Menanamkan Nilai Kepedulian Kepada Siswa dan Lulusan dari TK Alam Cerdikia Al-Insani

TK Alam Cerdikia Al-Insani. Foto : Sabumi Volunteer.

Selasa, 10 juli 2018, Sabumi Volunteer diundang untuk melihat acara kenaikan kelas perdana sekolah TK Alam Cerdikia Al-Insani. Lokasinya berada di Kampung Pangkalan, Desa Pada Asih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Acara dikemas dengan sangat sederhana, namun sangat menghibur sekali. Terutama bagi para siswa/siswi didik serta wali murid yang turut hadir mendampingi putera dan puteri mereka.

Dari mulai pawai kendaraan hias, pentas seni tari modern, tari tradisional, teater, pembacaan puisi, do’a, shalawat,  dan pidato di tampilkan oleh siswa. Ada pula pentas seni tradisional Angklung Buhun serta dan ditutup oleh pentas seni Karinding Gunung Sunda KARRETA.

Baca juga : Buku Gratis untuk Anak Sekolah di Pelosok Sukabumi

TK Alam Cerdikia Al-Insani Telah Berdiri Selama Satu Tahun

Keterlibatan Komunitas Dalam TK Alam Cerdikia Al-Insani. Foto : Sabumi Volunteer.
Keterlibatan Komunitas Dalam TK Alam Cerdikia Al-Insani. Foto : Sabumi Volunteer.

Sekolah TK Alam Cerdikia telah berdiri dan resmi beroperasi selama satu tahun. Saat ini, memiliki jumlah anak didik sebanyak 14 orang, tiga orang tenaga pengajar dan satu orang kepala sekolah.

Pada tahun ajaran pertama ini, sekolah berhasil meluluskan 5 orang murid, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Serta mempunyai sembilan siswa yang masih harus melanjutkan pendidikan ke tahapan selanjutnya.

Menurut Den Aslam (seniman), selaku Director berbagai program di Kampung Pangkalan, TK Alam Cerdikia Al-Insani merupakan wujud kepedulian rekan-rekan semua terhadap dunia pendidikan.

Dari hasil berbagai kegiatan, donasi, dan kerjasama berbagai pihak, anak-anak tidak perlu membayar biaya pendidikan sepeser pun.

Semua biaya disubsidi dari berbagai program komunitas, seniman, aktivis, mahasiswa dan para donatur yang tergerak selama ini. Hasilnya dapat menyediakan pendidikan gratis untuk masyarakat.

Acara Kenaikan dan Kelulusan diadakan dari pagi hingga menjelang malam turut pula dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan. Pengelola sekolah mengundang perangkat desa, babinsa, komunitas dan mahasiswa serta para tokoh masyarakat setempat.

Ada pula kegiatan pemberian beberapa  macam donasi dari perwakilan para mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sukabumi ( UMMI ) yang tergabung dalam group paduan suara PSM Sinfonia, Coropac (Contemporary Performing Arts On Campus).

Pihak sekolah juga mengadakan kegiatan santunan kepada para jompo yang dilakukan langsung oleh para siswa dan siswi sekolah tersebut.

Baca yuk : Piknik Asyik di Sukabumi Ala Sabumi Volunteer

Siswa Diajarkan Peduli Kepada Sesama dan Para Jompo  

Rangkaian Acara dan Kenaikan Kelas. Foto : Sabumi Volunteer.
Rangkaian Acara dan Kenaikan Kelas. Foto : Sabumi Volunteer.

Di TK Cerdikia Al-Insani, anak-anak diajarkan menjadi humanis. Nilai yang ditanamkan adalah rasa kepedulian terhadap sesama dan para orang tua atau kaum jompo.

Caranya dengan mengajarkan anak-anak menabung untuk memberi bantuan terhadap sesame dan para jompo. Hal tersebut tentu sangat menarik, karena santunan dikumpulkan oleh anak-anak.

Anak-anak diajarkan untuk menyisihkan sepertiga hasil tabungan mereka selama satu tahun untuk disumbangkan. Nilai pembelajaran menabung untuk membantu orang lain tentu patut diapreasiasi, karena jarang sekali dikenalkan di lembaga sekolah lain.

Anak-anak tidak hanya diajarkan menabung, melainkan juga menjadi seorang dermawan. Gerakan gemar menabung tersebut, sekaligus mengajarkan anak-anak untuk berjiwa besar. Lala, dapat melahirkan rasa kepedulian sosial kepada para jompo serta kepada keluarga yang kurang mampu di lingkungan tempat belajar mereka.

Dede Rizal, S.Pd., sebagai ketua Yayasan Cerdikia Al-Insani menjelaskan sietem tabungan tersebut sengaja diterapkan kepada seluruh siswa. Tujuannya, anak-anak diharapkan tumbuh besar dan memiliki dasar kepedulian dan kepekaan sosial ketika berada di tengah masyarakat.

Anak-anak memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi lingkungan tempat tinggal di sekitarnya.

Pola pembelajaran dengan rasa kepedulian sejak usia dini menjadi langkah awal bagi kehidupan anak-anak yang menyelesaikan pendidikan di TK Alam Cerdikia Al-Insani. Semoga mereka menjadi anak-anak tangguh dan siap bersaing dengan di dunia luar.

Seperti cita-cita banyak pihak, anak-anak dari kampung, desa, terutama daerah pelosok Sukabumi. Mereka juga mampu terus melanjutkan dan menempuh pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

Setelah kemampuan terasah dan pengetahuan semakin tinggi, kelak mereka bisa membangun kampung mereka sendiri. Harapan tersebut tentu menjadi doa munculnya generasi berpendidikan mumpuni dari Kampung Pangkalan.

 

Ditulis Oleh : Iponk

Dari Sabumi Volunteer

2 thoughts on “Menanamkan Nilai Kepedulian Kepada Siswa dan Lulusan dari TK Alam Cerdikia Al-Insani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.