Thu. May 16th, 2024
    Warga Cijati Cicantayan Tersentak Disambar PetirWarga Cijati Cicantayan Tersentak Disambar Petir

    Warga Cijati Cicantayan ketiban apes karena disambar petir. Peristiwa tersebut terjadi pada hari minggu (13/06/2021). Hari Minggu sekira pukul 5 sore, hujan lebat disertai petir saut menyaut dari atas langit. Saat itu, Ade Setiawan warga Kampung Sawahbera RT 03/ RW 05 sedang makan didapurnya.

    Tiba-tiba saja, atap dapur porak poranda dihantam petir danĀ  air hujan pun masuk ke dalam rumahnya. Ade yang kaget bukan kepalang langsung berlari ke dalam rumah. Dirinya tersentak kaget karena terkena samabaran petir ditangan dan punggungnya.

    Istrinya yang mengetahui kejadian tersebut tampak syok. Mereka tidak menduga sambaran petir itu langsung menghujam ke rumah mereka yang reot. Jika dilihat bentuk bangunannya, rumah tersebut sangat layak mendapat bantuan pemerintah.

    Warga Cijati Cicantayan Membantu Tetangganya yang Disambar Petir

    Setelah hujan reda, KetuaRT dan warga membereskan rumahnya yang porak poranda. Sementara korban dilarikan ke Pustu desa CICANTAYAN. Kejadian tersebut segera dilaporkan oleh Kepala Dusun Cijati Lili Solehudin ke Pemerintah Desa, Babinkamtibmas dan Puskesmas. Lalu, karena Puskesmas tutup pada hari minggu, korban dibawa ka bidan desa.

    Kejadian yang baru pertama kali terjadi ini tak pelak sangat mengagetkan warga. Syukurnya tidak ada korban jiwa dan hanya Luka ringan yang dialami pemilik rumah. Ade yang bekerja sebagai buruh batu merah tidak sampai meregang nyawa karena petir.

    Selain terjadi kerusakan rumah, kabarnya kWh listrik beberapa rumah disekitarnya ikut padam termasuk PJU Lapangan Taman Desa Cicantayan.

    Tips BBMKG untuk menghindari tersambar petir ketika Hujan lebat.

    1. Tetap ada di dalam ruang tertutup.
    2. Jangan Sampai bersentuhan dengan logam.
    3. Segera cabut setop kontak.
    4. Sebaiknya menjauh dari jendela.
    5. Sebisa mungkin tidak menyentuh air.
    6. Tidak berada di tempat terbuka.
    7. Jauhi menara, pohon, atau tiang.
    8. Menjaga jarak ketika di tempat terbuka.

    Ingatlah hati-hati ketika hujan lebat disertai petir. Karena energi petir sangat besar dan bisa mengakibatkan kematian. Ada pula rumah yang memasang penangkal petir agar sambaran petir dihantarkan ke tanah untuk menetralisir sengatan listrik.

    Artikel menarik lainnya: Musisi AN Diduga Anji Ditangkap Narkoba

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *