Pentingnya Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI Agar Tidak Mengadu Nasib di Negeri Orang Lagi

Pelatihan wirausaha bagi eks TKI Cijati, Cicantayan Sukabumi

Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI membuat mereka memiliki pengetahuan dalam usaha dan berpotensi memperoleh penghasilan secara mandiri.

Kedusunan Cijati, Desa Cicantayan bekerja sama dengan KKBM (koperasi kelompok buruh migran) SADULUR SUKABUMI, P4TKI SUKABUMI dan BP3TKI Bandung menyelenggarakan pelatihan wirausaha TKI PURNA tahun 2108. Pelatihan tersebut dihadiri 25 orang peserta ya g berasal dari kedusunan Cijati.

Kegiatan Postif Bagi Warga Eks TKI di Kedusunan Cijati, Cicantayan, Sukabumi.
Kegiatan Postif Bagi Warga Eks TKI di Kedusunan Cijati, Cicantayan, Sukabumi.

Pelatihannya diselenggarakan mulai tanggal 26 November -1 Desember 2018. Acara dimulai Pukul 07.00 -16.00 Wib yang diadakan di gedung serbaguna Cijati, Cicantayan. Kegiatan pelatihan tersebut memberikan materi kewirausahaan dengan narasumber dari berbagai instansi, antara lain; Dinas Kesehatan, Bursa efek jakarta, BNI46, dll. Diakhir pelatihan wirausaha kuliner yang berbahan dasar tepung mokaf (tepung singkong) dan buah manggis (sirup dan selai),

Tujuan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang peluang usaha bagi para eks TKI, agar mereka tidak lagi berangkat bekerja ke Luar negeri. Sehingga, bisa membuat usaha berbasis rumah tangga dan menghasilkan uang secara mandiri.

Baca juga: Nikmatnya Mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Bagi Sabumi Volunteer

Giat Berusaha Setelah Pelatihan Wirausaha Eks TKI di Kedususan Cijati, Cicantayan, Sukabumi

Produk Pelatihan Eks TKI.
Produk Pelatihan Eks TKI.

Peserta platihan dibentuk dalam satu kelompok usaha bernama MAMOCA. Nama usaha tersebut sekaligus menjadi label produksi, dan sudah siap untuk memenuhi pemesanan dari para pembeli. Produknya tidak kalah cantik dari penjualan makanan yang terdapat di supermarket.

Salah satu peserta yang merupakan ketua kelompok mengatakan, “Saya sangat senang dengan adanya pelatihan di kedusunan Cijati ini. Kegiatan seperti ini sangat membantu kami dalam wirausaha.” Baginya pelatihan tersebut memberikan kesempatan terbaik dan akan berupaya menjalankan usaha dengan baik.

Produk Momoca Siap di Pasarkan di Sukabumi dan Ke Luar Kota
Produk Momoca Siap di Pasarkan di Sukabumi dan Ke Luar Kota

Sementara, peserta laiannya bernama Heri Arjana mengungkapkan, “Saya senang sekali dengan adanya Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI ini karena begitu banyak ilmu yg kami dapat. Sebelumnya saya sama sekali tidak tahu dan menjadi peluang emas bagi saya.” Para peserta tampak senang karena berbagai pihak peduli terhadap nasib eks TKI.

Sama halnya dengan Lili Solehudin yang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu warga kedusunan Cijati. Baginya pelatihan kewirausahaan diharapkan dapat membuat warganya dapat hidup mandiri. Sheingga, warga yang mengikuti pelatihan wirausaha eks TKI enggak untuk berangkat menjadi tenaga kerja di luar negeri kembali.

Baca juga: Bedah Desa Bencoy Sukabumi oleh Mahasiswa Universitas Trisakti

“Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI ini sebagai antisipasi bagi warga yang mau pergi ke luar negeri. Saya akan mencari dan mengusulkn pelatihan lain untuk warga saya. Saya bahagia melihat mereka senang,” Tutur Lili Solehudin, Kepala dusun Cijati..

Pelatihan Wirausaha Bagi Eks TKI menjadi kabar baik bagi perangkat Dusun dan Desa, karena mengurangi beban mereka dalam mengurusi warganya yang pergi berkerja ke luar negeri. Warga bisa hidup mandiri berdasarkan usaha yang dikembangkan dan dapat menjadi produk lokal yang dipasarkan secara luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.