Fakta Atau Mitos Rambut Wanita, Benar Enggak ya?

mitos rambut wanita

Wanita akan melakukan apapun untuk kesehatan kepalanya, namun tahukah mereka seputar fakta atau mitos rambut dan kulit kepala mereka?

Wanita akan rajin merawat area rambut dan kulit kepala dari creambath setiap minggu hingga memberi masker rambut. Ada banyak sumber yang dijadikan untuk rujukan perawatan, dari majalah, internet, hingga saran dari ibu dan nenek.

Nah, para wanita pernah mengecek enggak ya dari sekian pengetahuan tentang kulit kepala dan rambut, mana yang fakta atau tentangg mitos rambut wanita dan kulit kepala mereka.

Mari Ketahui tentang Mitos Rambut Wanita dan Seputar Kulit Kepala

Jamur akan muncul di kulit kepala kalau tidur dalam keadaan rambut basah. Bagi kamu yang tidur dengan rambut basah tidak akan menimbulkan jamur, asalkan tetap dalam keadaan bersih. Rambut basah bukan penyebab munculnya jamur, tetapi karena tertular dari kepala orang lain.

Infeksi jamur di kepala terjadi, karena adanya luka kulit kepala dan daya tahan tubuh yang lemah. Jamur dapat tumbuh subur di kepala karena banyak tumpukan  sel kulit mati. Akibatnya jamur seolah mendapat pasokan makanan.

Ketombe adalah Penyakit Kulit Kepala yang Menular. Itu cuma mitos! Ketombe bukan penyakit menular dan tidak akan terjangkin melalui sisir  dan bantal. Ketombe berasal dari jamur malassezia yang tinggi akibat timpukan sel kulit mati dan produksi sebum tinggi. Jamur tersebut tidak menular.

Dari satu Uban yang Dicabut, Maka Akan Tumbuh Dua Uban atau Lebih Lainnya. Tentu saja tidak benar. Uban yang dicabut tidak berakibat munculnya rambut uban lainnya. Uban merupakan proses penuaan pada rambut karena pigmen warna rambut yang berkurang.

Mitos rambut wanita akan lebih cepat panjang isisir 100 kali setiap hari. Rambut tumbuh tidak dipengaruhi seberapa sering menyisirnya. Semakin banyak menyisir rambut justru membuatnya mudah patah dan rontok.

Fakta Seputar Kulit Kepala dan Rambut Wanita

Mengikat dan menjepit rambut tiap hari mengakibatkan kebotakan dan migran. Kalau diikat dan jepit setiap hari akan menimbulkan keregangan ambut dengan kulit kepala. Rambut akan mudah rapuh dan membuat sakit kepala dalam waktu lama. Kalau mengikat dan menjepit rambut terlalu lama mungkin akan membuat migran di kepala.

Rambut yang dicuci rutin setiap hari membuat rontok dan kulit kepala menjadi kering. Apabila rambut dicuci rutin dengan sampo yang tepat menyehatkan kulit kepala juga. Asalkan cara mencucinya benar dan tidak kotor. Namun, tidak perlu setiap hari. Rambut boleh dicuci setiap hari, asalkan Anda mempunyai kegiatan yang membuat rambut jorok dan kulit kepala berkeringat.

Blow rambut memakai hairdryer yang sangat panas mengakibatkan kulit kepala kering dan rambut rapuh. Rambut akan rapuh dan kulit kepala menjadi kering kalau temperatur hairdryer terlampau tinggi. Hindari menggunakannya setiap hari. Anda bisa membersihkan rambut dengan handuk  kering demi kesehatan rambut dan kulit kepala anda.

Kebotakan dipengaruhi faktor keturunan. Kebotakan pada pria dan wanita dapat dipengaruhi faktor genetis. Jika Ayah atau ibu mengalami kebotakan, maka anak berpotensi mewarisi gen tersebut.

Nah sudah tahu kan mitos rambut wanita dan kulit kepala. Anda boleh percaya apa yang diceritakan ibu atau nenek tentang rambut wanita, tetapi mengecek kebenarannya tentu lebih baik lagi.

One thought on “Fakta Atau Mitos Rambut Wanita, Benar Enggak ya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.