Jadwal Kereta Api

Syarat Naik Kereta Api Terbaru Berlaku Mulai 15 Agustus 2022

Syarat Naik Kereta Api Terbaru Berlaku Mulai 15 Agustus 2022. Menteri Perhubungan (Menhub) telah mengeluarkan peraturan perjalanan dalam negeri untuk angkutan kereta api. Aturan akan mulai pada 15 Agustus 2022.

Peraturan ini dimuat dalam Surat Edaran (SE) Nomor 80 Tahun 2022. Aruran sebagai pedoman pelaksanaan perjalanan kereta api dalam negeri selama masa pandemi Covid-19. Sedangkan SE merujuk pada SE Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 2022 Nomor 23 Tentang Pembatasan Perjalanan Nasional Selama Pandemi Covid-19.

Syarat Perjalanan Naik Kereta Api Terbaru 2022

Penumpang berusia di atas 18 tahun  yang melakukan perjalanan jauh dan belum mendapatkan vaksinasi ketiga (keduanya booster) wajib menunjukkan hasil  tes RT-PCR negatif selama 24 jam x 3 kali pada saat boarding.

Ketentuan terpisah berlaku untuk ketentuan perjalanan kereta api anak. Hal yang sama berlaku untuk  kereta api lokal dan kondisi aglomerasi atau jarak pendek.

Berikut syarat naik kereta api jarak jauh untuk usia 18 tahun ke atas adalah sebagai berikut:

  • Vaksin ketiga (booster) tidak memerlukan hasil skrining Covid-19 negatif.
  • Vaksin ke-2 dan ke-1 harus menunjukkan hasil negatif dalam tes RT-PCR 3×24 jam.
  • Tidak divaksinasi/belum divaksinasi karena alasan medis. Surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil tes RT-PCR 3×24 jam harus negatif.

Persyaratan perjalanan kereta api untuk anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 17 tahun adalah sebagai berikut:

  • Hasil skrining Covid-19 negatif untuk vaksin kedua tidak diperlukan.
  • Vaksin pertama harus menunjukkan hasil negatif dalam 1 tes antigen cepat dalam 24 jam atau 3 tes RT-PCR dalam 24 jam.
  • Penumpang tidak perlu divaksinasi setelah kembali dari perjalanan internasional, tetapi Anda harus memiliki tes antigen cepat negatif 1 x 24 jam atau tes RT-PCR 3 x 24 jam.
  • Jika secara medis tidak divaksinasi/tidak divaksinasi, surat keterangan dari rumah sakit pemerintah dan hasil rapid antigen test 1×24 jam negatif atau hasil tes RT-PCR 3×24 jam harus ditunjukkan.

Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun, wajib menunjukkan vaksinasi, tes antigen cepat, atau hasil  RT-PCR negatif. Tetapi harus didampingi orang yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Syarat Naik Kereta Api lokal dan Aglomerasi Terbaru Tahun 2022

Persyaratan lengkap untuk perjalanan kereta api lokal dan aglomerasi adalah:

  • Dosis awal vaksin awal.
  • Penumpang tidak diharuskan memberikan bukti antigen tes cepat negatif atau hasil RT-PCR.
  • Jika belum divaksinasi/telah divaksinasi karena alasan medis, maka harus memberikan surat keterangan medis dari rumah sakit umum.
  • Penumpang di bawah usia 6 tahun tidak perlu divaksinasi, tetapi harus didampingi oleh pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Tidak memenuhi Syarat atau Ditolak Naik Kereta Api Terbaru Berlaku Mulai 15 Agustus 2022

Calon penumpang yang tidak memenuhi syarat naik kereta, akan tidak bisa berangkat dan bisa melakukan pembatalan tiket. Pengguna kereta api yang hasilnya negatif RT-PCR dapat membatalkan tiket.

Pembatalan tiket bisa dilakukan setidaknya paling telat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun. Hubungi Contact Center KAI melalui WhatsApp 08111-2111-121. Demikian syarat naik kereta api terbaru 2022 dan mulai berlaku pada 15 Agustus 2022 untuk perjalanan jarak jauh, lokal dan aglomerasi.

Artikel menarik lainnya: Kereta Api Pangrango Bogor Sukabumi 2022 Harga Tiket Rp 45.000 dan Jadwal Keberangkatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *