Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Ilmu Religi

Puasa Sudah Dekat, Inilah Doa Berbuka Puasa Rasullullah yang Hendaknya Kamu Ketahui

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Doa berbuka puasa Rasullullah menjadi contoh bagi umat Islam, sebagai ungkapan rasa syukur telah menjalankan ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt. Saat berbuka puasa adalah waktu yan paling ditunggu setelah menahan makan dan minum dari fajar hingga datangnya senja di ufuk barat.

Orang yang berbuka puasa membuatnya melepaskan rasa lapar dan haus dengan membasahi tenggorokan, mengisi kembali perut, dan secara perlahan memulihkan tenaga. Bagi kamu yang berberpuasa hendaknya mengetahui doa berbuka puasa Rasullullah dan sangat dianjurkan, karena setiap kegiatan yang dilakukan umat Islam hedaknya dimulai dengan doa.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 2019

Bacaan Doa Berbuka Puasa Rasullullah

Dikutip dari Website www.nu.or.id, inilah doa yang dilapalkan oleh Rasulullah saat berbuka puasa.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ

Arti dari doa tersebut adalah, “Duhai Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dari rezekimu aku berbuka. Telah hilang rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.” (Lihat, Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Berbuka Puasa adalah kegitan menahan diri dari makan, minum, tidak bersetubuh siang hari, semua dilakukan demi mendekatkan diri kepada Allah Swt. Waktu berpuasa dilakukan dari terbit fajar kedua hingga tenggelam matahari.

Adapun hukum berpuasa di bulan Ramadhan adalah wajib dan merupakan rukun keempat dari rukun Islam. Orang yang wajib berpuasa Ramadhan adalah setiap muslim, baligh, berakal dan mampu berpuasa.

Baca juga: Beberapa Perkara Perlu Diketahui Tentang Puasa Ramadhan

Mari menyambut puasa Ramadhan, dan bisa menjalankan ibadah dengan baik, salah satunya melapalkan doa berbuka puasa Rasullullah. Ya Allah semoga kami serta kaum muslimin yang dapat berjumpa dan beribadah di bulan Ramadhan. Tiada lain yang ingin kami lakukan untuk memperbaiki iman, dan pahala darimu.

Ampuni dosa kami. Smeoga kelak kami memperoleh kemenangan menjadi insan yang kau ridhoi dan terimalah amal ibadah yang kami lakukan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close