Indonesian Corner

Hapus Stigma Tenaga Kesehatan Bukan Penyebar Virus Corona

Kondisi darurat kesehatan dalam penyebaran virus corona (COVID-19), membuat banyak orang menjadi tertekan, akibatnya terjadi stigma sosial termasuk kepada tenaga kesehatan. Stigma dapat diaratikan ciri negatif yang menempel pada pribadi seseorang karena pengaruh lingkungannya. Ketika satu orang menilai negatif dapat mempengaruhi orang lain dan terjadilah kecemasan bersama.

Ketakutan dan kecemasan terhadap virus corona yang berlebihan mempengaruhi munculnya stigma sosial, terhadap orang yang menginap penyakit, keluarga, dan tenaga kesehatan yang merawatnya.  Ketika stigma  itu dilekatkan kepada tenaga kesehatan dan dikaitkan terhadap suatu penyakit, maka dapat berdampak mereka secara sosial dan psikologi. Contohnya, secara sosial mereka terusir dari kontrakan atau tempat tinggalnya. Secara psikologis mereka menjadi tertekan, sementara harus berjuang mengobati orang yang sedang sakit.

Stigma terhadap tenaga kesehatan saat ini adalah mereka menimbulkan risiko untuk menyebarkan virus ke orang lain. Kita harus membangun kesadaran banyak orang di luar sana, bahwa mereka orang yang sedang berjuang mengobati, bukan penyebar wabah penyakit. Dukungan harus diberikan kepada mereka bukan malah menjatuhkan atau malah mengusir mereka dari lingkungan sosial. Maka mari hapus stigma COVID-19 dari para tenaga kesehatan.

Tenaga Kesehatan Berjuang Mengobati Penyakit Virus Corona dan Kita Sebagai Pelindung Mereka

Tidak ada kata lain selain menghapus stigma yang dapat menekan kondisi psikologis dan situasi lingkungan sosial yang menilai negatif terhadap tenaga kesehatan. Maka tugas kita menjadi pelindung bagi mereka. Stigma dapat berbahaya karena menciptakan ketakutan atau kemarahan terhadap orang lain. Pihak atau kelompok yang mendapat stigma menjadi :

  • Dihindari dan ditolak secara sosial.
  • Mendapai penilaian negatif.
  • Mempengaruhi kesehatan emosi atau mental seseorang.
  • Dibenci tanpa alasan yang tepat oleh orang yang memberikan stigma.

Sehingga, menghentikan stigma sangat penting untuk dilakukan, agar  membuat masyarakat dan anggota masyarakat melihat sama pengobatan virus corona dari penilaian positif. Semua orang dapat membantu menghentikan stigma terkait COVID-19 dengan menjelaskan fakta yang benar dan membagikannya kepada orang lain di sekitar kita.

Kita bagian dari masyarakat dapat membantu melawan stigma selama masa melawan COVID-19. Upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk mendukung para tenaga kesehatan yang harus menghadapi orang sedang terserang virus. Kita dapat berperan dengan terlibat memberikan edukasi cara penyebaran virus dan cara mengindarinya dengan menggunakan media sosial. Secara aktif sebagai pihak yang mendukung tugas orang yang berjuang di rumah sakit.

Dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya telah membantu memberikan pelayanan yang berharga melawan penyebaran virus corona. Mari memberi dukungan sosial dan membantu mereka dengan memberikan perlengakapan yang sesuai standar serta menyediakan makanan sehat bagi mareka. Kita bisa melawan virus corona, karena kita berjuang bersama.

Baca juga : MENEBARKAN CINTA DENGAN SOCIAL DISTANCING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *