Kalau Ndak Bisa Miras dan Intisari, Kan Bisa Mabuk Rebusan Pembalut Wanita

mabuk rebusan pembalut wanita

Tidak, bukan menyarankan membeli miras dan intisari, tetapi orang tua kudu sadar kalau para remaja sudah mulai mabuk rebusan pembalut wanita. Ndak usah kagetlah, kan beritanya sudah beredar di berbagai media online. Kalau baru tahu, makanya itu hape canggih jangan cuma dipakai buat kepo urusan orang lain. Baca beritanya biar tahu.

Jadi begini, seminggu belakangan terjadi fenomena yang bikin Badan Narkotika Nasional (BNN) mungkin geleng-geleng kepala dan menaruh perhatian khusus. Menariknya, kejadiannya yang katanya terjadi di Jawa Tengah, juga terjadi di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Mabuk-mabukan kok pakai rebusan pembalut? Emang ndak ada minuman lain. Ealah kok malah nyaranin mabuk-mabukan.

Nah, orang tua harus super aktif menyelidik, apakah anaknya sudah mulai mengenal kegiatan mabuk-mabukan bersama teman-temannya. Jangan-jangan baik di rumah tetapi mabuk rebusan pembalut di luar sana. Kabarnya efek dari rebusan pembalut itu bikin efek nge-fly dan menyeramkan loh…

Baca juga: Memahami Pengaruh Pornografi Pada Anak-Anak, Orang Tua Sebaiknya Memperhatikannya

Mabuk Rebusan Pembalut dan Perhatian Orang Tua Terhadap Anak Remajanya

Kalau kata Sitti Himawatty, Komisioner KPAI Bidang Kesehatan dan Napza, menyatakan perkara ini bukan termasuk anyar. Sudah pernah terjadi sebelumnya. Para remaja menggunakan air rebusan pembalut sebagai alternatif untuk ‘nge-fly’. Anak remaja yang uang jajannya belum banyak itu mencari cara lebih murah biar bisa mendapatkan efek memabukkan. Rupanya emang betul, mabuk rebusan pembalut bukan perihal baru, buktinya pernah terjadi di Karawang.

Ingatlah bu-ibu dan pak-bapak, pakai lem juga bisa kok. Banyak tuh, anak remaja yang tak sungkan menunjukkan kegiatan nge-lemnya di pinggir jalan. Kegiatan yang tak bagi bagi kesehatan tersebut ditiru dan digugu oleh teman-temannya. Begitu pula mabuk rebusan pembalut. Dari hasil coba-coba, menjadi bahan alternatif biar bikin kepala sempoyongan dan nge-fly, meski efeknya justru menyeramkan.

Kenapa kok rebusan pembalut bisa membukkan begitu? Dikutip dari detik.com, Dokter Hari Nugroho dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience memberi pernyataan bahwa  mengandung beragam bahan kimia. seperti  chlorine hingga turunan alkohol. Zat tersebutlah yang tampaknya bereaksi pada tubuh peminumnya.

Jadi hati-hati loh wahai ibu-ibu, kalau pembalut Anda habis, jangan-jangan dipakai buat mabuk-mabukan. Dihimpun dari berbagai sumber, keterangan dari para remaja yang pernah meminnya menyebutkan bahwa rebusan pembalut wanita ini digunakan oleh mereka karena mudah memperoleh barang dan harganya murah. Coba, penjual mana yang melarang kalau anak remaja beli pembalut. Ya paling diketawain, kok laki-laki beli pembalut. Padahal, belum pada tahu ya, bisa bikin mabuk-mabukan.

Untuk itu, orang tua sebaiknya berperan aktif memperhatikan lingkungan tempat tinggal. Anak Anda mungkin soleh, tetapi bisa jadi anak tetangga meminumya. Lalu mengajak teman-temannya, hingga mempengaruhi buah hati Anda yang soleh ketika berada di rumah itu. Banyak-banyak baca berita secara onlie, biar tahu kenapa mabuk rebusan pembalut itu bisa terjadi. Sekaligus, menuntut agar pihak terkait peduli dengan gejala mabuk-mabukan yang bikin heboh ini.

Baca juga: Ayo Siskamling Digital! Ayo Adukan Konten Negatif di Dunia Maya

PIhak Dinkes Jawa Tengah Sedang Meneliti Kandungan Rebusan Pembalut

Tidak mau kasus mabu-mabukan yang marak ditemukan di Jawa Tengah kian membuat heboh, pihak Dinkes di provinsi tersebut pun meneliti kandungan dari pembalut wanita. Bagaimana kandungannya, sehingga mengakibatkan efek seperti mengonsumsi narkotika. Pihak Dinkes pun mengecek seberapa buruk dampaknya terhadap kesehatan.

Pihak BNN sudah bergerak dan menemukan kalau kejadian mabuk rebusan pembalut terjadi di Grobogan, Kudus, Pati, Rembang dan Kota Semarang bagian Timur. Para penggunanya pada usia remaja dalam rentang usia 13-16 tahun. BNN. Nah yang bikin sulit untuk menindak pelakukanya, karena air rebusan pembalut belum termasuk zat terlarang.

Jadi kalau pun penggunanya ditangkap, bingung menindaknya, karena belum ada dasar hukumnya. Nah yang paling penting ya kembali lagi, melakukan upacaya pencegahan, agar tidak terus diminum oleh anak remaja. Meski, temuan  sementara kebanyakan anak jalanan yang meminum cairan pembalut tersebut, tetapi ya, sebagai orang tua harus hati-hati, mana tahu anak Anda berteman dengan anak jalanan juga.

One thought on “Kalau Ndak Bisa Miras dan Intisari, Kan Bisa Mabuk Rebusan Pembalut Wanita”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.