Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Info Lainnya

Baca Buku Melalui Ipusnas Perpustakaan digital Yuk

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Perpustakaan Nasional  Republik Indonesia ternyata memiliki iPusnas perpustakaan Digital dalam bentuk aplikasi. Di situsnya ipusnas.id dijelaskan kalau I PUsnas merupakan platform media sosial yang dapat digunakan sebagai Bookstore dan e-Pustaka.

Aplikasi iPusnas bisa didownload di Playstore, Appstore, dan Microsoft Store. Ipusnas dibuat untuk membangun jaringan pembaca dari jaringan atau komunitas dari para pembaca. Sekaligus, dapat digunakan sebagai e-Reader yang dibaca dalam bentuk eBook.

Karena bisa diunduh dalam Appstore, Playstore, dan Microsoft Store, eBook bisa dibaca melalui desktop dan PC berbasis situs (web-based),  dan netbook. Selain itu, dapat pula ibuka dengan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application).

Baca juga : Tips Cihuy Membangun Brand dengan Media Sosial yang Efektif

Ipusnas Perpustakaan Digital Solusi Membaca Buku Tanpa Keluar Rumah

iPusnas dari Perpustakaan Nasional Negera Indonesia
iPusnas dari Perpustakaan Nasional Negera Indonesia

Kalau dipikir-pikir asyik betul setelah adanya Ipusnas, kamu, Anda, dan saya bisa mengakses buku koleksi perpusnas versi digital.

Modalnya cukup memiliki handphone dan laptop/computer bisa baca buku deh. Tidak harus membeli loh, cukup meminjam saja lewat iPusnas perpustakaan digital.

Bagaimana ya cara mengakses iPusnas. Penulis sudah mencoba aplikasi iPusnas menggunakan handphone android. Ternyata oh ternyata mudah sekali, tinggal buka Playstore, dan ketika iPusnas.

Setelah itu akan muncul sreen iPusnas setelah diinstal di smartphone. Tinggal download dan tak perlu menunggu lama aplikasi telah tersedia.

Mendaftar iPusnas
Mendaftar iPusnas

Lalu, setelah aplikasi iPusnas didownload, pengguna tinggal sign up dengan “connect with facebook”. Setelah tersambung, akan muncul fitur untuk masuk atau mendaftar akun facebook. Email dari facebook yang akan dipakai untuk mendaftar aplikasi  Ipusnas.

Cara lainnya dengan “connect with Email” untuk bisa masuk ke dalam aplikasi iPusnas dengan mamakai alamat Email. Ikutin saja perintahnya, dan taraaaa anda akan terdaftar sebagai anggota iPusnas.

Setelah terdaftar, penulis mencoba meminjam buku yang tersedia dalam koleksi iPusnas. Buku berjudul “Foklor Batak Toba” pun menjadi pilihan pertama. Pilih cover bukunya dan tinggal klik borrow. Lalu, pengguna aplikasi menjadi si peminjam buku.

Meminjam Buku di iPusnas
Meminjam Buku di iPusnas

EBook dibuka, isinya merupakan salinan lengkap dan tidak ada halaman yang terpotong. Jadi, selayaknya pembaca buku biasa, Cuma bedanya baca buku di handphone.

Setelah bosan membaca buku “Foklor Batak Toba”, lalu meminjam buku lainnya berjudil “Be Smart dan Hard Worker”. Buku dipilih lalu klik borrow sebagai tanda pengguna meminjam buku lainnya. Selamat membaca…

Baca juga ini : Jangan-Jangan Anak Kerdil Stunting Salah Satunya Anak Saya

Masih Mau Bikin Alasan Tidak Membaca Buku?

Jadi ya, bagi kamu yang memiliki smartphone gunakan handphone dengan pintar juga ya. Tidak ada alasan lagi tidak membaca, kerena buku mahal. Kan sudah disediakan di iPusnas. Bilang aja, malas membaca. Enggak usah alasan ini-itu.

Aplikasi iPusnas perpustakaan digital sangat bermanfaat, karena buku dengan mudah dibaca tanpa harus beli dan keluar rumah.

Munculnya aplikasi tersebut patut diapresiasi untuk menumbuhkan minat baca anak-anak hingga orang dewasa. Donload aplikasinya mudah dan cara meminjam bukunya dapat dilakukan dalam waktu singkat. Setelah itu, tugas kita tinggal membaca buku saja.

Seperti yang tertera di website ipusnas.id, membaca buku itu mudah kok. Anda, Kamu, dan saya bisa meminjam banyak buku dan berbagi koleksi buku dengan dari genggaman tangan.

Asyiknya lagi, buku digital tersebut bisa dibca kapanpun, di mana pun, dan enggak perlu berat membaca buku kemana-mana.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close