Dukung Kegiatan Sabumi Volunteer
Kabar Indonesia

Tidak Menggunakan Kantong Plastik Untuk Daging Kurban, Good Bener Atau Ga Bener Nih?

Perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban sudah semakin dekat, pemerintah daerah mulai membuat seruan tentang pemotongan hewan sampai tidak boleh menggunakan kantong plastik untuk daging kurban. Pemimpin Daerah yang memerintahkan tidak menggunakan kantong plastik adalah Anies Baswedan.

Aturan tersebut tertuang dalam seruan Gubernur DKI Jakarta No. 4 Tahun 2019. Tentang Pemotongan Hewan dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1490 H / 2019 M. Kenapa ya sang gubernur membuat aturan tidak boleh menggunakan kantong plastik hitam atau kantong sekali pakai?

Seruan Gubernur Anies Baswedan Sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Anies Baswedan rupanya tidak asal membuat seruan dan sesuai dengan Fatwa MUI No. 47 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Pemerintah DKI Jakarta menyerukan kepada Panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik hitam atau sekali pakai untuk wadah daging kurban. Wadah yang digunakan disarankan yang ramah lingkungan. Selain itu, orang yang berhak mendapatkan daging kurban juga dapat membawa wadah sendiri dari rumah.

Dari aturan tersebut, Gubernur Jakarta tampaknya tak ingin pemotongan hewan kurban malah menimbulkan sampah plastik yang dapat merusak kondisi lingkungan. Tempat pemotongan dan lingkungan penampungan hewan kurban juga diserukan agar selalu dijaga kebersihannya.

Baca juga :

KEMARAHAN DAN EMOSI YANG MELEDAK-LEDAK MEMBUAT TUBUH RENTAN GANGGUAN KESEHATAN

CUMA MAIN TERUS YA DI SEKOLAH ALAM, EH KATA SIAPA TETAPI ADA BENARNYA JUGA

Bisa Kok Sediakan Wadah Bukan Plastik untuk Daging Kurban

Wadah daging kurban memang sebaiknya yang ramah lingkungan. Soalnya, sampah plastik hitam atau sekali pakai sering terbuang begitu saja. Parahnya lagi, kalau sampah plastik dibukan ke aliran selokan dan sungai. Maka bisa membuat mampet saluran air.

Bagi kamu panitia kurban bisa menyediakan beberapa wadah buat daging kurban yang ramah lingkungan sesuai seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Beberapa wadah alternatif ramah lingkungan untuk hewan kurban, antara lain:

  1. Daun Pisang.
  2. Daun Jati.
  3. Keranjang dari bahan bambu.
  4. Membawa wadah mangkok dari rumah.

Kalau edukasi penggunaan wadah non plastik dilakukan dan diserukan kepada orang yang berhak menerima daging kurban mungkin saja mereka mengerti. Jelaskan pula penggunaan kantong plastik tidak baik dan dapat merusak kondisi lingkungan. Wah Benar Enggak Nih!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close