Jadwal Kereta Api

Jadwal Kereta Api Cikuray Rute Pasar Senen Garut Bisa Langsung Ke Bandung dan Jakarta

Kereta Api CIkuray Rute Pasar Senen Garut kembali melayani masyarakat yang membuat bisa langsung berpergian ke Bandung dan Jakarta. Hari ini, Kamis (24/3) dilakukan peresmian rute kereta api yang telah lama tidak digunakan sekitar selama hampir 40 tahun.

Sekarang, masyarakat Garut dan sekitarnya dapat segera naik kereta menuju ke Bandung dan Jakarta. Menteri Transportasi, Budi Karya Sumadi, mengatakan kehadiran jalur kereta disambut dengan antusias oleh rakyat Garut dan sekitarnya.

Bahkan, beberapa warga Garut datang untuk berpartisipasi dalam ujicoba ini. Salah satunya adalah seorang ayah berusia 52 tahun yang mengaku terakhir melihat kereta yang melintasi ketika masih sekolah dasar. Dia mengaku sangat menunggu kehadiran kereta di Garut dan memiliki kenangan masa lalu.

Masyarakat Menyambut Positif Kehadiran Kereta Api Cikuray Rute Pasar Senen Garut

Warga yang berpartisipasi dalam Ujocoba ini datang dari beberapa daerah seperti Purwakarta menuju Garut. Kemenhub mengatakan senang melihat banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam ujicoba ini. Mereka mengatakan kagum dengan keindahan panorama di sepanjang jalan Cibatu-Garut.

Kabupaten Garut yang indah bisa dilihat dari kaca jendela Kereta Api sepanjang rute kereta Cibatu-Garut. Bahkan diakui sejak zaman Belanda.

Salah satu kisah legendaris tentang keindahan jalur ini adalah bahwa komedian Charlie Chaplin pernah datang ke Garut dengan naik kereta api. Kabupaten Garut juga dikenal sebagai nama Swiss Van Jawa dengan panorama pegunungan.

Menteri Bumn Erick Thohir menyatakan berterima kasih kepada Menteri Transportasi dan stafnya yang terus mendorong untuk meningkatkan pelayanan kereta api. Apalagi penumpang KA sempat hanya sekitar 15% karena pandemi. Namun fasilitas kereta api Garut tetap ditingkatkan, termasuk untuk KA logistik dan pariwisata.

Pengaktifan kembali jalur kereta api Cibatu-Garut adalah bagian dari rencana pengembangan jaringan dan layanan kereta sebagaimana diatur dalam Rencana Induk Perkerataapian Nasional.

Tarif Kereta Api Rute Garut Senen

Layanan kereta api dari Jakarta langsung ke Garut akan membuat lebih mudah daripada orang-orang yang datang ke Garut untuk melakukan kegiatan ekonomi dan sosial.

  • Harga Tiket kereta KA Cikuray Rute Stasiun Pasar Senen-Garut PP: Rp 45.00
  • KA Lokal Garut Cibatu rute Garut-Purwakarta PP: Rp 14.000.
  • KA Lokal Cibatu-Garut dengan tarif Rp 6.000.

Untuk informasi lebih lanjut, reaktivasi jalur kereta api untuk mendukung dan menghubungkan area strategis Kabupaten Garut. Keberadaan rute ini mendorong masyarakat Garut mulai beralih ke penggunaan transportasi massal seperti kereta api. Hal itu sesuai dengan Gerakan Nasional mendukung Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum.

Rute antar kota akan melayani rute perjalanan ini, termasuk Garut-Pasar Senen, Garut-Padalarang dan Garut-Purwakarta, dilengkapi dengan AC. Sehingga, penumpang lebih nyaman dan pengawasan operasional stasiun untuk tetap terjaga dari sisi keamanan dan kebersihan.

Artikel menarik lainnya: Jadwal Kereta Api Medan Binjai Tahun 2022

Jadwal Pasar Senen Garut

Rute dan Jadwal kereta api Jakarta-Garut KA Cikuray sendiri dioperasikan dengan rute Garut – Pasar Senen PP. KA Cikuray adalah kereta api jarak jauh yang terdiri dari 7 kereta ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk.

Kereta Api Cikuray memiliki 2 waktu keberangkatan sebagai berikut:

  • KA 7047 Garut – Pasar Senen Berangkat Garut pukul 07.05 datang ke Pasar pukul 13.32.
  • Jadwal KA 7048 Pasar Senen – Garut pergi dari Pasar Senen pukul 17.55 datang Garut Pukul 00.53.

Demikian jadwal kereta Jakarta-Garut, terutama keberangkatan KA Cikuray. Ini juga merupakan informasi penting bagi Anda yang mencari jadeal kereta Jakarta-Cibatu-Garut.

Artikel menarik lainnya: Naik KA Bandung Cicalengka Tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *