Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini
Ilmu Kehidupan

Tips Bukber Tanpa Main Handphone, Yakin Deh Pada Enggak Sibuk-Sibuk Sendiri

Bantu Perjuangan Sabumi dengan meng-klik Iklan ini

Ajakan buka puasa makin rame memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, tetapi bisa enggak ya bukber tanpa main handphone 5 menit saja.

Enggak jarang kita jadi bete waktu ikut acara bukber sama teman-teman, rekan kantor, atau keluarga. Alih-alih buka puasa bersama dan ngobrol penuh rasa kekeluargaan, orang yang ikut bukber malah sibuk main handphone sendiri.

Lupa sama teman di sebelahnya dan lupa ngobrol gara-gara sibuk berselancar di dunia maya. Bukannya bikin suasana bukber rame, malah sepi kayak dikuburan. Tetapi jangan ragu dan bimbang kalau mau bikin acara buka bersama. Ada tips bukber tanpa main handphone yang bisa kamu terapkan biar semua enggak sibuk-sibuk sendiri.

Suruh Matikan Dulu Agar Bukber Tanpa Main Handphone

Sebelum acara bukbernya dimulai, minta semua orang yang datang matikan handphone terlebih dulu. Apapun alasannya, enggak boleh ada satu orang pun yang boleh menyentuh handphone. Kecuali ya, diantara peserta yang ikut bukber, harus mantengin handphone karena wahib memantau anggota keluarga yang sakit dari jauh.

Semua peserta orang yang datang harus sepakat bukber tanpa main handphone. Kalau bisa diingatkan saat mengundang acara bukber. Sebutkan kalau acara bukbernya wajib mematikan handphone dan katakan tujuannya biar semua orang yang datang mengerti. Semuanya pada saling bicara, bukannya asik dengan dunia maya/ internet masing-masing.

Baca juga:

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengikuti Lomba di kancah Internasional

Ingat, Onani dan Bersetubuh Membatalkan Puasa Ramadan

Siapkan Wadah Penyimpanan Handphone

Untuk memastikan handphone dimatikan, setiap orang yang ikut bukber harus meletakkan handphone di wadah yang sudah disiapkan. Pastikan wadah diletakkan di tempat yang aman, agar handphone tidak hilang.

Kalau pun handphone mau tetap mau dinyalakan, pastikan tidakĀ  ada seorang pun yang mengambil handphone dari wadah selama acara bukber berlangsung. Jadi, pesan-pesan whatsApp tetap bisa diterima selama acara bukber. Ingatkan pula tidak boleh mengangkat telepon selama acara bukber, kecuali untuk panggilan yang sangat penting.

Berlakukan Denda Bagi Orang Yang Bermain Handphone Selama Acara Bukber

Kamu juga bisa bikin aturan denda bagi yang bermain handphone selama acara bukber. Misalnya, setiap yang pegang handphone dan membuka medsos dikenakan denda. Misalnya denda traktir acara bukber. Bisa juga denda dengan membayar Rp50.000 setiap memainkan handphone.

Dendanya dapat digunakan untuk tambahan biasa bukber, Beli makanan atau minuman untuk peserta yang datang. Jadi uang dendanya dari peserta dan digunakan untuk orang-orang yang datang acara buka bersama.

Bikin Aturan Waktu Menggunakan Handphone

Kalau tidak mau aturan yang ketat, kamu bisa bikin aturan yang lebih longgar, misalnya setiap orang bisa menggunakan handphone setiap 30 menit sekali. Agar orang bisa memeriksa pesan yang masuk. mana tahu ada pesan penting terkait kerjaan atau urusan lainnya. Jadi si pemilik handphone tidak begitu was-was saat ada pesan penting yang masuk selama acara bukber.

Jelaskan Tujuan Acara Bukber Tanpa Main Handphone kepada Semua Peserta

Selain aturan-aturan di atas, jelaskan kalau acara bukber dibuat, agar semua peserta bisa saling ngobrol dan mungkin bernostalgia. Jadi setiap orang diharapkan tidak menggunakan handphone-nya.

Pastikan semua orang sepakat dengan aturan yang telah ditetapkan. Selain itu, semua orang harus mengerti kalau acara bukber diadakan dengan tujuan agar saling berbicara dari mata ke mata. Bukannya datang ke acara bukber, tetapi sambil memainkan handphone.

Nah, coba deh diterapkan di acara buka bersama yang kamu adakan. Acaranya mungkin lebih rame dan terasa lebih hangat dengan nuansa kebersamaan. Pasti bisa! Masa sih tidak bisa meluangkan waktu sejenak tanpa menggunakan handphone masing-masing.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close