Tue. Apr 16th, 2024
    Tips Menyelesaikan Skripsi Hanya Sekitar 6 Bulan Bulan SajaTips Menyelesaikan Skripsi Hanya Sekitar 6 Bulan Bulan Saja

    Tips menyelesaikan skripsi perlu diketahui bagi kamu para pejuang yang ingin segera di wisuda. Halo bagaimana dengan skripsi kamu? Kok lama sekali selesainya? Kapan jadwal sidang? Kok enggak diwisuda-wisuda sih? Pertanyaan horor yang selalu dilontarkan bagi orang yang terlalu lama mengerjakan tugas terakhir di perguruan tinggi.

    Daripada pusing dengan semua pertanyaan tersebut, mari simak tips mantap untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu, enggak perlu waktu lama cukup sekitar 6 bulan saja.

    Tips Menyelesaikan Skripsi Memilih Judul atau Topik Penelitian yang Mudah Dipahami

    Kamu sebaiknya memilih judul skripsi yang tidak rumit, agar tidak pusing mengerjakan tugas akhir tersebut. Kalau mengerjakan skripsimu terlalu lama bakal menjadi serba salah. Sebaik-baiknya skripsi adalah yang dikerjakan tepat pada waktunya. Jadi, tidak perlu mempersulit diri sendiri tetap konsentrasi agar cepat menyelesaikannya.

    Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Dosen Pembimbing

    Masalah yang paling kompleks dalam penulisan skripsi adalah tidak menjalin hubungan yang baik dengan dosen pembimbing. Jadi, mantapkan niat untuk mengerjakan skripsi dengan melakukan pendekatan dengan dosen juga. Kenali bagaimana karakter sang pengajar tersebut dan cobalah dekat secara personal akan memudahkan dan cukup membantu.

    Jangan hanya mencari dosen pembimbing keika butuh bimbingan atau tanda tangan saja. Cobalah kadang-kadang menanyakan kabar atau sekedar mampir kerumah dosen. Yakinlah mereka akan senang kalau mahasiswa yang ingin lulus itu mendekatkan diri secara pribadi kepada mereka.

    Baca referensi buku yang banyak dan Agar Mudah Mengerjakan Skripsi

    Ketika mengerjakan skripsi adalah waktu yang tepat untuk rajin membaca buku. Buku adalah sumber informasi terbaik dalam menyelesaikan tugas kamu. Menunda membaca buku sama saja memperlambat kelulusan. Carilah buku referensi sesuai skripsi yang disarankan oleh dosen pembimbing itu sendiri. Dosen tidak akan mempersulit kalian, karena mereka juga ingin mahasiswanya segera lulus kuliah.

    Tips Menyelesaikan Skripsi skripsi Kerjakan di Tempat yang Nyaman

    Setiap orang berbeda-beda memilih tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi. Skripsi bisa dikerjakan di kamar, di perpustakaan, di kampus, di cafe atau warung kopi. Senyaman mungkin sesuai pilihan masing-masing. Kalau bisa mengerjakan di cafe atau warung kopi, kenapa tidak. Apalagi bisa mengerjakannya dengan suasana yang santai.

    Pilihlah Teman atau Lingkungan yang Mendukung Kelulusanmu

    Mau cepat lulus tetapi berteman dengan orang yang main dan nongkrong melulu yang percuma. Bukan berarti membatasi pertemanan. Tetapi luangkan waktu sejenak untuk penulisan skripsi. Cobalah untuk berada di lingkungan yang sama dengan mahasiswa lain.

    Lebih baik berkumpul bersama dengan orang  yang punya semangat segera lulus. Sehingga memiliki perasaan senasib seperjuangan, saling mendukung dan membantu semangat untuk menyelesaikan skripsi.

    Tips Menyelesaikan Skripsi dengan Kurangi Jalan-Jalan dan Nongkrong

    Persoalan skripsi kerap terganggu kebiasaan jalan-jalan dan nongkrong. Padahal kegiatan tersebut dapat menunda skripsi. Sehingga, jadi deh tugas akhir kuliah kamu tidak selesai-selesai. Daripada buang biaya dan waktu sia-sia  mending segera selesaikan dulu skripsinya. Toh, setelah lulus bisa jalan-jalan sepuasnya dan nongkrong sesuka hati kamu.

    Tips Menyelesaikan Skripsi dengan Meminta Doa dari Orang Tua

    Meski tanpa diminta, orang tua pasti mendoakan anaknya untuk segera lulus. Namun alangkah baiknya sering-sering berkomunikasi dengan orang tua. Mintalah doa agar tugasmu bisa dilancarkan dan dimudahkan penyelesaiannya.

    Rajinlah Bimbingan Bertemu Dosen Jangan Ditunda-Tunda

    Kasus yang paling sering terjadi adalah mahasiswa malah tidak membuat jadwal bimbingan dengan dosen. Kalau malas bertemu dosen, maka kelulusan akan semakin lama. Padahal bertemu pembimbing itu sangat penting ketika mengerjakan skripsi. Setelah sering bertemu dosen pembimbing pasti muda mendapatkan jadwal sidang. Kalaupun dosen sulit ditemui, berupayalah sekuat tenaga agar tidak ada kendala untuk mencapai kelulusan.

    Istirahat yang Cukup dan Menjaga Kondisi Tubuh

    Perjuangan menyelesaikan skripsi membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Jangan sampai tumbang dan tidak bersemangat. Kebiasaan mahasiswa jaman sekarang adalah mengerjakan skripsi sampai larut malam, padahal bisa mengganggu kesehatan. Istirahatlah pada waktunya dan jangan memaksakan pikiran kalian. Jaga pola makan dengan sehat dan teratur. Sempatkan pula untuk olahraga. Sayang sekali kalau sampai sakit malah menunda waktu kelulusan.

    Seringlah Menghadiri Acara Wisuda Agar memotivasi Rasa Ingin Lulus

    Jika ada teman kalian yang sedang wisuda upayakan untuk hadir, walaupun sekedar memberikan ucapan selamat. Dengan begitu, kalian pasti terpicu juga ingin segera di wisuda. Hal ini tentu cukup menjadi motivasi untuk segera lulus.

    Demikianlah tips Tips Menyelesaikan Skripsi Hanya Sekitar 6 Bulan Bulan Saja. Kerjakan skripsi dengan sungguh-sungguh dan hindari semua gangguan. Lebih baik lulus tepat waktu dan tidak berlama-lama hidup di dunia kampus. Karena dunia sebenarnya adalah setelah selesai dari bangku pendidikan perguruan tinggi.

    Artikel menarik lainnya: Mitos Hubungan Persahabatan Antara Laki-Laki dan Perempuan, Agar Tidak Salah Paham!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *