Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kabar Sukabumi

Menanam Pohon dan Menebar Benih Sidat Pada Hari Sungai Nasional Bersama Walikota Sukabumi

Untuk memperingati Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli pada setiap tahunnya, Warga masyarakat melaksanakan kegiatan Festival Walungan Cisuda 2019. Festival tersebut diadakan di Kampung Babakan Bandung, RW 01 Kelurahan Subang Jaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Gelar acara yang bertema “Amankan, Selamatkan, Bebaskan”, bertujuan untuk melestarikan sekaligus ingin memanfaatkan sungai Cisuda sebagai sungai edukasi untuk jangka panjang. Acara yang sangat menarik, bahkan walikota pun menghadiri kegiatan tersebut.

Kegiatan Festival Walungan Dihadiri Walikota dan Bertujuan Menjaga Kondisi Lingkungan Sungai Cisuda

Peringatan Hari Sungai Diikuti oleh Komunitas Biker di Sukabumi
Peringatan Hari Sungai Diikuti oleh Komunitas Biker di Sukabumi

Acara yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Walikota Sukabumi Bpk H. Achmad Fahmi, S.Ag M.Mpd. Beliau turut dalam menanam bibit ikan endemik (sidat) sebanyak 2019 ekor, menebar bibit ikan konsumsi (ikan mas), menanam pohon sebagai penguat sepadan sungai. Selain itu, melepas burung untuk kembali ke alam bebas dan di tutup dengan gelar pentas seni.

Acara yang dipelopori oleh warga masyarakat, kelompok tani wanita ( KWT ) RW 01 l, rekan komunitas, mahasiswa dan Biker Brotherhood for nature 1% Reg Sukabumi dan beberapa instansi pemerintah Kota Sukabumi.

Penebaran Benih Sidat dan Ikan Mas Ke Sungai Sukabumi
Penebaran Benih Sidat dan Ikan Mas Ke Sungai Cisuda Sukabumi

Tahukah kamu, bahwa Hari Sungai Nasional telah ditetapkan Pemerintah pada tanggal 27 Juli sejak tahun 2011. Keputusan tersebut dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011, Pasal 74. Sehingga, menjadi perayaan yang dlakukan setiap tahun  oleh para pemerhati lingkungan.

Baca juga :

PENGALAMAN MENGGUNAKAN RUJUKAN BPJS UNTUK CEK DARAH DAN PEMERIKSAAN PENYAKIT ANAK

BAYAR PAJAK STNK SAMSAT KELILING CUMA LIMA MENIT! JUARA!

Perayaan Hari Sungai Nasional diharapkan mampu menggerakkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Selain itu, Hari Sungai Nasional diharapkan bisa menolong pemerintah untuk melakukan proses ‘penyembuhan’pada sungai-sungai yang tecemar. Kondisi sungai yang rusak karena limbah dan tumpukan sampah di Indonesia.

Kegiatan ini menarik sekali, karena Pemerintah Kota Sukabumi pun turut andil dalam kegiatan di dalamnya. Untuk menjaga kelestarian sungai membutuhkan kolaborasi antar Pemerintah dan komunitas.

Semoga sungai di seluruh Sukabumi bisa secepat nya mencontoh sungai Cisuda, dan tentunya sangat diharapkan peran serta dari semua elemen dan lapisan masyarakat. Mari jaga kondisi aliran sungat di sekitar kita.

 

Salam Lestari

Ipong Sabumi

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close