Lomba Barista Sukabumi, Demi Melestarikan Kopi Lokal Sukabumi

Peserta yang hadir dalam Lomba Barista Sukabumi
Peserta yang hadir dalam Lomba Barista Sukabumi

Bagi saya cukup menyenangkan menjadi salah satu juri dalam Lomba Barista Sukabumi. Apalagi tujuannya demi melestarikan kopi lokal dari Sukabumi sebagai daerah penghasil kopi sejak era kolonial.

Kamis, 8 November 2018, lomba Barissta Sukabumi diadakan di Cafe Alegra Jalan suryakencana no.89 Sukabumi. Para pecinta kopi pun se-Sukabumi pun berkumpul di sana.  Dari pencicip, penikmat, hingga para barista handal pun ikut nimbrung untuk mengikuti perhelatan acaranya.

Baca juga: Bumi Kopi, Langkah Awal Kebangkitan Kopi Sukabumi

Ajang Unjuk Kemampuan Meracik Kopi Dalam Lomba Barista Sukabumi

Jempol Buat Para Barista Sukabumi
Jempol Buat Para Barista Sukabumi

Lomba Barista Sukabumi ini diikuti oleh 24 peserta barista yang mewakili dari dari berbagai cafe atau kedai kopi di Sukabumi. Segala kemampuan mereka tunjukkan.

Adapun kategori yang dilombakan dibagi 3 babak:

  • Babak Pertama yaitu membuat minuman dingin dengan bahan dasar kopi, dari babak 1 dipilih 12 besar pemenang.
  • Dilanjutkan, Babak Kedua yaitu meramu minuman panas berbahan dasar kopi. Dari tahap ini dipilih 6 orang peserta yang masuk di babak final.
  • Dan Babak final, para barista harus membuat minuman berbahan dasar kopi tanpa gula, cream dan susu.

Kalau menurut saya kemampuan para peserta dalam lomba barista Sukabumi cukup mumpuni. Racikan kopinya bisa diacungi jempol. Sebagai pecinta kopi, saya bisa bilang MANTAP… Bagi Saya ajang perlombaan seperti ini selayaknya sering dilakukan untuk lebih mengenalkan dunia kopi Sukabumi ke mata dunia. Jadi bukan hanya dinikmati segelintir orang di Sukabumi saja. Kalau bisa baristanya pun ikut pula lomba ke luar daerah, kalau bisa sampai ke luar negeri sambil mengenalkan Kopi Sukabumi.

Pada kesempatan ini, saya mewakili Sabumi Volunteer sebagai salah satu dari 3 juri yang ditunjuk. Juri lainnya sudah pasti yahud dalam dunia kopi, yaitu Mas Edwin dari Kopi Kunjung dan Papam dari Independent Coffe Lover. Cinta mereka terhadap kopi tiada banding.

Baca juga: Berkumpulnya Relawan Trashbag Community: Mau Sampai Kapan Memungut Sampah di Gunung?

Dari hasil loba barista Sukabumi tersebut peserta yang keluar menjadi pemenang adalah seorang barista wanita dari Kedai Kopi 35. Top pisanlah pokoknya.

Acara ini terselenggara atas kerjasama berbagai pihak, diantaranya Sari Sukabumi Ngopi, Alegra Cafe, Bicofeebar, Red Canon Roastery, Brewtherhood, Alegra Cafe dan masih banyak yang lainnya. Pokoknya keterlibatan semua pihak harus diapresiasi. Selebihnya, saya dari perwakilan Sabumi Volunteer yang isinya para hantu penikmat kopi mengucapkan terima kasih ditunjuk sebagai salah satu juri. Semoga kegiatan positif seperti ini sering diadakan di Sukabumi.
Salam dari Penikmat Kopi Sukabumi
Denden Sabumi
Demi Melestarikan Kopi Lokal Sukabumi 

1 Trackback / Pingback

  1. Pengalaman Relawan Literasi Sabumi Volunteer Ke Daerah Pelosok, Dari Merasakan Perihnya Mendistribusikan Buku Hingga Merasakan Perjalanan yang Menyenangkan - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.