik terciptanya “Bestral Motor (motor penarik kursi roda).

Baca juga : Menanti Kejutan Pertunjukan Seni dan Budaya Sukabumi “Ngariksa, Ngaraksa, Ngarumat”

Apa itu Bestral Motor (Motor Penarik Kursi Roda)?

Cara Menggunakan Bestral Motor
Cara Menggunakan Bestral Motor. Foto : Denden Sabumi

Bestral Motor adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menarik kursi roda yang digerakkan oleh motor dengan sumberdaya energi baterai. Idenya lahir berawal dari anak beliau yang kebetulan berkecimpung didunia Disabilitas.

Dari kemampuan Iman Suwandi sebagai seorang mekanik, dia akhirnya berinovasi menciptakan penemuan yang luar biasa dengan tujuan mulia untuk membantu mobilitas kaum disabilitas. Lalu, alat motor penari kursi roda ini dinamakan bestral motor. Bestral motor membuat pengguna tidak usah mengayuh roda untuk menggerakan kursi rodanya.
Kecepatannya bisa mencapai 50km/jam. Sekali charge baterai bisa untuk menempuh jarak 50 km jauhnya. Sungguh menarik bukan? Inovasi dari Iwasan Suwandi tersebut juga telah memenangkan beberapa penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa barat.

Baca ini juga : Akses Jalan di Kecamatan Pabuaran Diperbaiki, Siswa Lebih Mudah Berangkat ke sekolah

Wawancara dengan Iman Suwandi Sang Inovator Bestral Motor

Bapak Iwan Suwandi Bersama Istri
Bapak Iwan Suwandi Bersama Istri. Foto : Denden Sabumi.

Senang sekali, saya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan beliau dan mengobrol tentang inovasinya itu.

Denden  (D)  : “Apa latar belakang Bapak menciptakan inovasi ini?”

Iman  Suwandi (IS) : “Ini berkaitan dengan anak saya yang sering berkecimpung di dunia Disabilitas. Dia sangat ingin membantu mobilitas mereka dan kebetulan saya adalah seorang mekanik motor. Lalu anak saya berdiskusi dengan saya tentang inovasi ini, dan terciptalah Bastrol ini.”

D : “Prosesnya bagaimana pal, baik dari dari bahan, peralatan serta modalnya?’

IS : “Kalo kursi rodanya itu kursi roda biasa pada umumnya, tapi saya tambahkan satu roda didepan yang bisa dibongkar pasang dan memakai motor sebagai penggeraknya. Bahanya diambil dari komponen sepeda untuk roda dan stangnya. Sisanya saya buat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi seperti ini, untuk saat ini modalnya modal saya sendiri .”

D : ‘”Harapan kedepan Bapak untuk penemuan ini Seperti apa pak.”

IS : “ya tentu saja saya harap alat ini bisa diproduksi lebih banyak lagi untuk membantu penyandang disabilitas dalam hal mobilitas. Karena tentu saja kekurangan bukan sebuah halangan untuk tetap berkreasi dan berprestasi.”

D : “Adakah kendala yang bapak temui ketika membuat bestral ini?”

IS : “Kendalanya mungkin hanya dimodal saja, saya harap ada yang mau ikut berpartisipasi untuk mengembangkan inovasi ini.

Baca juga : Tiga Hal Dari Banyak Persoalan Membuat Sabumi Volunteer Tetap Peduli Pendidikan Pelosok Sukabumi

Menemukan Ide Keren Dengan Tujuan Mulia

Cara Menggunakan Bestral Motor.
Cara Menggunakan Bestral Motor. Foto : Denden Sabumi.

Hasil karya cipta Iman Suwandi menarik sekali, karena berangkat dari kepedulian terhadap sesama. Kita sama-sama mengetahui kalau kaum disabilitas kesulitan untuk bisa mencapai tempat yang jauh dengan lebih cepat.

Motor Penarik Kursi Roda “Bestral Motor” bisa menjadi solusi mempermudah pergerakan saudara-saudara kita.

Seperti perbincangan saya dengan Iman Suwandi, ciptaannya bisa menjadi sebuah inspirasi bagi kita semua untuk melakukan yang terbaik apapun profesi kita. Kita bisa terus berkarya dan menghasilkan ide keren, apalagi dilakukan dengan niatan yang ikhlas.

Ditulis Oleh Denden Sabumi

Demi Sukabumi yang lebih baik

One thought on “Keren! Motor Penarik Kursi roda “Bestral Motor” Diciptakan Di Sukabumi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.