Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
kabar indonesia

Selama ini, Dana Haji Ternyata Digunakan untuk Hal ini

Sabumiku.com || Jadi Dana Haji Dikelola oleh Siapa?

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Sebentar lagi bulan Idul Adha dan akan banyak yang pergi beribadah ke tanah suci, namun tahukah kamu dana haji ternyata digunakan untuk apa dan siapa yang mengelolanya?

Selama ini, ada banyak isu yang mengatakan kalau dana haji akan digunakan untuk infrastruktur. Bahkan Pemerintah sering menyinggung persoalan tersebut. Lalu benarkah Demikian

Dana Haji Ternyata Digunakan untuk Investasi Seperti ini

Tahukah kamu, dana haji di kelola Badan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). BPKH adalah lembaga yang mengelola keuangan haji yang digunakan untuk penyelenggaraan haji. Keuangan haji dikelola berdasarkan prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan dan akuntabel.

Uang yang disimpan digunakan untuk meningkatkan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, rasionalitas dan efisiensi penggunaan BPIH. Manfaatnya ditujukan demi kemaslahatan umat Islam.

Hingga April 2019, BPKH mengelola sampai sekitar Rp115 triliun dan mengalami peningkatan jumlah sebesar Rp 10 triliun selama setahun.

Bagi Anda yang bertanya-tanya, dana sebesar itu digunakan untuk apa sih? Apakah seperti isu selama ini yang dipakai untuk infrasturktur? Oh ternyata tidak. Dana haji memang benar digunakan untuk investasi, namun ditempatkan dan diinvestasikan dalam instrumen keuangan syariah.

Sehingga, jangan bimbang dan ragu tentang penggunaan keuangan haji. Dana yang disimpan diperkiraan mempunyai nilai manfaat sebesar Rp7,3 Triliun dan digunakan untukbiaya operasional haji tahun 2019.

Baca juga: 

Ayah Wakil Walikota Tidore, Anak Kok Kuli Bangunan

Video Bestral Motor Listrik Penarik Kursi Roda Karya dari Sukabumi

BPKH Mendukung Pembiayaan Haji untuk Kuota 10 ribu Jamaah Haji Tambahan

Sejak diumumkan penambahan kuota 10 ribu jamaah haji, BPKH mendukung biaya haji dengan efisiensi pengadaan Saudi Arabia Riyal (SAR) senilai Rp65 miliar; dan optimalisasi nilai manfaat Rp55 miliar.

Anggito Abimanyu, sebagai Kepala Pelaksana BPKH mengaskan dana haji kecukupan dan aman. Informasi yang perlu Anda ketahui bahwa, tidak ada satu rupiah pun dana haji dipakai untuk kepentingan pembangunan infrastruktur.

Nah, Agar Anda ketahui BPKH mengelola keuangan haji terdiri dari penerimaan, pengembangan, pengeluaran, dan pertanggungjawaban Keuangan Haji. Bagaimana, apakah Anda masih bertanya-tanya soal penggunaan dana haji?

Pemerintah akan berhati-hati untuk membuat kebijakan instrumen keuangan. Apalagi menggunakan dana haji yang isunya sangat sensitif.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close