Dzulfikar Ali Hakim Dewan Penasihat Kampung Egrang Cibiru, Berharap Dapat Diwujudkan Kampung Wisata di Kecamatan Cicantayan

dzulfikar ali hakim tentang kampung egrang cibiru

Pelaksanaan Kegiatan Rapat Koordinasi Tingkat Kecamatan Cicantayan yang diadakan langsung di Kampung Egrang Cibiru disambut baik semua pihak. Termasuk Dzulfikar ali Hakim sebagai Dewan Penasihat. Dia mengaku sangat senang ketika mengatahui Camat Cicantayan melakukan kunjungan tersebut. Karena dampaknya akan membuat semakin banyak pihak yang mengetahui potensi Kampung Egrang Cibiru.

Menurut Kang Dzulfikar selaku Dewan Penasehat Kampung Egrang, “Pertemuan-pertemuan yang bersifat curah gagasan antara penggiat Kampung Egrang dan stakeholder di pemerintahan dan swasta perlu lebih sering dilakukan. Agar ide-ide yang terhimpun bisa semakin dikerucutkan menjadi rencana aksi perwujudan kampung wisata.”

Apalagi Camat Cicantayan datang tidak hanya menyertakan stakeholder dari pemerintahan saja, juga mengajak konsultan kampung wisata dalam rapat koordinasi tersebut.

Baca juga: Gebrakan Camat Cicantayan Mengadakan Rapat Koordinasi Langsung di Kampung Egrang Cibiru

Potensi Kampung Egrang Cibiru Dapat Dikembangkan Sebagai Kampung Wisata

Dzulfikar Ali Hakim, Dewan Pembina Kampung Egrang Cibiru sedang memberi pemaparannya tentang harapan terwujudnya Kampung Wisata Di Kecamatan Cicantayan.
Dzulfikar Ali Hakim, Dewan Pembina Kampung Egrang Cibiru sedang memberi pemaparannya tentang harapan terwujudnya Kampung Wisata Di Kecamatan Cicantayan.

Selama ini penggiat atua pengelola mengelola secara mandiri untuk mengembangkan Kampung Egrang Cibiru. Namun tampaknya upaya tersebut tidak cukup untuk menggali dan mengenali potensi apa saja yang mendukung Kampung Cibiru menjadi Kampung wisata.

Seperti yang diungkapkan oleh Pibsa sebagai Ketua Pengelola, “Saya ingin kedatangan Camat Cicantayan berserta unsur stakeholder lainnyan dapat mengisi kekurangan kita sebagai pengelola dalam upaya mengembangkan Kampung Egrang Cibiru menjadi Kampung Wisata di Kabupaten Sukabumi.”

Ketika pihak Pemerintah Kecamatan membawa konsultan Kampung Wisata, diharapkan dapat menemu-kenali sumberdaya yang dapat dikembangkan. Kang Dzulfikar juga mendukung hal tersebut, “Adanya konsultan kampung wisata yang diinisiasi oleh Camat Cicantayan akan membantu warga masyarakat Kampung Egrang. Sehingga dapat menajamkan analisis potensi dalam rangka pengembangan Kampung Wisata. Sehingga dalam jangka panjang menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan serta budaya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat.”

Baca juga: Tahukah Kamu Ada Kampung Egrang di Sukabumi : Sebuah Coretan Pagi Tentang Permainan Tradisional

Sebagai penggagas bedirinya Kampung Egrang di Desa Cicantayan, beliau menambahkan, “Pengembangan Kampung Wisata Cibiru tidak terbatas pada olahraga/permainan tradisional saja. Tetapi juga berupaya untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat dengan pengembangan pojok baca dan perguliran buku box oleh Rumah Baca Bambu Biru. Hal tersebut menjadi salah satu unsur penting dalam Kampung Wisata Egrang.”

Rapat Koordinasi dan kunjungan dari Camat Cicantayan bersama seluruh stakeholder yang hadir pada hari Jumat (7/12/2018), menunjukkan ada upaya kepedulian untuk mengembangkan potensi yang terdapat di kampung dan desa yang terdapat di Kecamatan Cicantayan. Pengembangan Kampung Wisata diharapkan dapat terwujud demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi, budaya, dan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.