Hai Sista Hati-Hati Kanker Payudara Di Tubuh Kamu

hati-hati kanker payudara
hati-hati kanker payudara

Wanita harus sadari dan hati-hati kanker payudara yang bisa menggerogoti kesehatan tubuh tanpa disadari. Pendeteksian dini pada banyak wanita mampu menyelamatkan jiwa kamu dari penyakit kanker payudara.

Oleh karena itu, kamu harus Periksa Payudara Sendiri atau dikenal dengan SADARI. Banyak kan yang enggak sadar dengan penyakitnya sendiri, setelah parah dan penyakit tidak terkendali baru diambil tindakan medis.

Tahukah kamu sista memeriksa kanker payudara dapat dikenali dengan rabaan tangan dan penglihatan untuk mengetahui adakah perubahan fisik pada payudara.

Baca juga: Menjaga Kehangatan Bayi dengan Perawatan Metode Kangguru

SADARI dan Hati-Hati Kanker Kanker Payudara Sedini Mungkin

Untuk itu wahai kaum wanita, mari sadari dan ketahui pemeriksaan kanker payudara demi menjaga kesehatan kita. Ada loh cara yang paling mudah untuk mendeteksi kanker payudara sedini mungkin, baca petunjuk dibawah ini:

SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sebaiknya dilakukan satu minggu setelah Haid/ Mentruasi. Kenapa sih harus dilakukan setelah Mentruasi? Karena payudara pada umumnya berbeda pada masa mentruasi sebelum dan selama periode. Ketika mentruasi, kondisi payudara akan terasa sangat Padat dan Kencang atau mungkin kebanyakan wanita mengalami nyeri pada payudara.

Namun, ada perubahan tertentu yang perlu di waspadai karena dapat menjadi Indikasi adanya suatu penyakit. Pemeriksaan payudara dapat kamu lakukan sendiri ketika mandi dan sedang bercermin di kamar. Mudah banget kan caranya?

Cermin itu harus ada ya kalau ingin melakukan SADARI ini. Yuk kita praktikkan mulai dari sekarang periksa payudara dari dini. Adapun langkah-langkah yang dapat dikakukan sebagai berikut:

  1. Berdirilah di depan cermin dalam keadaan terbuka dan pastikan pencahayaan ruangan dalam kondisi baik ya.
  2. Lalu, angkat Kedua tangan dan lihatlah apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit yang kemerahan serta bentuk puttng.
  3. Perhatikan payudara sisi kiri ataupun sisi Kanan.
  4. Biasanya kebanyakan wanita tak memiliki ukuran payudara yang sama.
  5. Tekan payudara dari atas ke bawah dan rasakan apakah ada benjolan.
  6. Tekan payudara secara melingkar ,dari atas ke bawah dari tengah ke samping sampai area ketiak. Lakukan hal yang sama pada payudara yang satunya.
  7. Peras puting secara perlahan lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih/ kekuningan atau bahkan darah.

Baca juga: Enggak Perlu Banting Motor, Inilah Denda Resmi Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Setelah tahu langkah-langkahnya, yuk SADARI dan hati-hati kanker payudara di tubuh kita. Kamu juga mungkin butuh melakukan pemeriksaan secara klinis untuk mengetahui tanda dan gejala awal dari kanker payudara. Periksa payudara lebih sering apabila sudah memasuki umur 50 tahun atau lebih, apalagi kalau memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit kanker payudara.

 

Ditulis Oleh: Peggie Widya Putri

Demi Kesehatan Kaum Wanita yang Lebih Baik

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. HOAX RUU Penghapusan Kekerasan Seksual: Bukan untuk Mendukung Free Sex dan LGBT - Sabumi Sukabumi
  2. Duh Kenapa Haidnya Terasa Nyeri Sekali ya, Bagaimana Cara Mengatasinya? - Sabumi Sukabumi
  3. Ibu Ani Yudhoyono Mengalami Penyakit Kanker Darah, Seperti Apa Penyakit Tersebut? - Sabumi Sukabumi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.