Edukasi

Pengumuman Guru PPPK Cek di Link https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/

Pengumuman Guru PPPK sudah dilakukan melalui link https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/. Dari hasil ujian, pemerintah mengumumkan 173.329 orang lulus seleksi  Pertama ASN PPPK Tahun 2021. Melalui siaran virtual di Jakarta (08/10), pengumuman dihadiri juga perwakilan dari Komisi X DPR RI. Selain itu, adapula perwakilan dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, pemerintah daerah, dan para guru honorer.

Mendikbudristek Nadiem Makarim memberi sambutan yang mengatakan bahwa seleksi u guru sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah komitmen pemerintah. Nianya untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer sekolah negeri.

Status Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melindungi para guru dan menaikkan derajat menjadi profesi mulia dan terhormat. Guru ASN PPPK juga akan mendapat kesempatan lebih banyak dalam program peningkatan kompetensi. Sehingga, diharapkan kualitas pengajaran bisa perpengaruh terhadap pelajar di Indonesia.

Selain Pengumuman Guru PPPK, Pemerintah Pusat Sudah Menyediakan 1.002.616 Formasi Guru ASN PPPK

Pemerintah Pusat telah menyediakan 1.002.616 Formasi Guru ASN PPPK. Dari jumlah tersebut, pemerintah daerah telah mengusulkan sekitar 506.252 formasi. Menurut Nadiem, formasi guru ASN PPPK menjadi perekrutan rekor tertinggi.

Pemerintah juga membuat kebijakan afirmasi dan kebijakan penyesuaian nilai ambang batas. Hal itu guna mendukung peserta seleksi guru PPPK. Kebijakan afirmasi adalah tambahan nilai dari nilai maksimal kompetensi teknis, antara lain sertifikat pendidik dengan tambahan 100%, usia di atas 35 tahun ditambah 15%, penyandang disabilitas mendapat nilai 10% tambahan, dan guru honorer THK-II memperoleh 10%.

Adapula kebijakan penyesuaian nilai ambang batas bagi peserta di atas 50 tahun yang diberikan 100% dari nilai maksimal kompetensi teknis. Selain itu, ditambah 10% nilai maksimal manajerial-sosiokultural dan wawancara.

Dari kebijakan tersebut, pemerintah memberi pengumuman hasil ujian seleksi pertama guru ASN PPPK tahun 2021 berjumlah 173.329. Tidak lupa Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru honorer yang lulus ujian seleksi.

Pemerintah berharap para guru honorer yang menjadi ASN PPPK bisa  lebih optimistis bergerak bersama dan tercipta SDM unggul. Sementara bagi peserta yang belum lulus, Kemendikbudristek meminta tidak berkecil hati dan tetap semangat karena masih ada ujian seleksi kedua dan ketiga.

Bagi Para peserta yang ingin mengetahui daftar kelululusan, Silakan dilihat mulai hari Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 12.00 WIB. Informasi kelulusan bisa dilihat di link https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/.

Bagi guru honorer yang lolos seleksi ASN PPPK, nantinya akan menerima gaji yang layak seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah juga akan memberikan kesempatan pada waktu lain bagi para guru mendaftar sebagai ASN PPPK.

Artikel menarik lainnya: Selamat Datang Bulan Rabiul Awal 1443, Bulan Maulid Nabi Muhammad Saw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *