Puncak Kegiatan Bersama Desa Binaan Perpuseru di Yogyakarta

Desa Binaan Perpuseru Sukabumi

Selasa 03 Juli 18, Rombongan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi beserta 20 perwakilan Perpustakaan Desa binaan Perpuseru Coca-Cola Foundations bertolak ke Yogyakarta. Peserta mengikuti mengikuti kegiatan Peer Learning Meeting Nasional 2018.

Rombongan terbang dari bandara soekarno- hatta menuju bandara adisutjipto jogja. Sesampainya di adisutjipto, rombongan di jemput menuju Hotel Eastparc dan selepas check in beristirahat karena acara akan digelar besok.

Rabu 04 Juli 18 selepas sarapan, bus telah menunggu di depan hotel untuk mengantarkan para peserta menuju Hotel Royal Ambarukmo. Seluruh rangkaian kegiatan dipusatkan di Hotel tersebut.

Baca juga : Curug Banteng dan Puncak Heas Bagian Surga Wisata di Pelosok Sukabumi

Kegiatan Peer Learning Meeting Diikuti Desa Binaan Perpuseru se-Indonesia

Ballroom hotel terasa sangat ramai karena PLM (Peer Learning Meeting) kali ini adalah PLM terbesar dan terakhir yang di adakan oleh perpuseru coca cola foundations. Sebanyak 1440 peserta dari 18 Perpustakaan Provinsi, 104 Perpustakaan Kabupaten/Kota, 768 Perpustakaan Desa/Kelurahan/TBM binaan Perpuseru.

PLM kali ini bertajuk “Transformasi perpustakaan menjadi prioritas pembangunan nasional untuk mempercepat pengurangan kemiskinan dengan peningkatan literasi untuk kesejahteraan”. Acara di buka dengan penampilan tarian perpaduan adat sunda dan bali.

Selanjutnya Ibu Titie Sadarini selaku Chief Executive Coca-Cola Foundations memberi kata sambutan, “Suatu kebanggaan bagi coca cola foundations indonesia untuk menjadi pionir transformasi perpustakaan di indonesia melalui program perpuseru.”

Dia menjelaskan bahwa Perpuseru pada hakikatnya program menginisiasi terjadinya perubahan. Dari perubahan paradigma tentang perpustakaan, peningkatan kapasitas, menstimulasi inovasi dan kreasi layanan perpustakaan.

Sasarannya memberikan dampak perubahan bagi dirinya dan masyarakat sekitar. Seperti di ketahui bahwa perpuseru memberikan 3 unit komputer bagi setiap perpustakaan desa/kelurahan/tbm binaannya.

“Dampak nyata dari program perpuseru ini menarik perhatian pemerintah untuk kemudian mendorongnya menjadi kegiatan prioritas nasional, perpusnas RI di dukung oleh Bappenas akan mulai melakukan replikasi perpuseru di 60 perpustakaan kabupaten pada tahun 2018” ujar Drs. Muhammad Syarif Bando, MM, Kepala Perpusnas RI.

Lepas istirahat makan siang kegiatan di lanjutkan kepada kelas berbagi yang banyak sharing cerita inspiratif oleh para panelis.

Diskusi berlangsung hangat meski kita berbeda wilayah dan baru di pertemukan di kelas, namun semangat untuk memajukan perpustakaan masing-masing membuat kita sudah seperti saudara.

Gala Dinner dan Perpuseru Award Menjadi Moment yang Ditungggu Desa Binaan Perpuseru

Selesai acara kelas berbagi kami beristirahat untuk melanjutkan acara yang kami tunggu-tunggu, yaitu gala dinner dan perpuseru award. Gala dinner menyajikan banyak makanan terhidang seperti tidak ada habisnya.

Moment ini, kami juga berkesempatan untuk menunjukan identitas kami sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang beragam adat dan budaya.

Kami memakai baju adat dengan penuh kebanggaan. Selain itu, kegiatan ini kami jadikan sebagai ajang swapoto dengan teman-teman yang berbeda wilayah.

Selepas gala diner, acara diteruskan kepada pemberian penghargaan Perpuseru Award dengan beberapa kategori yang dibagikan.

Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini Kabupaten Sukabumi mendapatkan beberapa penghargaan  antara lain : Lomba cerita impact kategori tulisan (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukabumi, Perpustakaan Desa Batununggal, Perpustakaan Desa Cicantayan).

Lomba cerita Impact Kategori Video (TBM Macatongsir Desa Langensari), Perpustakaan Desa Terbaik (Perpustakaan Desa Kabandungan dan Perpustakaan Desa Batununggal).

Kehadiran cak lontong sebagai pemandu acara membuat acara penghargaan ini penuh dengan gelak tawa. Acara ini juga di meriahkan oleh penampilan Hudson dan di akhiri oleh penyanyi dangdut jenita janet.

Baca juga : Peran Penting Perempuan di Dapur Dalam Acara Seren Taun Kasepuhan Sinar Resmi

Puncak dari Kegiatan Perpuseru

Peserta Kegiatan PLM Perpuseru. Foto : Abdun Nasir.
Peserta Kegiatan PLM Perpuseru. Foto : Abdun Nasir.

Jum’at 06 Juli 18, ada rasa sedih saat Bu Titi Sadarini berdiri dan berbicara di depan seluruh peserta, karena kegiatan terakhir yang di adakan perpuseru.

Bahkan ada beberapa peserta meneteskan air mata saat pemutaran video “Perpuseru Untuk Indonesia II”. Beliau berpesan jangan sampai terhentinya program perpuseru inovasi perpustakaan juga terhenti.

Desa binaan Perpuseru dari Coca-Cola Foundations diharapkan terus berkembang dan menebarkan virus-virus kebaikan kepada daerah yang belum tersentuh oleh program perpuseru. Di hari ini juga Coca-Cola Foundation meluncurkan buku “Meraih asa lewat literasi”.

Rangkaian acara lainnya, tepatnya di Plaza Mall Ambarukmo perpuseru juga mengadakan festival lapak perpuseru.  Perpustakaan daerah menampilkan produk-produk UKM penerima manfaat dari perpustakaan berbasis IT yang menjadi program andalan perpuseru.

Bagi kami dari desa Binaan Perpuseru tentu sangat senang mengikuti kegiatan positif seperti ini. Perhatian terhadap dunia literasi, khususnya pengembangan perpustakaan desa terus dilakukan. Demi terciptanya rasa cinta terhadap dunia membaca dan dampak positif lainnya.

 

Ditulis Oleh Abdun Nasir

Dari Pemuda Laskar Sampah, Sukaraja, Sukabumi

3 thoughts on “Puncak Kegiatan Bersama Desa Binaan Perpuseru di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.