Anda Kira Anak-Anak Aman Menonton Video Youtube Youtube, Belum Tentu

Anak aman menonton video youtube

Internet bukan sesuatu yang asing bagi si kecil, tetapi pernahkah berpikir, sudahkah anak-anak aman menonton video youtube? Kita tidak bisa menghindarkan anak dari dunia digital. Mereka dilahirkan di dunia tanpa batas. Dari kamar tidurnya, dia bisa mencari informasi dan menonton video melewati batas-batas Negara.

Tetapi Anda tidak bisa membiarkan anak-anak berselancar di ddunia maya tanpa kontrol. Ada banyak konten yang mungkin tidak pantas bagi anak-anak. Orang tua selayakny berpikir tentang apakah anak-anak aman menonton video youtube?

Ada begitu banyak konten di youTube menampilkan materi yang tidak pantas. Apalagi kalau komputer digunakan seluruh anggota keluarga. Anak-anak bisa saja membuka video yang sebelumnya ditonton oleh kakak atau orang tuanya. Apalagi kalau komputer tidak dibatasi penggunaannya.

Untuk itu, orang tua dapat mengendalikan hasil pencarian yang tidak ingin ditonton oleh anak-anak Anda. Berikut tips bagi orang tua membuat anak-anak aman menonton video youtube.

Baca juga : Bukan Soal Atlit Memakai Jilbab Demi Keselamatan Selama Pertandingan

Anak-anak Aman Menonton Video Youtube dengan Pemblokiran Link Vulgar

Orang tua dapat melakukan pemblokiran link dengan konten dewasa, jika tidak ingin mereka berselancara dan menemukan konten yak tidak layak ditonton oleh mereka. Salah satunya cara adalah, anak menonton video di YouTube Kids dengan mematikan saluran yang tidak ingin ditonton oleh anak-anak.

Apabila computer di rumah Anda sering digunakan untuk mengakses youtube, Anda bisa mempelajari cara pengaturannya di internet. Orang tua bisa mengamankan konten tak layak anak sambol memilih dengan bebas konten favorit bagi si kecil.

Menjadi Orang tua yang Melek Dunia Digital

Orang tua jangan terlalu percaya diri sudah membatasi video youtube yang bisa ditonton oleh anak-anak. Jadilah orang tua yang melek dunia digital. Apabila Anda merasa sudah melindungi anak-anak dari konten yang tidak pantas.

Anda harus mengecek seberapa efektif pembatasan atau pemblokiran konten video. Jangan bayangkan anak-anak masa kini adalah anak kudet alias kurang update. Mereka dilahirkan bersama perkembangan teknologi digital yang sangat cepat. Anak Anda mungkin lebih pintar dalam menggunakan internet dan mampu membuka pemblokiran video youtube oleh orang tuanya.

Oleh karena itu, orang tua harus terus meningkatkan pengetahuan tentang dunia digital Orang tua harus memiliki kemampuan teknis penggunaan beragam aplikasi di computer dan selangkah lebih maju dari anak-anak dalam memahami teknologi. Kalau tidak bisa, setidaknya tidak buta sama sekali penggunaan internet.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Anak-Anak Anda

Anak-anak tetap anak-anak. Orang tua tidak harus mengalah dengan perangai mereka dalam menggunakan smartphone ataupun Komputer. Maka, ajak anak-anak berbicara dan mendiskusikan aturan penggunaan internet di rumah.

Apabila anak-anak belum cukup umur, terangkan kepada mereka bahwa penggunaan internet harus dengan perhatian dari orang tua. Anda mungkin bisa membuat aturan yang disetujui pula oleh anak-anak. Anak-anak harus patuh dengan aturan tersebut. Misalnya,mematikan akses Internet pada waktu tertentu dan semua anggota keluarga tidak boleh menggunakannya.

Pengaturan Kontrol Orang Tua Sangat Penting Bagi Keamanan Internet untuk Anak-Anak Anda

Anda mungkin sering melihat anak-anak bebas sekali menonton video. Padahal, belum tentu anak-anak aman menonton video youtube. Bahkan, tablet dan smartphone sudah menjadi bagian keseharian mereka. Oleh karena itu, buat pengaturan control orang tua terhadap akses internet.

Komputer lainnya memiliki semacam kontrol keamanan dari orang tua misalnya dalam pencariaan google.com, Orang tua bisa mengaktifkan fitur ekamanan untuk mengurangi konten yang tidak pantas untuk dilihat. Ketahuilah wahai orang tua, Anda dapat mengunci situs pencarian untuk menghindaria anak mengakses konten yang tidak layak bagi mereka.

Baca juga : Sudahkah Anda Menjadi Orang Tua Pintar di Zaman Digital

Buat Akun Pengguna dengan Youtube Kids

Orang tua bisa membuat hingga delapan profil anak di youtube kids. Beberapa hal yang bisa diatur adalah preferensi tampilan mereka sendiri, rekomendasi video, dan pengaturan. YouTube Kids.

Tetapi, anak-anak bisa saja memiliki kemampuan luar biasa dalam menggunakan youtube. Untuk itu, orang tua bisa membuat akun berbeda di sistem computer. Anak memiliki akun berbeda dengan aku orang tua.

Jangan biarkan anak mempunyai akses untuk mengontrol komputer di rumah. Buatlah akun dengan tujuan demi kenyamanan dan kasih sayang Anda untuk anak-anak. Jelaskan saja, kalau pengaturan akun demi diri mereka agar tidak melihat tontonan yang tak pantas.

Orang tua bisa juga membuat setting YouTube Parental Control, agar konten vulgar tidak muncul di mesin pencarian. Cara tersebut dapat menghapus banyak video yang tak layak ditonton oleh anak-anak.

 

2 thoughts on “Anda Kira Anak-Anak Aman Menonton Video Youtube Youtube, Belum Tentu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.