Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kabar Komunitas

Sinergi BB 1% MC Regional Sukabumi, Brotherhood for Nature, Sabumi volunteer & Lays kandang, Penanaman Bibit Pohon dan Literasi Pendidikan Pelosok Sukabumi

BB 1% MC memiliki pilar program salah satunya yakni Brotherhood for Nature yang berkonsentrasi pada hal-hal yang berhubungan dengan pelestarian, kepedulian alam dan kegiatan sosial lainnya. Kegiatan tentang pelestarian alam sangat penting karena bisa menjadi tiang penyangga kehidupan bagi generasi penerus nantinya.

Sehubungan dengan program Bakti untuk Negeri, kami mengadakan acara penanaman pohon di wilayah kecamatan Cidadap Kampung Ciragil Kabupaten Sukabumi pada hari Selasa  (10/11/2020). Acara ini didukung oleh banyak pihak Bersama Komunitas SABUMI (Satu Buku Untuk Sukabumi ) dan Komunitas Motor Utah Lalay kandang Sukabumi  sekaligus juga  menjadi ajang silaturahmi.

BB 1 % MC, dan Utah Lalay Melakukan Program Brotherhood for Nature dengan Edukasi Penanaman Pohon di Cidadap Sukabumi

Kegiatan Brotherhood for Nature Menanam Pohon Bersama Anak-Anak Desa Cidadap Sukabumi
Kegiatan Brotherhood for Nature Menanam Pohon Bersama Anak-Anak Desa Cidadap Sukabumi

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan anak-anak desa ciragil cara menanam pohon dan memberikan edukasi kesadaran akan pedulinya terhadap lingkungan. “Selain tentunya bagian dari kegiatan pelestarian alam, pemberdayaan lahan tidur menjadi lahan produktif serta menumbuhkembangkan rasa kepedulian terhadap sesama khususnya kepada anak-anak yang terisolir batas wilayah pedalaman yang belum terjamah jaringan internet,” ujar Dhani, Koordinator Brotherhood for Nature Regional Sukabumi.

Kami mengajak anak-anak untuk turut serta melakukan penanaman bibit pohon. Salah satu pohon yang kami tanam pohon Rasamala dan jenis pohon lainnya. Kayu rasamala adalah pohon yang mempunyai sifat awet, kuat serta bisa disimpan dan kontak langsung dengan tanah. Kayunya cocok digunakan untuk berbagai keperluan bangunan seperti jembatan, tiang, dan bantalan kereta api. Selain memanfaatkan kayunya, kita juga dapat memanfaatkan getahnya yang memiliki aroma wangi. Jadi pohon itu sangat bermanfaat ditanam di sana.

Penyerahan Buku Oleh BB 1 % MC dan Utah Lalay di Desa Cidadap Sukabumi
Penyerahan Buku Oleh BB 1 % MC dan Utah Lalay di Desa Cidadap Sukabumi

Selain memberikan bibit pohon , kami juga menyerahkan sumbangan untuk Taman Baca yang di gagas oleh para pemuda kampung tersebut. Donasi berupa pemberian paket ATK, Buku Bacaan untuk anak-anak setempat. “Harapan kami tentu saja hal yang dilakukan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dimana kami menjadi bagian di dalamnya”.

Sudah semestinya, anak-anak sebagai penerus mendapat perhatian oleh kita. Apalagi bagi anak-anak yang tinggal di pelosok. Masalah mereka tidak hanya kesulitan akses mendapatkan buku saja. Bahkan sinyal dan hanphone malah menjadi masalah baru ketika harus belajar jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan yang dilakukan bersama Sabumi Volunteer harus terus dilanjutkan.

Ditulis oleh: Estu “BFN Regional Sukabumi”

Kegiatan Menarik lainnya: Sinergi Sabumi Volunter Menembus Hutan Belantara Distribusi Buku dan Bibit Pohon di Cidadap Sukabumi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close