Bedah Desa Bencoy Sukabumi oleh Mahasiswa Universitas Trisakti

Bedah Desa Bencoy Sukabumi

Salah satu dari Tri Dharma Perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat dan mahasiswa Universitas Trisakti mengadakan bedah Desa Bencoy Sukabumi yang letaknya di Kabupaten Sukabumi.

Mereka ingin melihat kondisi kesejahteraan masyarakat dan ingin langsung terjun untuk membantu, mendengar keluh kesah warga Desa Bencoy. Semua masyarakat yang terlibat dalam kegiatan bedah desa pun merasakan kehidupan yang di alami.

Kegiatannya sendiri digagas oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti . Ide kegiatan ini dilakukan untuk membantu dan saling menggunakan ilmunya untuk pembangunan masyarakat di perdesaan.

Baca juga: Anji dan Deddy Corbuzier Geram Lihat Content Sampah Di Youtube

Bedah Desa Bencoy Sukabumi: Dari Pengenalan Pajak Hingga Memberi donasi buku dan Baju

Ramahnya Warga Desa Bencoy Sukabumi
Ramahnya Warga Desa Bencoy Sukabumi

Kegiatan Bedah Desa diadakan di Cireunghas, Desa Bencoy, Sukabumi pada 28-30 September 2018. Ada beberapa kegiatan bedah Desa Bencoy Sukabumi , antara lain:

  • Pengenalan pajak.
  • Daur ulang bahan bekas.
  • Acara api unggun.
  • Penyerahan buku dan baju.

Hari pertama, kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan pajak dan memberi tahu mendaur ulang barang bekas agar bisa bermanfaat kepada masyarakat Desa Bencoy.

Kegiatan Mahasiswa Trisakti di Sekolah Dasar.
Kegiatan Mahasiswa Trisakti di Sekolah Dasar.

Dilanjutkan hari kedua, panitia dibagi menjadi dua untuk mendatangi dua sekolah SD dan MI. Para mahasiswa memberikan edukasi materi anti rokok dan narkoba. Agar kegiatan menariak, anak-anak diajak untuk mengadakan games dan juga memberi edukasi hidup sehat.

Kegiatan Penanaman Pohon Hidroponik Bersama Masyarakat.
Kegiatan Penanaman Pohon Hidroponik Bersama Masyarakat.

Setelah kegiatan dari SD dan MI, mereka pun memberikan pengenalan cara bercocok tanam metode Hidroponik dan memberikan bibit ikan. Malam harinya, mahasiswa mengadakan acara api unggun bersama warga desa agar lebih akrab dan mengenal lebih dalam kondisi kehidupan warga Desa Bencoy.

Baca juga: Gaya Literasi Klasik Surat Kabar Mulai Pudar Dimakan Zaman

Pada hari ketiga atau hari terakhir, mahasiswa membuat acara penyerahan buku dan baju kepada warga Desa Bencoy serta pemberian plakat kepada warga yang telah membantu dan mendukung acara bedah desa. Tidak lupa diadakan foto bersama sebagai kenangan-kedangan selama tiga hari di Desa Bencoy.

Dari kegiatan tersebut, mahasiswa berhadap mudah mudahan acara “bedah desa” bisa bermanfaat. Meskipun masih terdapat banyak kekurangan dalam melakukan kegiatannya.  Kegiatan tersebut akan menjadi pelajaran agar kedepannya acara bedah desa bisa berkembang lebih baik lagi dan bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Aaminnn…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.