Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Female

7 Hal yang Jangan Pernah Diceritakan Kepada Keluarga Tentang Kehidupanmu

Begitu banyak persoalan hidup yang dirasakan, tetapi tidak perlu semua diceritakan kepada keluarga. Walaupun mereka mungkin akan memberi dukungan dan nasihat untuk melewati masa sulit.

Kamu harus menjaga privasi dan tidak boleh mengatakan semua hal kepada kepada mereka. Ada beberapa hal dalam kehidupan pribadi yang tidak perlu diketahui, bahkan orang tua Sendiri. Berikut hal-hal yang  sebaiknya tidak boleh diberitahu dan sebaiknya dirahasiakan terkait kehidupanmu.

Jangan Menceritakan Masalah Pernikahan Keluarga Kepada Orang Lain

Ketika kamu menceritakan hal negatif tentang pasangan, keluargamu mungkin akan menyalahkan suami/ istrimu. Karena Kerabat keluarga kamu tidak memiliki hubungan emosional yang sama seperti yang kamu rasakan.

Menceritakan persoalan pasangan dapat menimbulkan masalah baru. Ada baiknya menghindari curhat dan menyimpan masalah hubungan suami-istri untuk diri sendiri. Sanak keluargamu akan mengeluarkan pendapat mereka tentang pasangan kamu.

Padahal mereka tidak mengenal baik dirimu. Masalahnya bukan selesai, malah sebaliknya kamu turut larut menilai negatif pasangan sendiri. Jangan sampai keluarga mengetahui sesuatu yang negatif tentang pasangan kamu. Jangan sampai mereka menilai buruk dan untuk meragukan kemampuan pasanganmu.

Simpan Rahasia Hidupmu dari Orang Lain

Jangan sampai rahasia kehidupan kamu diketahui sanak keluarga, orang tua, saudara kandung, apalagi sepupu. Rahasia cukup disimpan dan bukanlah kisah yang harus diceritakan.

Orang lain belum tentu dapat menyimpan cerita. Meskipun kamu berpikir orang yang menjadi tempat curhat tidak akan memberi tahu siapa pun. Sudahlah simpan saja rahasianya untuk diri sendiri.

Tidak Perlu Memberitahu Jumlah Penghasilan Kamu

Urusan gaji atau penghasilan adalah hal pribadi yang tidak perlu dibagikan kepada orang lain. Kalaupun ada yang bertanya, katakan saja kisaran rata-rata uang peroleh dalam setahun. Sanak keluargamu tidak perlu tahu sepeser pun jumlah pendapatan yang dihasilkan. Begitu pula, ketika terjadi kenaikan gaji, cukup diketahui oleh diri sendiri.

Masalah uang adalah masalah terbesar dalam sebuah unit keluarga. Hindari topik penghasilan karena tidak semua orang senang dengan kekayaan yang kamu miliki. Sebaliknya, bisa-bisa kamu dianggap lumbung uang yang bisa dijadikan tempat berhutang.

Rahasiakan Apapun Tentang Kehidupan Seks dengan Pasangan

Keluargamu tidak perlu tahu secara detail tentang kehidupan seks dirimu. Karena menjadi rahasia pribadi yang ditakutkan akan digunakan untuk menjelekkan kondisi dirimu suatu hari nanti. Kehidupan seks itu tidak perlu diumbar karena menjadi bagian hubungan dari suami istri yang sangat intim. Tidak ada gunanya bercerita tentang hubungan seksual kepada orang lain.

Jangan Pernah Diceritakan Kepada Keluarga Hal yang Ingin Dicapai Dalam Hidupmu

Kamu mungkin bisa berhasil dalam mencapai semua harapan dan tujuan dalam hidup. Namun, tidak perlu memberi tahu orang-orang bagaimana mencapainya dan jangan beri tahu mereka apa rencananya kehidupanmu.

Tujuan hidup adalah rangkaian proses pencapaian yang dilakukan diri sendiri. Hal yang dapat menjadi dorongan dan motivasi kamu memperleh pencapaian yang lebih tinggi. Persoalannya ketika kamu terus menceritakan kesuksesan hidupmu, ditakutkan ada orang yang akan senang ketika kamu menemui kegagalan dalam hidup.

Kondisi Kesehatan Mentalmu Tidak Perlu Diceritakan Kepada Orang Lain

Ketika kamu mengalami masalah, apalagi sampai depresi, rasanya tidak perlu diceritakan kepada orang lain secara sembarangan. Karena mereka tidak tahu kondisi yang sebenarnya. Kondisi kesehatan mental lebih baik ditangani dengan lebih bijak, misalnya menemui psikolog atau orang yang bisa meredam berbagai pikiran yang bergejolak di kepala. Kamu mungkin sedang berupaya mengatasinya.

Persoalannya apabila masalah depresimu malah diketahui banyak orang, bisa jadi malah membahayakan kondisi kehidupanmu.Tidak perlu menceritakan privasi dirimu dan membiarkan orang lain mengetahui yang semestinya bukan menjadi urusan mereka.

Rahasiakan Kesalahan yang Terjadi Pada Masa Lalu

Tidak perlu mengungkit hal-hal yang menyebabkan kebencian dari masa lalu. Simpan sendiri kisah kesalahan tersebut. Orang belum mau mendengar masalah kamu dan tidak bisa juga menghilangkan kesalahan masa lalu dirimu.

Keluarga Anda ingin tahu tentang hidup Anda, dan Anda harus bersemangat untuk membagikannya. Bahkan dengan daftar hal-hal yang tidak boleh diceritakan ini, ada hal-hal yang dapat dan harus dibagikan.

Tidak semua sisi kehidupanmu perlu diceritakan kepada orang lain secara detail. Sanak keluargamu cukup mengetahui mengenai permukaannya saja, seperti pekerjaan, keuangan yang mencukupi, dan kehidupan bahagia bersama pasangan. Ceritakan saja tentang hal yang menyenangkan, agar mereka tidak perlu mencampuri masalah kehidupanmu.

Artikel menarik lainnya: Jebakan Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit Cuma Berbekal KTP

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *