Sudah Dibilang Jangan Dibagikan di Grup WhatsApp, Kan Jadi Bikin Orang Berantem

jangan dibagikan di grup whatsapp

Pola komunikasi berkembang pesat melalui media sosial, tetapi ingat ada hal yang jangan dibagikan di grup whatsApp. Jaman sekarang, banyak sekali orang membuat grup whatsApp, dari grup pertemanan, keluarga, hingga pekerjaan. Tidak dipungkiri, komunikasi memang menjadi lebih mudah, namun ada saja postingan yang bikin enggak enak hati antara anggota grup.

Ketika grup whatsApp menjadi trend sebagai media obrolan, bukan berarti cara berkomunikasi semakin baik. Ada saja orang yang coba-coba menyusupkan pembicaraan tentang politik, berita kekerasan, hingga kabar bohong.

Sehingga, sebagian orang mulai jengah dan menerapkan aturan tentang postingan yang jangan dibagikan di grup whatsApp. Dibuatkan normanya. Meski sebetulnya, malah mengatur kebebasan obrolan antara teman, keluarga mapun rekan kerja. Oleh karena itum jika tidak dibuat aturan maka dapat menimbulkan masalah baru.

Sebaiknya, grup whatsApp digunakan untuk obrolan grup untuk memperkuat hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda. Berikut halBerikut ini hal-hal yang harus dilakukan dan jangan dibagikan di grup whatsApp.

Baca juga : Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Pesawat, Kamu Mungkin Sering Melanggarnya

Obrolan yang Bikin Kesal Jangan Dibagikan di Grup WhatsApp dan Sebagiknya Cocok Bagi Semua Orang

Siapa yang enggak kesal coba ketika ada satu orang berbagi kabar negatif dan malah ditanggapin satu orang lainnya. Lalu mereka berdua ribut dalam satu grup whatsApp. Adakah yang lebih buruk daripada dua orang dalam satu grup ribut tanpa memilikirkan orang lain?

Sebelum Anda mengikuti obrolan grup, pikirkan apakah yang akan Anda katakan layak dibagikan atau tidak bagi anggota seluruh grup. Jika tidak, pikir-pikir lagi deh daripada bikin sampah di grup. Tidak jarang kan obrolan yang enggak nyambung buat semua orang, malah bikin angggota lainnya left group. Lagian buat apa bertahan lama-lama di grup yang malah bikin sakit hati dan puyeng kepala.

Gunakan Grup WhatsApp untuk Saling Mendukung

Salah satu hal terbaik tentang obrolan grup adalah semua anggota asyik diajak bicara. Setidaknya beberapa anggota grup membalas obrolan Anda. Sehingga, Anda tahu tuh kalau ada permasalahan dapat berbagi curahan hati kepada orang yang tepat. Idealnya, obrolan anggota grup saling berbalas hal positif dan memang perhatian satu sama lainnya.

Jangan terlibat Debat Kusir yang Tiada Ujungnya

Jika terjadi obrolan yang semakin memanas, tutuplah diskusi dan putuskan untuk membicarakannya secara tatap muka. Whatsapp bukanlah tempat untuk membahas masalah yang memecah belah karena nada dan makna dari tulisan dari pesan Anda dapat disalahartikan.

Apabila terjadi perselisihan, maka diskusikan masalah tersebut dan jelaskan bahwa grup bukan tempat untuk debat kusir. Lagian enggak ada gunanya juga. Lalu, alihkan obrolan untuk membahas hal penting sesuai tujuan grup dibuat. Misal membicarakan soal keluarga atau pendidikan anak-anak.

Baca juga : Buktikan Ketegasannya, Polisi Tangkap Penyebar Hoax di Facebook lagi

Ingatlah kehidupan orang lain

Ingatlah tidak semua hal bisa diceritakan dan jangan dibagikan di grup whatsApp. Tidak semua orang pula memiliki waktu untuk berbagi cerita di grup whatsApp. Teman Anda mungkin tidak kemewahan untuk terus ngobrol di grup. Adakalanya Anda mungkin merasa bahwa Anda kurang penting bagi grup dan jarang didengarkan oleh orang lain. Santai saja, anggota grup tidak mungkin menaggapi semua obrolan, apalagi sudah terlalu banyak pembicaraan yang berbeda.

Sadarilah bahwa karena grup whatsApp sebaiknya dapat berdampak baik bagi banyak orang. Kalau ada obrolan bersifat pribadi tidak usah dibagikan di grup.

Apabila ada masalah antara anggota grup bertemulah dan bicarakan baik-baik untuk menyelesaikan setiap permasalahan. Ingat jangan sampai berkelahi karena postingan politik, adu domba, dan kabar bohong. Tidak penting sama sekali, malah bisa merusak hubungan anda dengan orang lain.

2 thoughts on “Sudah Dibilang Jangan Dibagikan di Grup WhatsApp, Kan Jadi Bikin Orang Berantem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.