Bacalah Panduan Penumpang MRT Jakarta ini Biar Enggak Dibilang Kampungan

Panduan Penumpang MRT Jakarta. Foto: https://www.instagram.com/mrtjkt/
Panduan Penumpang MRT Jakarta. Foto: https://www.instagram.com/mrtjkt/

Kamu enggak mau kan disebut kampungan naik moda transportasi raya, maka dari itu bacalah Panduan Penumpang MRT Jakarta ini. Biar perjalananmu lebih mudah dan mengerti apa yang harus dilakukan ketika menaiki kereta ke mana pun di Kota Jakarta.

Keberadaan MRT Jakarta diharapkan dapat mengatasi masalah transportasi dan mobilitas para penduduk, terutama para pekerja di Jakarta. Nah keberaaan MRT membuat masyarakat memiliki banyak pilihan moda transportasi. Namun, pengguna sering tidak tahu dengan aturan-aturan atau panduan yang seharusnya di ketahui bersama.

Baca juga: Ngebully Orang Lain Kayak Sudah Tahu Aturan Naik MRT Jakarta Saja!

Panduan Penumpang MRT Jakarta Sebaiknya Kamu Ketahui

Nah Berikut panduan bagi kamu para penumpang MRT Jakarta yang baru pertama kali menaiki atau mau bolak-balik menggunakan MRT Jakarta.

  1. Biasakan merencanakan perjalanan kamu. Jadwal dan peta rute bisa dilihat diwebsite jakartamrt.co.id. Kamu juga bisa install App MRT Jakarta. Rute dan jadwal MRT Jakarta juga disajikan lengkap di aplikasi tersebut. Pastikan kamu memiliki kartu jelajah MRT Jakarta dengan saldo yang cukup untuk melakukan perjalanan. Ada dua kartu Jelajah MRT Jakarta, yaitu kartu MRT single trip dan MRT multi trip. Kartu dapat diperoleh di mesin penjual tiken (vending machine atau di gerai tiket).
  2. Ketahui perkiraan waktu untuk mencapai stasiun tujuan. Perjalanan kereta antar stasiun kira-kira 2-3 menit. Sedangkan ketika jam sibuk, kereta akan tiba setiap lima menit sekali. Jadi kamu bisa memperkirakan perjalanan dari stasiun keberangkatan dengan stasiun tujuan.
  3. Bedakan pintu masuk dan pintu keluar. Kesalahan menggunakan pintu akan menghambar penumpang lain yang sedang terburu-buru.
  4. Saat Anda Anda akan menaiki kereta, dahulukan penumpang yang akan keluar. Naiklah kereta dengan tenang dan tak usah terburu-buru.  Perhatikan juga pintu masuk dan keluar yang telah disediakan. Kalau tidak tertib naik atu turun, kereta bakal terlambat sampai tujuan.
  5. Apabila membawa tas agak besar, jinjinglah untuk memberi ruang bagi penumpang lain.
  6. Ketika berada di dalam kereta duduklah dibangku kosong. Tetapi kosong bukan sembarang kosong, jangan duduk di kursi prioritas, karena ada orang yang lebih membutuhkan duduk di sana. Kalau tidak dapat tempat duduk, berdirilah di tengah. Agar tidak mengganggu penumpang lain yang ingin masuk kereta. Sebaiknya jangan pula bersender di tiang, karena mengganggu orang lain yang butuh alat pegangan. Berdirilah menghadap kursi penumpang dan perhatikan kaki orang lain. Jangan sampai menginjak kaki penumpang lain.
  7. Apabila kamu melihat orang yang mencurigakan, laporkan kepada petugas MRT. Penumpang juga berperan sebagai penjaga kenyamanan bersama.
  8. Biasakan antri dengan tertib, agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar. Kebiasaan antri membuat perjalanan menjadi lebih lancar.
  9. Patuhi peraturan dilarang makan dan minum di dalam kereta. Selain itu sampah dibuang di tempat yang tersedia, biar enggak kotor.

Baca juga: Berilah Kesempatan Anak untuk Tidak Menjadi Orang Tuanya

Selain itu ada juga aturan tentang apa boleh atau tidak boleh dilakukan di kereta MRT Jakarta. Bagaimana pun kita harus menjalankan perilaku baik tidak hanya di rumah, tetapi di sarana publik juga, termasuk saat menggunakan MRT.

Sebaiknya Tida Dilakukan Saat Menaiki MRT

  1. Tidak boleh bermain atau berlarian di dalam kereta.
  2. Di eskalator berdirilah di sebelah kiri, dan biarkan orang berjalan di sebalah kanan.
  3. Berhati-hatilah di esklator, agar sendal dan sepatu tidak tersangkut. Sebaiknya pegangan pada rail dan sangat bersender.
  4. Apabila sudah keluar dari pintu masuk/ pintu keluar (tap in/ tap out), segeralah bergerak dan jangan ngobrol dan mengahalangi orang lain.
  5. Berikan bantuan kepada penumpang prioritas seperti, ibu hamil, anak-anak dan lansia.
  6. Tekanlah tombol darurat jika dalam keadaan mendesak dan berbahaya. Ingat jangan mainkan tombol darurat, karena ada sanksi pidana.
  7. Lift yang tersedia di stasiun diutamakan bagi penumpang disabilitas., lansia, orang tua, pembawa kereta bayi, dan membawa barang yang berat.
  8. Dahulukan orang yang keluar dari lift.
  9.  Berkerjasama dengan petugas, jika dilakukan pengecekan.
  10. Tap kartu jelajah sesuai tanda panah masuk atau keluar.
  11. Saat lampu setelah tap kartu menyala hijau, jalanlah masuk atau keluar.
  12. Bagi pengguna kursi roda disediakan gerbang lebar atau wide gate.
  13. Jangan berdirim diri di pintu penumpang, karena dapat menghalangi orang lain.

Demikianlah panduan penumpang MRT Jakarta yang perlu Anda ketahui. Semua penjelasan di atas dapat membantu Anda ketika menaiki Moda Transportas Raya (MRT) di Kota Jakarta.

1 Trackback / Pingback

  1. Yakin Penumpang MRT Jakarta Bisa Antri? - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.