Dukung Gerakan Sabumi Volunteer
Female

Bunuh diri Selegram: Memahami Orang-Orang yang Patah Hati Berakibat Fatal

Penelitian menunjukkan bahwa berakhirnya sebuah hubungan dapat meningkatkan risiko bunuh diri

Bunuh diri selegram yang kabarnya karena patah hati sangat berbahaya. Bagaimana putus cinta sungguh menyakitkan. Dunia rasanya hancur berkeping-keping dan membuat diri kamu tidak mampu mengendalikan emosi emarah, shock hingga depresi.

Tetapi, jangan sampai masalah tersebut menjurus ke titik yang memiliki pikiran bunuh diri. Bersedih itu wajar, tetapi mengakhiri hidup karena orang yang tak mencintai kita lagi adalah perbuatan sia-sia belaka. Ketika putus cinta, seseorang bisa diselimuti berbagai pikiran negatif dan merasa kondisi sangat sulit. Pikiran tersebut harus disingkirkan. Belajarlah untuk menghargai hidupmu sendiri dan menghadapi luka yang sangat menyakitkan.

Tahukah kawan Sabumi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berakhirnya sebuah hubungan dapat meningkatkan risiko bunuh diri juga. Karena hubungan romantis menghabiskan waktu yang singkat, ikatan emosional, dan lukanya perasaan. Berakhirnya hubungan secara tiba-tiba dapat menimbulkan konsekuensi serius. Maka dari itu lukanya bisa sangat mendalam.  Sayangnya, meski ada banyak penelitian yang menunjukkan kehilangan hubungan merupakan faktor risiko yang depresi  dan bunuh diri kasusnya kurang diperhatikan.

Bunuh Diri Selegram: Bagaimana Menyembuhkan Luka Orang-Orang yang Mengalami Patah Hati

Ketika jatuh cinta membuat kehidupan bahagia, maka seseorang untuk mencoba bunuh diri adalah hal yang mengerikan. Hubungan yang baik adalah dua orang yang benar-benar peduli satu sama lain. Bukan sepihak, dilecehkan, menggunakan tipu muslihat. Lalu pergi dan menyalahkan salah satu pihak dari dari orang yang berhubungan.

Patah hati sebagai rasa sakit misterius yang berdampak sangat mendalam pada manusia. Pikiran kita, tubuh kita dan jiwa kita bisa terganggu. Namun, harus belajar menghadapi putus cinta dan berupaya menyembuhkannya. Patah hati menjadi akar dari banyak gangguan emosional yang dialami seseorang.

Putusnya sebuah hubungan bisa berdampak sangat traumatis. Penelitian menunjukkan bahwa putus cinta adalah penyebab utama tekanan psikologis dan penyebab utama bunuh diri di kalangan anak muda. Perpisahan mengakibatkan sangat buruk sehingga, berdampak  negatif mempengaruhi kondisi pribadi, sosial dan pekerjaan seseorang.

Saat melihati seseorang tidak berdaya, mengalami hal yang sangat buruk, dan mencoba berbagi cerita. Cobalah berempati dan mendengarkan. Masalah patah hati bukan persoalan sederhana. Dengarkan apa yang diceritakan. Jangan sampai orang merasa ditinggalkan, merasa sendirian, dan mengalami depresi.

Jangan dianggap sepele dan dan pahami perasaan mereka yang mencoba bunuh diri. Fakta orang yang mencoba bunuh diri sering kali merasa sendiri dan tidak mempunya teman bicara. Jika diketahui masalahnya lebih cepat mungkin dapat menolong orang yang berisiko bunuh diri.

Memahami Patah Hati dan Terhindar Pemikiran Bunuh Diri

Cara menyembuhkan patah hati sampai memiliki pemikiran bunuh diri dengan tetap sibuk dan aktif. Jangan biarkan pikiran kosong dan memikirkan pedihnya perasaan. Tidak usah memikirkan masalahyang terjadi, karena hidup terus berjalan. Ingatlah masa lalu telah terjadi.

Pertama ingatlah dirimu sendiri, hargai keluarga kamu dan teman dekat yang dapat menjadi tempat berbagi cerita. Mereka adalah kekuatan untuk mengatasi masalah hidup. Bicarakahlah masalah yang kamu hadapi  dan jelaskan bagaimana perasaan yang dihadapi saat ini. Teman dan keluarga bisa memberi masukkan untuk meringatkan masalah dan akan membantu kamu. Lihat dan dengarlah orang-orang terdekat sangat menyayangimu.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan layanan konseling psikologi SEJIWA pada April 2020. Hubung nomor 119 (ekstensi 8) sebagai layanan konseling  dan dapat membantu untuk masalah kesehatan jiwa yang disebut layanan SEJIWA  sebagai saluran pertolongan pertama bunuh diri (suicide first aid).

Infor menarik lainnya: Ketika Seorang Anak Merasa Hebat Menasehati Bahkan Menyalahkan Seorang Ibu

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close