Cara Merawat Kuku Tangan Anda dengan Tepat dan Sehat Alami

cara merawat kuku tangan

Anda tidak perlu mengunjungi salon secara teratur untuk mengetahui cara merawat kuku tangan yang indah. Kombinasi diet yang seimbang, perawatan kecantikan, dan menjaga kebersihan dapat menghasilkan kuku selayaknya dari perawatn salon. Namun, dengan sedikit biaya dan beban bahan kimia.

Gunakan pelembab : Cara Pertama Merawat Kuku Tangan yang Lebih Sehat

Saat menggosokkan pelembab ke tangan Anda, pastikan memasukkannya ke dalam kutikula dan kuku. Mencuci tangan secara teratur atau menggunakan pembersih tangan dapat mengeringkan kulit dan kuku dengan cepat. Jadi cobalah untuk melembabkan kuku tangan setelah mencucinya.

Baca juga: Mari Mengurangi Beban Bumi dengan Mendaur Ulang Sampah Anorganik

Rawat kutikula Anda

Hindari memotong kutikula Anda saat manikur. Kutikula sebagai penghalang bagi bakteri, dan memotongnya dapat menyebabkan infeksi yang menyakitkan. Anda dapat melembabkan dan hanya memangkas kulit yang mati.

Jika Anda berencana melakukan manikur konvensional, maka setidaknya lindungi kutikula dengan mengoleskan minyak zaitun atau minyak almond sebelumnya. Tujuannya  untuk mengurangi jumlah bahan kimia yang menyerap dari polesan.

Hindari Menggunakan Cat Berbahan Kimia Tinggi

Cat kuku biasanya mengandung bahan kimia yang sangat beracun seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida. Kalau membeli produk polesan pastikan tidak mengandung bahan kimia dan bacalah kandungan produk dengan cermat. Anda lebih baik membeli poles berbahan dasar air, yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan paling aman bagi kuku tangan Anda.

Berhenti Mencuci Tangan yang Berlebihan

Walaupun sering mencuci tangan dianggap sehat, tetapi jangan berlebihan. Karena dapat mengakibatkan masalah serius pada kuku Anda. Usahakan untuk meminimalkan kontak dengan bahan kimia keras seperti bubuk sabun pencuci baju dan bahan kimia pencuci piring. Pakailah sarung tangan kapan untuk melindungi kuku yang sehat.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Menjaga jenis asupan penting bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk kuku tangan Anda. Diet sangat penting untuk menjaga kuku sehat. Protein sangat penting, seperti halnya asam lemak omega-3. Makan makanan dengan vitamin B untuk mengurangi kerapuhan; kalsium membuat kuku kuat; vitamin A dan C mencegah kekusaman dan pengeringan. Minumlah banyak air agar tetap terhidrasi.

Katakan Tidak pada Pelepas Cat Mengandung Aseton

Cobalah untuk tidak menggunakan pembersih cat kuku yang mengandung aseton. Apalagi kalau kuku Anda ternyata rapuh. Kuku yang dicat berulang kali dapat membuat merusak minyak alami di dalam kuku dan membuatnya menjadi rapuh.

Baca juga: Mau Liburan di Rumah Menyenangkan Bisa juga Kok!

Jaga Kebersihan Kuku Anda

Anda harus menjaga kuku tetap bersih. Luangkan waktu untuk mencuci area di sekitar kuku. Rendam dalam air sabun yang hangat dan gunakan sikat lembut untuk membersihkannya. Hal tersebut dapat mencegah segala jenis infeksi yang terjadi karena kuman dan akumulasi kotoran. Kulit mati dapat dihilangkan dengan manikur. Usahakan kuku Anda tetap kering karena kalau basah akan mengundang bakteri atau jamur.

Bentuk, tekstur, dan panjangnya dapat menunjukkan kesehatan kuku. Cari cara merawat kuku tangan dengan tepat dan lami. Jaga kebersihan dan rawat kuku sebaik memperhatikan bagian tubuh lainnya. Ingatlah selalu bahwa perawatan kuku sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

One thought on “Cara Merawat Kuku Tangan Anda dengan Tepat dan Sehat Alami”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.