Kabar Sukabumi

Hujan Deras di Sukabumi Akibatkan Jalur Cantayan-Bojong Lumpuh Total

Hujan deras di Sukabumi (9/11/2021) dari siang hingga malam hari tidak hanya membuat banjir, tetapi juga berbagai bencana di berbagai tempat. Bukan hanya Terminal Jalur Sukabumi saja yang direndam banjir, melainkan juga terjadi pohon tumbang,rumah roboh, banjir dan longsor.

Salah satu yang terdampak dari hujan deras tersebut adalah mengakibatkan seluruh badan jalan jalur Cicantayan-Sukadamai terkena longsor. Adapun ruas jalan yang tertimbun diperkirakan sepanjang kurang lebih dari 50 meter, tepatnya di sekitar pemakaman Cicantayan.

Peristiwa jalan yang terbasuk jalur kabupaten tertutup longsor terjadi sekitar pukul 19.30 wib. Sehingga, semua jenis kendaraan tidak bisa melintas. Sebagai jalur alternatifnya, para pengendara dialihkan ke jalur alternatif Cimuncang, Cikareo, Cijati. Begitu pula sebaliknya, pengendara yang menuju ke Sukadamai dan Bojong dialihkan melalui Cijati Sukabumi.

Apakah Terdapat Korban Jiwa Setelah Hujan Deras di Sukabumi yang Membuat Jalan Lumpuh Total Tersebut?

Walaupun longsor menutupi jalan, syukurnya tidak berakibat fatal. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya jalan saja yang tertutup. Hal itu membuat akses jalan Cicantayan-sukadamai/Bojong atau sebaliknya belum bisa dilalui kendaraan bermotor.

Penanganan sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sukadamai beserta jajaran Pemdes Cicantayan juga dari BPBD Kabupaten Sukabumi. Warga sekitar jalan tersebut juga ikut membantu untuk mengatasi masalah jalan yang tertutup longsor tersebut.  Kondisi sudah agak memadai, karena hujan sudah berhenti setelah Pukul 21.00 wib.

Hujan deras di Sukabumi hari ini cukup membuat warga was-was, karena ditakutkan terjadi bencana yang tak terduga. Apalagi di media sosial sempat viral di sekitar Terminal Bis Jalur Sukabumi sudah terendam banjir. Sehingga, netizen mengingatkan untuk pengendara yang melintas di sana harus sangat berhati-hati.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi telah mengingatkan sejak awal bulan November, akan terjadi hujan di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

Hujan yang terus menerus bisa membuat terjadinya pergerakan tanah, longsor,  banjir, dan rusak kawasan tempat tinggal. Sehingga, BPBD Sukabumi mengimbau masyarakat selalu waspada dan berhati-hati karena bencana bisa terjadi kapanpun waktunya.

Artikel menarik lainnya: Mengapa PNS Mudah Berutang dan Mengambil Cicilan di Bank?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *