Jangan Sebarkan Informasi Hoax dan Foto Korban Pesawat Jatuh

foto korban pesawat jatuh

Di Media Sosial ada banyak peringat jangan sebarkan informasi hoax dan foto korban pesawat jatuh. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga telah membuat pernyataan melalui siaran pers dengan membuat peringatan untuk tidak menyebarkan hoax terkait dengan kecelakaan pesawat.

Pemerintah tampaknya mewanti-wanti, agar informasi tidak benar tidak dibagikan oleh pengguna medsos. Apalagi kabar hoax terutama pembagian foto korban pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Baca juga : Informasi Mengenai Pesawat Lion Air yang Jatuh Menuju Pangkal Pinang

Kemenkominfo Meminta Tidak Menyebarkan Informasi Hoax dan Foto Korban Pesawat Jatuh

Dari siaran pers yang dikeluarkan Kemenkominfo mengimbau warga tidak membagikan informasi hoax. Warga net tidak boleh menyebarkan kabar bukan dari pihak yang berwenang sehubungan dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.  Tidak boleh menyebarkan foto korban musibah melalui media sosial apapun. 

Kemenkominfo juga mengingatkan kegiatan di ruang siber (cyber space), termasuk kegiatan mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat Informasi hoak sudah ada aturannya. Apabila melanggar dapat dikenai UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Ada banyak pihak yang sangat berempati terhadap kejadian jatuhnya pesawat Lion, namun masih ada saja orang tak bertanggung jawab yang mencoba menyebarkan foto dan kabar hoax. Ingatlah, penyebaran kabar dan foto dari kejadian pesawat jatuh sangat berdampak terhadap keluarga korban. 

Menyebarkan Foto Korban Pesawat Jatuh Menimbulkan Efek Trauma dan Kecemasan

Ketahuilah wahai warga net, foto korban pesawat jatuh yang dibagikan dapat menimbulkan keresahan masyarakat, terutama bagi keluarga korban. Masyarakat menjadi was-was terhadap kejadian kecelakaan pesawat korban. Keluarga korban menjadi resah atas berbagai kabar dan foto tersebut.

Menambah Kesedihan Keluarga Korban

Kita seharusnya berupaya menggurangi kesedihan keluarga korban, bukan malah menambah kerisauan. Ketika foto yang korban menyebar, keluarga akan semakin sedih. Apalagi mayat korban biasanya dalam kondisi tidak utuh lagi. Keluarga mana yang tidak sedih foto mayat saudaranya dibagikan begitu saja oleh pengguna medsos.

Berpotensi penyebaran info hoax

Apabila foto yang disebarkan ternyata hoax, maka Anda akan menghambat proses penanganan korban pesawat jatuh. Foto yang disebarkan tidak jarang bukan dari kecelakaan pesawat yang baru terjadi. Ada banyak foto dari kecelakaan pesawat lain yang disebarkan di medsos. Artinya ada banyak penyebaran informasi hoax. Ingat Anda bisa dijerat UU ITE jika membagikan foto tidak benar dan informasi hoax. Daripada berbagi hoax lebih baik memberi semangat dengan kalimat positif.

Baca juga : Kaum Pemuda Harus Perhatian Kepada Anak Indonesia

Sebarkan Kalimat Positif Agar masyarakat Bangkit dari Kesedihan

Pengguna medsos sudah banyak membagikan ucapan duka terhadap kecelakaan pesawat Lion Air JT 610. Mereka membagikan kalimat positif dan memberi semangat bagi keluarga korban. Tujuannya, agar korban dapat bangkit dari kesedihan.

Kita harus membangun empati terhadap keluarga korban. Jangan membagikan kabar tidak benar dalam bentuk apapun terkait kecelakaan pesawat Lion Air. Keluarga korban tentu sangat berharap anggota keluarga mereka kembali ke rumah dalam keadaan selamat.

4 thoughts on “Jangan Sebarkan Informasi Hoax dan Foto Korban Pesawat Jatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.