Jasa Raharja Akan Membayar Santunan Bagi Korban Kecelakaan Bus dan Transportasi Lainnya

santunan bagi korban kecelakaan bus CIKIDANG

Pihak Jasa Raharja akan memberikan santunan bagi korban kecelakaan bus seperti yang terjadi di Jalur Cikidang Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu. Apalagi sampai menelan korban jiwa dan korban selamat harus membiayai pengobatan yang tidak sedikit.
keluarga yang ditinggalkan atau ahli waris bisa jadi kehilangan kepala keluarga. Tak jarang korban yang meninggal adalah orang yang menjadi tulang punggung yang menanggung biaya kehidupan seluruh anggota keluarga.

Untuk meringankan beban ahli waris dan telah membayar premi dari program asuransi kecelakaan maka korban berhak menerima santunan. Untuk diketahui, ada dua bentuk premi Jasa Raharja, yaitu Iuran Wajib (IW) dan Sumbangan Wajib (SW). Pertama, Jasa Raharja mengutip iuran Wajib kepada penumpang alat transportasi umum seperti kereta api, pesawat terbang, bus dan sebagainya (pasal 3 (1) a UU No.33/1964 jo pasal 2 (1) PP No.17/1965).

Sumbangan kedua merupakan sumbangan Wajib dikenakan kepada pemilik / pengusaha kendaraan bermotor (pasal 2 (1) UU No.34/1964 jo pasal 2 (1) PP No.18/1965). Karena turut membayar premi, pihak Jasa Raharja memiliki kewajiban untuk memberi santunan bagi korban kecelakaan bus atau pengguna transportasi umum lainnya.

Baca juga : Jalur Cikidang Berbahaya Bagi Bus dan Truk

Ketahuilah Jumlah Santunan Bagi Korban Kecelakaan Bus dan Transportasi Lainnya

Proses Klaim Santunan Jasa Raharja
Proses Klaim Santunan Jasa Raharja

Secara teknis, semua penumpang transportasi umum membayar iuran wajib bersama dengan ongkos angkutan sesui tarif karcis. Pengutipan iuran wajib dilaksanakan oleh operator transportasi tersebut. Sedangkan, Sumbangan Wajib dibayarkan secara berkala setiap tahun di kantor samsat ketika mendaftarkan atau memperpanjang STNK.

Sehingga, hak santunan bagi korban kecelakaan bus dan transportasi lainnya harus diberikan dan diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017. Aturan tersebut sebagai landasan tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Ferry/Penyeberangan, Laut dan Udara. Selain itu diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.010/2017 mengenai Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Ada tiga tahap yang bisa dilakukan untuk klaim asuransi Jasa Raharja, yaitu melengkapi formulir yang telah disediakn untuk data diri. Keluarga korban harus memastikan semua bukti klaim lengkap dan sah. Setelah itu dokumennya akan diteliti, lalu proses pengajuan santuan dilakukan oleh pihak Jasa Raharja.

Dikutip dari kumparan.com,  Budi Setyarso sebagai Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Setyarso menjelaskan bahwa pemberian santuan kepada korban kecelakaan atau ahli waris setelah memperoleh data dari Kepolisian. Data biasanya sudah diterima setelah 2-3 jam setelah kecelakaan.

Penerima Santunan adalah Korban dan Ahli Waris Keluarga

Adapun jumlah santuan yang diterima dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.

Jumlah Santunan dari Jasa Raharja
Jumlah Santunan dari Jasa Raharja

Santunan tersebut akan diberikan kepada ahli waris sesuai prioritas antara lain: Janda / Duda yang sah, Anak – Anaknya yang sah, dan Orang Tuanya yang sah. Jika ahli waris tidak ada maka diberikan penggantian biaya penguburan.

Baca juga : Ajaklah Anak Baca Buku Bersama Keluarga

Para korban atau ahli waris keluarga harus memperhatikan hak santunan bisa menjadi gugur/ kadaluarsa. Hal itu terjadi apabila, Permintaan pengajuan lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan dan tidak melakukan penagihan dalam waktu 3 bulan kepada pihak Jasa Raharja

Pemberian santunan bagi korban kecelakaan bus memperhatikan kondisi biaya pengobatan dan beban ekonomi bagi keluarga. Jasa Raharja sebagai pihak yang ditunjuk untuk bertanggung jawab mengelola dana dari premi yang dikutip dari pengguna transportas umum.

 

One thought on “Jasa Raharja Akan Membayar Santunan Bagi Korban Kecelakaan Bus dan Transportasi Lainnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.