Indonesian Corner

Perpanjang STNK Samsat Keliling Cuma Lima Menit! Juara!

Perpanjang STNK Samsat Keliling itu mudah sekali, enggak perlu ngantri, enggak ribet, dan taraaa 5 menit STNK sudah sudah selesai. Cepat dan mudah sekali.

Ceritanya begini, saya baru ngeh kalau pajak kendaraan tahunan saya sudah mendekati tenggat waktu. Sekitar 11 April, jatuh tempo pembayaran pajak. Sebagai orang yang baru memiliki motor sendiri, karena sebelumnya pinjam mertua. Saya tak tahu prosedur cara perpanjang STNK motor.

Sangkin bingung cara pembayarannya, saya harus googling, tanya teman, dan tetangga bagaimana baiknya pembayaran pajak STNK kendaraan bermotor. Semua bilang, “Gampang sekarang mah pak bayar pajak STNK SAMSAT Keliling Saja.” Betulkah apa yang mereka katakan?

Cara Perpanjang STNK Samsat Keliling Dilayani dengan Senyuman dan Selesai Hanya dalam waktu 5 Menit

Iya serius ini, cuma lima menit loh bayar pajak STNK Samsat Keliling. Pajak STNK tahunan saya terbayar dengan cepat tanpa prosedur yang bertele-tele.

Lalu bagaimana prosedur pembayaran pajak STNK motor tahunan itu? Sebelum saya melakukan pembayaran, saya sudah mengecek prosedur baku melalaui internet. Maksudnya, mencari syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk pembayaran pajak motor tahunan melalui Samsat keliling.

Kalau dicek di internet katanya syarat perpanjang STNK harus menyiapkan foto kopi sebagai berikut:

  1. KTP sesuai nama STNK dan menunjukkan aslinya.
  2. Foto Kopi STNK dan menunjukkan aslinya.
  3. Foto Kopi BPK jija ada/ motor tidak dalam proses kredit.

Karena motor yang saya punya itu dibeli secara kredit, saya menyiapkan hanya syarat perpanjang KTP dan STNK saja. Tinggal foto kopi dan siapkan syarat tersebut untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Sebelumnya, bagi Anda yang mau bayar pajak STNK harus tahu dulu posisi Samsat keliling sesuai harinya. Misal, Samsat keliling Sukabumi nongkrong di Alun-Alun Cisaat pada hari sabtu.

Kalau hari lain ya pindah di tempat lainnya. Kalau sudah tahu lokasinya, jangan ragu datang untuk membayar Pajak STNK kendaraan Anda.

Datangi Samsat Keliling, Tunjukkan STNK dan KTP, Lalu Tunggu 5 Menit Saja

Setelah mengetahui posisi Samsat Keliling di daerah mana dan persyaratan terpenuhi, Jangan ragu dan bimbang segera bayar pajak STNK kendaraan Anda.

Datangi petugas yang duduk dibagian belakang kendaraan. Bilang saja mau bayar pajak STNK. Lalu, sodorkan STNK asli dan KTP asli, dan ternyata enggak perlu bawa foto kopinya segala (enggak tahu kalau di Samsat Keliling lainnya).

Setelah KTP dan STNK diberikan, petugas akan mengecek data STNK Anda dan langsung di print. Setelah di print, petugas akan menyebutkan jumlah biaya perpanjang STNK yang harus dibayarkan.

Baca juga:

KABAR GEMBIRA! “SUSPENSION BRIDGE” JEMBATAN TERPANJANG SUKABUMI DIBUKA KEMBALI

MENGINAP NYAMAN ALA PENDAKI GUNUNG DI TANAKITA SUKABUMI CAMPING GROUND SAJA

Luar biasa, prosedur tersebut hanya berjalan 5 menit. Awalnya saya kira bakal menunggu lama. Kebetulan waktu membayar perpanjang stnk keliling motor, memang tidak banyak yang bayar pajak. Jadi tak perlu menunggu lama.

Kesan saya perpanjang STNK motor ini adalah, pelayanannya ramah, cepat, dan tak bertele-tele. Petugas pun terkesan sangat santai melayani kita. Jadi enggak puyeng deh sama prosedurnya. Jadi, saya bisa katakan bayar melalui Samsat Keliling memang Juara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *