Donasi Al Quran dari Hijabers Mom Community Sukabumi: Masih Banyak Orang baik di Sekitar Kita

donasi Al quran hijabers mom community Sukabumi
donasi Al quran hijabers mom community Sukabumi

Sabumi Volunteer selalalu percaya masih banyak orang baik di sekitar kita, salah satunya Hijabers Mom Community Sukabumi. Komunitas ibu-ibu berhijab Sukabumi tersebut menyumbangkan Al-quran untuk anak- anak di majelis dan Madrasah Daruttauhid di Kampung Cibuluh, Desa Bantar Sari, Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi.

Kami mengucapkan terima kasih untuk Hijab Mom Community (HMC) yang telah turut serta berpartisipasi dalam program Sukabumi Mengaji Sabumi Volunteer.

Baca juga: Potret Kegiatan Relawan Literasi Sukabumi Sabumi Volunteer

Terima Kasih Hijabers Mom Community Sukabumi Membantu Mengatasi Persoalan Minimnya Sarana Pendidikan di Pelosok Sukabumi

Pada bebeapa kegiatan Sabumi Volunteer yang telah dilakukan, kami sering kali menemukan lokasi dan persoalan baru terkait masalah sarana pendidikan di Sukabumi. Masalah pendidikan yang kami maksud ditujukan kepada lembaga pendidikan formal  dan lembaga pendidikan agama yang sering jauh pasak daripada tiang.

Pengelola sarana pendidikan agama sering begitu bersemangat membuat kegiatan-kegiatan membaca Al Quran. Namun, kitab suci Al Quran  pun mereka tak punya atau sudah rusak dimakan zaman. Sehingga, anak-anak membaca kitab yang sudah lama yang sebagian lembarannya telah hilang. Sementara, untuk membeli Al Quran mereka tak mampu dan meminta donasi tak tahu harus meminta ke mana.

Setelah melakukan kegiatan di Cibuluh sepekan sebelum tulisan ini dirilis, Sabumi Volunteer melakukan kegitan bersama Sama Sama Indonesia (komunitas yang juga konsen terhadap masalah pendidikan). Lalu, kami menemukan lokasi sekolah baru yang juga membutuhkan bantuan.

Sarana pendidikan pelosok Sukabumi tersebut adalah MD dan Pengajian Daruttauhid. Lokasinya di Kampung Cibuluh, Desa Bantarsari, kecamatan Pabuaran, kabupaten Sukabumi. Dari obrolan demi obrolan, pengelolanya ternyata sangat membutuhkan Al Quran. Karena kondisi Al Quran yg ada di Pengajian Daruttauhid sudah sangat lapuk dimakan usia.

Pengajian tersebut memiliki santri yang mengaji sekitar 35 orang. Sarana pengajian yang dikelola Haji Edi tersebut masih menggunakan kitab lama dengan kondisi yang kurang layak. Belia membuat kegiatan pengajian di rumah dengan ruangan yang khusus untuk kegiatan pengajian.

Baca juga: Berkumpul Bersama Teman, Melihat Anak Berlari-Larian, dan Baca Buku Di Taman Cisaat Sukabumi

Membuat Kegiatan Pengajian untuk Mengusir Sepi

Ada cerita singkat dari latar belakang kenapa Haji edi membuat kegiatan pengajian di rumahnya. Alasannya adalah untuk mengusir sepi. Selepas menikah Haji Edi belum memiliki keturunan. Sementara, ingin rumahnya dihiasi tawa kecil dari anak-anak.

Maka, dibuatnya kegiatan pengajian tersebut, agar suasana rumahnya ramai oleh kegiatan anak-anak. Beliau pun mendapuk dirinya sendiri sebagai guru yang mengajar kegiatan mengaji. Sebagian besar saran kegiatan pengajian ditanggungnya sendiri dan masih berjalan hingga sekarang.

Namun, beriring waktu sebagian sarana telah rusak, seperti Al Quran, karpet dan papan tulis. Sabumi Volunteer ingin sekali membantu menyediakan sarana pendidikan yang telah rusak tersebut. Alhamdulillah, Hijabers Mom community Sukabumi menjawab kebutuhan tersebut dengan menyumbangkan puluhan Al Quran melalui Sabumi Volunteer.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tips Tiga Kata Persahabatan ala Sabumi Volunteer: Sapa, Salam dan Terima Kasih - Sabumi Sukabumi
  2. Misi Tak Mudah Mudah Distribusi Donasi Al Quran dan Bantuan Lainnya ke Pelosok sukabumi - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.