Anak-Anak Rumah Baca Bambu Biru Bangga Menjadi Juara Ketiga Lomba Egrang Tingkat Jawa Barat

Lomba Egrang Tingkat Jawa Barat

Saya sebagai Ketua Pengelola Rumah Baca Bambu Biru sangat senang sekali mendengar kabar anak-anak Juara Ketiga Lomba Egrang Tingkat Jawa Barat.

Apalagi lomba tersebut merupakan ajang Invitasi Olahraga Tradisional ke VIII Para Pelajar SD/MI. Lomba yang di gelar 7-8 Agustus yang berlokasi di Swiss-Belinn Karawang yang di ikuti oleh kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Anak-Anak dari Kampung cibiru bisa terlibat dalam perlombaan difasilitasi oleh Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Sukabumi.

Baca juga : Komunitas Egrang Sukabumi, Mengenalkan Permainan Tradisional Egrang

Mengikuti Lomba Egrang Tingkat Jawa Barat dengan Latihan Keras

Foto Bersama Atlit FORMI Kabuptaen Sukabumi
Foto Bersama Atlit FORMI Kabuptaen Sukabumi

Kemampuan bermain egrang memang sudah menjadi keseharian dari anak-anak dari Kampung Cibiru, Desa Cicantayan, Sukabumi. Mereka memiliki perkumpulan dengan Nama Komunitas Egrang Sukabumi yang disingkat Korang Bumi.

Komunitas yang tidak juga mengenalkan permainan tradisional lainnya tersebut menjadi wadah kegiatan anak-anak. Mereka menjadikan permainan tradisonal menjadi permainan sehari-hari. Bahkan, Kampung Cibiru sudah disematkan menjadi kempaung Egrang sejak Tahun 2016.

Menyadari potensi kemampuan anak-anak di Kampung Cibiru, FORMI Sukabumi mengajak anak-anak dari Korang Bumi terlibat dalam perlombaan permainan tradisional, salah satunya lomba egrang tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Karawang.

Sehingga, anak-anak menjadi atlit yang diutus oleh Dinas, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi.

Perlombaan yang diikuti antara lain cabang olahraga Egrang, dagongan, tarumpah, hadang dan sumpit. Dari semua jenis perlombaan, Atlet Egrang Sukabumi dari Korang bumi Kampung Cibiru, Cicantayan yang berhasil menyabet juara III.

Keberhasilan ini berkat perjuangan latihan yang keras, dukungan yang kuat dari pemerintah kabupaten sukabumi. Semua masyarakat juga mendoakan kemenangan tersebut, khususnya Kampung Cibiru Cicantayan.

Persiapan lomba dilakukan setidaknya 3-4 minggu sebelum hari perlombaan. Anak-anak dilatih dengan keras dalam waktu singkat meliputi teknik, kecepatan, dan kekuatan dalam olahraga permainan tradisional.

Baca juga : Pertanyaan Ngeselin Wartawan Saat Gempa, “Bagaimana perasaan Ibu?”

Terima kasih Ibu Nunung dan FORMI Kabupaten Sukabumi

Pembukaan Invitasi Olahraga Tradisional ke VIII Para Pelajar SD/MI
Pembukaan Invitasi Olahraga Tradisional ke VIII Para Pelajar SD/MI

Ajang olah raga yang di selenggarakan oleh Komite Olahraga Tradisional Indonesia(KOTI) bisa menjadi pendorong atlet daerah untuk lebih serius dalam latihan. Apalagi sambil melestarikan permainan tradisional yang ada di indonesia agar bisa lestari dan terus dimainkan oleh generasi muda.

Sebagai pengelola Rumah Baca Bambu Biru dan Korang Bumi dari Kampung Cibiru Cicantayan kami mengucapkan beribu-ribu terima kasih. Terutama ditujukan secara special kepada Ibu Nunung Widianingsih yang telah melatih kami selama satu bulan di Kampung egrang Cibiru, Cicantayan.

Tidak lepas pula rasa terima kasih kepada FORMI kabupaten sukabumi di bawah naungan DISPORA. Anak-anak bisa menjadi juara ke tiga dalam kategori lomba egrang tingkat Jawa Barat. Semoga apa yang dicapai akan menjadi semangat bagi anak-anak di Kabupaten Sukabumi.

 

Ditulis Oleh Pibsa, Sebagai Wujud Syukur dan Terima Kasih Kepada Formi Kabupaten Sukabumi.

Dari Pengelola Rumah Baca Bambu Biru dan Komunitas Egrang Sukabumi (Korang Bumi).

2 thoughts on “Anak-Anak Rumah Baca Bambu Biru Bangga Menjadi Juara Ketiga Lomba Egrang Tingkat Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.