Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kabar Komunitas

TBM Saung Edukasi Sukabumi Taman Bermain Baru Anak-Anak di Kampung Ciragil

Anak-anak membaca buku sesuai keinginan mereka dan bebas semampu mereka

TBM Saung Edukasi Sukabumi memberi kabar pada  tanggal 26/11/2020), pengelola menceritakan taman baca menjadi tempat yang menarik bagi anak-anak hampir setiap sore. Mereka datang ke taman baca untuk membaca buku. Setelah melewati kurang lebih dua minggu berlalu kegiatan pendistribusian buku bacaan, anak-anak memberi respon positif serta antusias anak-anak. Ibaratkan taman bermain, tanpa disuruh pun mereka datan sendiri.

Anak-anak membaca buku sesuai keinginan mereka dan bebas semampu mereka. Baik itu ada yang hanya 1-2 lembar ataupun lebih. Perkembangan yang patut untuk di syukuri, setidaknya mereka semakin terbiasa untuk membaca buku. Mereka bisa membaca buku kapan pun mereka mau.  Apalagi, lokasi Saung Edukasi tidak jauh dari rumah warga. Jadi, anak-anak kampung Ciragil, Desa Cidadap, Sukabumi tidak kesulitan untuk menuju tempat bermain mereka yang baru ini.

TBM Saung Edukasi Sukabumi Menjadi Tempat Baru yang Menyenangkan Meski Sangat Sederhana

Membaca Buku Menyenangkan di Saung Edukasi Sukabumi
Membaca Buku Menyenangkan di Saung Edukasi Sukabumi

Saung Edukasi ini berdiri di tanah Hak Guna Usaha (HGU), artinya statusnya bukan milik masyarakat setempat. Mereka menghuni permukiman tanpa hak kepemilikan lahan. Meski bukan berarti tidak bisa berbuat sesuatu di atas lahan tersebut.

Fajar bersama penduduk setempat berinisitiaf membangun TBM dengan bahan bambu dan kayu. Bangunan yang sangat sederhana sekali seperti pondok di perkebunan. Namun, cukup kokoh sebagi tempat anak-anak untuk berkumpul sambil membaca buku.

Dari mulai pengumpulan bahan bangunan, pendirian TBM Saung Edukasi  dilakukan secara gotong royong bersama pemuda dan warga lainnya. Dengan begitu, mereka merasa memiliki tempat itu. Bukan cuma milik pribadi, tidak hanya disebut dimiliki oleh perorangan.

Fajar memberi kabar melalui pesan whatsApp kalau anak-anak semakin sering menghabiskan waktu di Saung Edukasi. Jika ada waktu luang, anak-anak pasti beranjak bertemu teman-teman mereka di tempat ini.

Taman Baca Saung Edukasi ini berhasil mengajak dan membiasakan anak-anak membaca buku sedari dini.  Karena dengan begitu, anak-anak dapat menggali ilmu pengetahuan di luar sekolah. Apalagi kondisi saat ini tidak begitu menguntungkan, sekolah tidak bisa melakukan kegiatan belajar-mengajar selama Pandemi COVID-19.

Ditulis oleh: Galang Sabumi

Artikel menarik lainnya: Kisah Inspirasi Fajar Mendirikan Taman Baca Demi Anak-Anak di Kampungnya Bisa Terus Belajar

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close