Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Kabar Komunitas

Sekolah Madrasah Dirobohkan Oleh Pemuda Sukabumi, Apa Alasan Mereka Melakukannya?

Sekolah madrasah dirobohkan oleh para pemuda di Sukabumi. Bangunan yang sudah berdiri 60 tahun itu lulu lantak  tak berbentuk lagi. Apa alasannya pemuda-pemuda itu melakukannya?

Begini ceritanya, sebuah bangunan sekolah madrasah yang sudah berdiri sejak 60 tahun lalu ternyata sudah terlalu reot. Padahal, sebagai tempat belajar 75 siswa/ siswa dari kedua kampung yang berbeda. Bangunan dengan luas ruang 4X5 meter persegi ini tidak mampu menampung para murid untuk belajar lagi. Tua dimakan usia.

Ruang kelasnya ruang kelas, memaksa para siswa kelas 1-6 harus rela berbagi ruang kelas. Berbagi ruang belajar, secara bergantian atau sistem rolling. Untuk biaya operasional, murid membayar iuran seikhlasnya.

Tentu saja, para murid tidak bisa menutup kebutuhan operasional. Apalagi untuk merenovasi atau memperluas bangunan tersebut. Syukurnya ada banyak orang baik peduli tentang dunia pendidikan di Sukabumi.

Bangunan sekolah madrasah yang beralamat di Kampung Cibandung Desa Tegal Lega, Kecamatan Lengkong tersebut akan mendapatkan bantuan pembangunan bangunan gedung baru. sebanyak dua ruang kelas dan sebuah toilet dirobohkan. Bangunan tua dupayakan menjadi muda kembali.

Sekolah Madrasah Dirobohkan di Sukabumi Secara Beramai-Ramai

Kerjasama Para Pemuda Relawan dengan Masyarakat Lokal Sukabumi Melakukan Pembangunan Sekolah Madrasah
Kerjasama Para Pemuda Relawan dengan Masyarakat Lokal Sukabumi Melakukan Pembangunan Sekolah Madrasah

Pada hari Jumat ,19 maret 2021, beberapa relawan dibantu para orang tua wali siswa, tokoh masyarakat, para tokoh pemuda dan juga para siswa madrasah Al-khoeriyah Kp Cibandung Desa Tegal lega Kec Lengkong Kab Sukabumi, melakukan perobohan sebuah ruang kelas. Tempat belajar yang selama ini menampung belajar ke 75 anak didik tersebut.

Pagi itu terlihat semua warga masyarakat sangat antusias dalam mengangkat lagi budaya gotong royong. Semi mendirikan bangunan ruang kelas yang baru. Akhirnya dibuktikan agenda perobohan bangunan sekolah bisa dilakukan. Moment ini yang di tunggu-tunggu para siswa dan sebagian besar warga masyarakat di sana.

Karena sejak dibangun, gedung sekolah ini belum mendapat banyak sentuhan renovasi. Dapat dilihat dari dinding bilik yang terlihat sudah bolong. Kapasitas ruang kelas yang sudah tidak lagi bisa menampung kegiatan belajar para siswa.

Alhamdullilah, kini wajah – wajah bahagia terpancar dari para murid, orang tua murid serta para pengelola madrasah. Karena sebentar lagi mereka mempunyai gedung sekolah baru yang layak, aman, dan nyaman. Sebuah bangunan sekolah layak, yang sudah menjadi impian mereka sejak lama.

Terima kasih kawan baik. Dari Sabumi Volunteer dan rekan relawan lainnya.

Kabar menari lainnya: Doa Penyemangat Mak Kesah : Perjalanan Cahaya Pelosok Sukabumi Membuat Rumah Gelap itu Menjadi Terang Kembali

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close