Sudahkah Anda Menjadi Orang Tua Pintar di Zaman Digital

orang tua pintar di zaman digital

Seiring pertumbuhan teknologi internet yang pesat sangat penting menjadi orang tua pintar di zaman digital. Orang tua dapat mendampingi anak dalam menggunakan smartphone dan komputer mereka.

Anak tidak bisa dibiarkan hidup di zaman digital dan orang tua memiliki peran penting untuk mengenalkan dunia digital kepada mereka. Artikel ini akan membahas tentang tips menjadi orang tua pintar di zaman digital yang terus berkembang.

Baca juga : Saring Sebelum Sharing Literasi Digital dari Kang Maman Bersama Tompi dan Glenn

Buat Jadwal Penggunaan Media Internet dan Menjadi Orang Tua Pintar Di Zaman Digital

Media internet harus bermanfaat bagi keluarga anda. Untuk itu, orang tua mengontrol penggunaannya. Agar internet menjadi wahana dunia maya yang bermanfat bagi anak-anak dan jangan sampai merenggut keakraban sesame anggota keluarga.

Ketika dunia digital digunakan secara bijaksana dapat mendukung kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kalau digunakan tanpa control, media masa dapat menggantikan peran orang tua. Anak malah asyik di dengan media internet, tak pernah berbicara, tanpa interaksi tatap muka, dan waktu bersama semakin berkurang.

Batasan penggunaannya, misal tidak menggunakan internet dari Pukul 18.00-21.00 wib. Ingatkan juga anak tidak menggunakan handphone di tempat tidur, agar tak mengganggu waktu istirahat mereka.

Apesnya lagi, dunia anak Cuma terhenti di layar hanphone dan komputer dan sangat tergantung pada media sosial. Kalau sudah begitu, buat jadwal penggunaannya dan jelaskan kepada anak-anak bahwa waktu bersama keluaga dengan saling berbicara jauh lebih penting. Sehingga, anak berkomunikasi dengan baik dengan orang tua. Mereka pun bisa mengunakan internet sesuai jadwal dan kebutuhan.

Beri Perhatian Terhadap Dunia Digital Selayaknya Dunia Nyata

Orang tua harus mengetahui apa yang dilakukan anak-anaknya dengan handphone atau komputernya. Kenali teman-teman anak Anda di dunia maya, sebaik mengetahui dengan mereka siapa mereka terhubung di dunia nyata.

Kenali platform, perangkat lunak, dan aplikasi yang digunakan anak anda. Periksa juga situs yang mereka kunjungi dan mencari tahu apa yang mereka lakukan secara online. Orang tua tidak bisa tutup mata dengan penyebaran informasi di zaman digital.

Jadilah Teladan yang Baik dan Mari Bermain dengan Anak Berselancar di Dunia Internet

Kalau orang tua bisa mengajarkan sopan santun kepada anak-anak di dunia nyata. Kenapa tidak dengan dunia maya. Jadilah contoh kebaikan kepada anak-anak saat saat menggunakan media sosial. Berikan contoh harus menjaga etika dan tidak menebarkan kebohongan ketika berhubungan dengan orang lain.

Bermainlah bersama mereka sambil menggunakan internet dan jangan biarkan anak-anak menatap layar seorang diri. Percayalah, anak-anak akan mencontoh perilaku baik yang ditunjuukan kedua orang tuanya.

Ketika orang tua menunjukkan perhatian dengan kegiatan anak-anaknya di dunia maya, anak akan merasakan interaksi sosial, ikatan batin, dan pembelajaran. Ayolah dampingi anak ketika menonton video youtub dan bermain games. Jangan hanya memantau mereka secara online, namun berinteraksi dengan mereka. Sehingga Anda dapat memahami apa yang mereka lakukan.

Baca juga : Pesan Ability untuk Presiden Joko Widodo dari Atlit Asian Para Games 2018

Mengajari Anak Tidak menjadikan Media Sosial Sebagai Tempat Curhat dan Marah

Orang Tua Pintar di Zaman Digital dengan mengingatkan teknologi internet bukan sebagai saluran emosional. Ajarkan kepada anak tidak curhat dan melampiaskan marah di media sosial. Media digital dapat menjadi sarana belajar bagi anak untuk tetap tenang dan sabar.

Ajak anak berbicara dalam masalah dan berbagi cerita untuk menyalurkan emosi. Namun, tidak jarang justru anak yang merasa kehilangan orang tua mereka. Karena Ayah dan Ibunya malah lebih asik chatting dan bermedsos, dibandingkan berbagi cerita dengan anak-anak.

Media dan perangkat digital merupakan sudah menjadi bagian kehidupan anak-anak saat ini. Orang tua pintar di zaman digital dapat mengajarkan anak lebih bijak menggunakannya. Orang tua dapat mendampingi anak mereka untuk berinteraksi dengan tatap muka bersama keluarga. Jangan biarkan anak tersesat di belantara dunia digital.

One thought on “Sudahkah Anda Menjadi Orang Tua Pintar di Zaman Digital”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.