Belajar Sifat Air dari Si Kecil di Sekolah Alam Indonesia Sukabumi

Belajar Sifat Air

Hari ini (13/10) ada event “Science Fair : Me and My Project di Sekolah Alam Indonesia cb. Sukabumi dengan mempresentasikan planetarium, pendekteksi banjir, hingga belajar sifat Air. Sekolah Alam Indonesia sebagai lembaga pendidikan dengan sistem pembalajar berbasis praktik, belajar di kelas, dan kalo kata anak saya “Enggak belajar Yah, kami main-main.”

Semua kelas menunjukkan hasil karyanya kecuali kelas 1 SD, mereka ditugaskan berjualan makanan tanpa pendampingan orang tua. Anak kelas lain, 2,3,4,5,6 selebrasi hasil risetnya. Anak kecil-kecil itu mempresentasi kan hasil penelitiannya. Hasil risetnya enggak main-main, ada yang menjelaskan tentang tenaga listrik dari buah, bel tangan, sifat air, dan banyaaakkkk lagi penjelasan lainnya.  

Baca juga : Ditemukan Grup WhatsApp Pelajar Konten Porno di Bekasi, Pentingkah Mengecek Handphone Anak Kita

Terpesona Presentasi dan Belajar Sifat Air dari Anak Kelas 2 SD

Menjelaskan tentang Melarutkan Gula dan Garam di Air
Menjelaskan tentang Melarutkan Gula dan Garam di Air. Foto : Phadli Sabumi

Dari semua penjelasan tentang science, saya terpukau dengan presentasi anak yang ada difoto ini. Dia menjelaskan dengan tenang, sedikit tersenyum, tetapi sangat yakin dengan apa yang dijelaskannya. Anak sekecil itu pede banget loh.

“Saya mau menjelaskan sifat-sifat air kepada bapak, air menyesuaikan tempat,” sambil benda cair itu dimasukkan ke dalam wadah botol beragam bentuk. Risetnya sangat sederhana, tetapi membawa ingatan jauh ke belakang. “Kok waktu SD dulu enggak belajar praktik begini ya,” belajar sifat airnya asyik sekali bisa langsung praktik.

Lalu, dijelaskan pula, “air bisa melarutkan gula dan garam.” Dia ambil garam dan gula dan ditunjukkan bedanya ketika dilarutkan. Tepuk tangan dong. “Kalo pasir bisa enggak larut di air,” tanya saya menggoda. Dia memberi seuntai senyum kecil. “Dari hasil penelitian saya, gula dan garam yang bisa larut dalam air,” Kata perempuan kecil cantik itu. 

Sangat meyakinkan dan saya dibuatnya angguk-angguk kepala. Yang bikin kagum sama anak ini, dia terlihat tenang ketika berkali-kali orang datang padanya, bertanya hal yang sama dan tentu saja ada pertanyaan menggoda. Lagian, pasir segala ditanyain bisa dilarutkan dalam air atau tidak.

Dia masih kelas 2 SD, pintar presentasi, dan tahu betul kalau pasir tidak bisa dilarutkan dalam air. Senangnya, kalau melihat anak-anak bisa menjelaskan dengan baik dan dari hasil pembuktian penelitiannya sendiri. Dari hasil membaca dan dipraktikkan dengan sungguh-sungguh.

Baca juga : Masih Suka Permainan Tradisional Gasing yang Sering Dimainkan Waktu Kecil Dulu?

Masa Sih Anak Kelas 2 SD Presentasi dan Belajar Sifat Air Sebagus itu

Praktik Science Tornado Air.
Praktik Science Tornado Air. Foto : Phadli Sabumi.
Praktik Science Pendeteksi Banjir.
Praktik Science Pendeteksi Banjir. Foto : Phadli Sabumi.
Praktik Science Pengelolaan Ikan Lele. Sekolah Alam Indonesia, Sukabumi.
Praktik Science Pengelolaan Ikan Lele Sistem Bioploks. Sekolah Alam Indonesia, Sukabumi. Foto : Phadli Sabumi.
Presentasi Secince lainnya : Mobil Tenaga Angin.
Presentasi Secince lainnya Mobil Tenaga Angin. Foto : Phadli Sabumi.

Masa sih anak kelas 2 SD bisa presentasi dan belajar sifat air sebagus itu. Lah saya melihatnya sendiri kok. Dari beragam kelas, anak-anak harus bisa mempresentasikan hasil penelitiannya kepada para pengunjung alias para orang tua siswa. secara umum, siswa Sekolah Alam Indonesia bisa menjelaskan dengan baik apa yang mereka pelajari.

Lah, sebagai pengunjung yang zaman SD nya cara belajarnya cuma duduk, diam, dan mendengarkan guru di depan kelas. Saya jelas kagum dengan presentasi tersebut. Rasanya, saya merasa senang sekali melihat semua karya anak-anak di sekolah alam dan tentunya bangga anak saya juga belajar disitu. Sekolah Alam Indonesia, Sukabumi.

Salam buat Calon Pemimpin Masa Depan

Sekolah Alam Indonesia Cb. Sukabumi.

Ditulis Oleh Phadli Sabumi/ Orang tua siswa Kelas 1 SAI Sukabumi.

3 thoughts on “Belajar Sifat Air dari Si Kecil di Sekolah Alam Indonesia Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.