Tue. Apr 16th, 2024
    Fakta Negara Vanuatu. IG Sumber Foto: vanuatuislandsFakta Negara Vanuatu. IG Sumber Foto: vanuatuislands

    Fakta Negara Vanuatu terletak di Samudra Pasifik Selatan di Oseania sebuah negara kepulauan dengan sekitar 80 pulau kecil. 65 pulau di antaranya memiliki penghuni. Republik Vanuatu adalah bagian dari Melanesia yang merupakan sebuah wilayah di Oseania. Negara terkecil dari lima negara merdeka di Melanesia. Empat negara lainnya adalah Fiji, Timor Leste, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

    Nama Vanuatu berasal dari dua kata Melanesia yaitu vanua yang berarti ‘tanah’ dan tu yang berarti ‘berdiri atau tinggal’. Sebagai simbol kemerdekaan atau merujuk kepada’tanah kami’. Ada beberapa hal menarik yang perlu kita ketahui.

    Fakta Tentang Negara Vanuatu, Baca Dulu Baru Bilang Tidak Suka

    The moment you discover cultures and traditions found nowhere else in the world. Vanuatu
    The moment you discover cultures and traditions found nowhere else in the world. Vanuatu
    1. Hari kemerdekaan Republik Vanuatu dirayakan pada tanggal 30 Juli. Tiga pulau terbesar di Vanuatu disebut Efate, Espiritu Santo dan Malakula. Hanya ada dua kota besar yaitu Port Vila di pulau Efate dan Luganville di pulau Santo. Ibukota Vanuatu disebut Port Vila juga merupakan kota terbesar di negara itu dengan sekitar 53.000 jiwa.
    2. Vanuatu pertama kali dihuni oleh orang Melanesia sejak tahun 2000 SM. Pada abad ke-15, pulau-pulau tersebut dikunjungi oleh berbagai penjelajah dan kemudian dihuni oleh pemukim Inggris dan Prancis.
    3. Penjelajah Inggris James Cook menamai pulau-pulau itu “New Hebrides” pada tahun 1774. Pada abad ke-18 dan 19 para misionaris Inggris dan Prancis menetap di beberapa pulau. Pada tahun 1906, New Hebrides menjadi bagian dari kondominium Anglo-Prancis.
    4. Kepulauan ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1980, berganti nama menjadi Vanuatu dan bergabung menjadi negara Persemakmuran.
    5. Jumlah penduduk sekitar 300.000 orang  dan sebagian besar (82%) orang beragama Kristen. Warganya disebut sebagai Ni Vanuatu atau Ni Van.
    6. Bahasa nasional Vanuatu adalah Bislama, Inggris dan Prancis. Bislama adalah bahasa Creole dan diucapkan oleh semua Ni Van baik sebagai bahasa pertama atau kedua.
    7. Sekitar 300.000 wisatawan mengunjungi Vanuatu setiap tahun. Jumlah kunjungan wisata hampir sama dengan jumlah penduduk mereka! Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Vanuatu berasal dari Australia dan Selandia Baru. Banyak yang datang untuk melihat pemandangan indah, kehidupan pulau tradisional, pantai berpasir dan laguna biru jernih.
    8. Gunung tertinggi di Vanuatu disebut Gunung Tabwemasana dan tingginya 1.879 meter di atas permukaan laut dan berada di pulau Espiritu Santo.
    9. Beberapa pulau memiliki gunung berapi aktif dan sebagian besar berbatu. Salah satu gunung berapi teraktif adalah Gunung Yasur di pulau Tanna.

    Sektor Ekonomi yang Diandalkan di Vanuatu

    Kebanyakan orang di kepulauan Vanuatu bekerja di sektor pertanian. Perikanan dan pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan utama. Vanuatu Adalah Negara yang memiliki hutan hujan yang lebat. Rumah bagi kelelawar kelelawar endemik yaitu flying fox. Ada sekitar 180 spesies burung di Vanuatu.

    Hasil pertanian utama yang dihasilkan berupa buah-buahan tropis seperti nanas dan pisang, kubis, vanili, coklat, kelapa, dan ubi atau talas. Secara ekonomi, negara ini bekerjasama dengan Filipina, Australia dan Amerika Serikat, Rusia, Australia dan Selandia Baru.

    Makanan di sana mencakup berbagai buah dan sayuran. Kelapa dan santan biasanya ditemukan dalam banyak hidangan. Cara memasaknya kebanyakan dikukus atau dimasak di atas api dan jarang digoreng. Lap lap adalah Hidangan khas di Vanuatu.

    Makanan yang dioleh dengan cara dipanggang dengan daun pisang. Cara pembuatannya dari parutan sayuran akar seperti talas dan ubi. Masyarakatnya juga kerap mengonsumsi daging yang dimasak seperti daging sapi atau babi atau ikan.

    Informasi menarik lainnya: Sudah ke Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi, belum?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *