Female

Cara Menghindari Kekerasan Pacaran dan Pelecehan Seksual Pada Masa remaja

Cara Menghindari kekerasan pacaran dan pelecehan seksual perlu diketahui para remaja. Karena dampaknya bisa sangat buruk dan merugikan jika terjadi pada usia yang muda sekali. Tindakan kekerasan dari pacar bisa saja terjadi secara fisik dan secara online.

Apesnya perilaku kasar dalam berpacaran ini sering dirahasiakan dan tidak dilaporkan. Mereka enggan bahkan takut untuk memberitahu keluarga dan teman-temannya. Padahal hubungan yang tidak sehat dan pelecehan mempunyai dampak panjang  dan konsekuensi yang berat.

Menurut www.cdc.gov, remaja yang menjadi korban kekerasan dalam pacaran remaja memiliki kecenderungan terjadi depresi dan kecemasan. Perilaku juga bisa mengarah kepada tindakan tidak sehat, seperti narkoba dan konsumsi alkohol. Tak jarang bisa membuat perilaku anti sosial, berbohong, mencuri, marah, serta paling parah berpikir untuk bunuh diri.

Cara Menghindari Kekerasan Pacaran yang Perlu Diketahui Remaja yang Menjalani Hubungan dengan Seseorang

Remaja yang berpacaran perlu memahami masalah yang terjadi ketika menjalani sebuah hubungan. Apakah kencan yang mereka lakukan itu sehat atau malah telah terjadi kekerasan seksual. Mereka juga harus tahu bahwa pacaran dengan kekerasan itu berkaitan dengan kekuasaan dan kontrol berlebihan dari pasangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kekerasan dalam pacaran

  1. Selalu tekankan kepada pacara untuk saling menghormati dimulai dari cara berbicara, seperti tidak seksisme, lelucon merendahkan, dan memberi komentar negatif.
  2. Pastikan terjalin hubungan yang sehat, setara, komunikasi terbuka dan dengan batasan menjadi hal yang harus menjadi pertimbangan dalam pacaran.
  3. Percaya terhadap seseorang yang menjadi korban dalam berpacaran. Bukan malah menyudutkan ajak membicarakan tentang kekerasan dan pelecehan seksual secara terbuka.
  4. Korban dalam berpacaran bisa dari jenis kelamin apapun. Ketahui apa saja yang mungkin dialami oleh korban.
  5. Belajar untuk menghargai diri sendiri dan orang lain.
  6. Kethuilah bahwa kamu berhak untuk mengakhiri suatu hubungan dan hormati juga orang lain yang ingin menyudahi hubungan dengan dirimu.
  7. Setiap hubungan seksual yang terjadi harus dengan persetujuan kedua belah pihak. Jika terjadi pemaksaan maka disitulah mulainya terjadi kekerasan dan pelecehan seksual.
  8. Kekerasan berpacaran bisa terjadi melalui media sosial. Maka pastiikan dunia pacaran kamu tetap aman dan selalu melindungi privasi di internet. Jangan sampai terjadi tindakan melecehkan, mengancam, atau menyebarkan kegiatan apapun tentang orang lain secara online.
  9. Selalu membicarakan tentang hubungan yang sehat dan rasa saling menghormati dengan pasangan.
  10. Sebagai korban berhak untuk meminta pertanggungjawaban pelaku, dan membantu untuk tindakan pencegahan kekerasan seksual.
  11. Turut bersuara suara untuk membicarakan tentang kekerasan dan pelecehan seksual.
  12. Setiap orang dalam hubungan berpacaran berhak atas kehidupan yang aman dan bahagia dan bebas dari kekerasan.

Akhiri Sebelum Kekerasan dalam Berpacaran Berdampak Lebih Parah

Pacaran masa remaja rentan mengalami kekerasan dan pelecehan seksual. Sebagian dari hubungan tersebut tidak mengerti bagaimana terjadi pelecehan dan tidak mau bercerita secara terbuka tentang kekerasan yang terjadi. Bahkan tidak mengetahui bagaimana mengatasi dan melaporkan kepada siapa ketika hal itu terjadi.

Oleh karena itu, pencegahan kekerasan dalam pacaran remaja perlu dilakukan sebelum remaja serius dalam berpacaran. Orang tua dan para guru di sekolah sangat penting memberi pemahaman mengenai kekerasan dalam pacaran masa remaja.

Lakukan upaya untuk mencegah kekerasan berpacaran pada masa remaja sebagai langkah menghentikan terjadinya kekerasan bahkan sebelum terjadi. Cara yang paling mungkin dilakukan adalah memberi pemahaman bagi remaja bagaimana menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain. Tujuannya agar para remaja memiliki kesadaran dan memiliki rasa hormat terhadap pasangan ketika menjalin hubungan berpacaran.

Artikel menarik lainnya: Karena Teman dan Keluarga Lebih Penting Dibandingkan Uang yang Kita Miliki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *